--> Skip to main content

20 Ide Bisnis Online Modal Kecil Minim Resiko

20 Ide Bisnis Online Modal Kecil-Tahukah Anda untuk memulai bisnis online tidak harus memiliki modal yang besar? Tak percaya? Ini salah satu contoh nya jualan di Facebook anda cukup bermodalkan Handphone.Itu baru salah satu contoh masih banyak bisnis online lainnya tanpa modal besar dan itulah yang akan saya coba kupas untuk merubah paradigma/maindset yang beranggapan bahwa untuk memulai bisnis online harus memiliki modal yang besar.

Saya pribadi sudah membuktikan salah satu ide bisnis online modal kecil walaupun hanya bermodalkan seperangkat komputer bekas,akses Internet serta kemampuan menulis saya bisa mendapatkan uang jutaan rupiah dari bisnis online yang saya jalankan walaupun memang butuh proses yang panjang.

Silahkan Simak : 5 Bisnis Internet Hanya Bermodalkan Blog

Jadi tunggu apa lagi ayo mulai rintis ide bisnis online modal kecil sekarang juga karena kesempatan itu sangat terbuka lebar bagi siapa saja tanpa memandang latar belakang pendidikan maupun keahlian.Manfaatkan semua potensi yang ada pada diri anda mulai dari keahlian, hobi maupun wawasan yang anda miliki untuk tujuan bisnis online.

Anda tertarik berbisnis online tapi masih bingung bisnis online apa yang modalnya kecil? Jangan khawatir saya akan membeberkan 20 ide bisnis online modal kecil dan saya yakin anda bisa menjalankan salah satunya, asalkan anda serius tekun dan konsisten saya yakin anda mendapatkan penghasilan.Berikut informasi selengkapnya:

1 . Bisnis reseler/dropship

Enaknya bisnis online itu anda tidak harus memiliki produk sendiri  tapi jual produk orang lain juga bisa dan itu sangat mungkin dalam internet marketing karena antara pembeli dan penjual tidak bertatap muka langsung penjual cukup menawarkan produk cukup dengan memajang gambar diwebsite jika ada pesanan baru lah produk nya dikirimkan sehingga tanpa memiliki produk pun tetap bisa berjualan asalkan sudah menjadi agen atau perwakilan pemilik produk atau dalam internet marketing dinamakan reseler atau Dropship.

2.Jasa penulisan artikel

Jika anda mempunyai kemampuan menulis yang baik ide bisnis online modal kecil ini sangat cocok untuk Anda.Artikel bagi pelaku bisnis online yang menggunakan website/blog kedudukannya sangat penting semakin banyak  artikel yang bisa dipublikasikan semakin bagus karena berpengaruh pada trafik website dan trafik mempengaruhi penghasilan dari website tersebut.

Tak heran jika pemilik website profesional mempekerjakan penulis tetap/freelance untuk memenuhi kebutuhan update artikel.Bayaran yang didapatkan dari artikel yang ditulis bervariasi tergantung kualitas tulisan dan pemilik website ada yang cuma berani bayar Rp.5000 per artikel adapula yang berani bayar ratusan ribu per artikel.

3.Jasa  pembuatan blog/website

Saat ini blog/website  memiliki arti penting dalam internet marketing karena cukup ampuh untuk memasarkan/promosi produk maupun branding dan tidak semua  orang mampu membuat sebuah blog/website.

Jika anda memiliki kemampuan untuk membuat website atau blog ide bisnis online modal kecil ini bisa anda coba yaitu dengan membuka jasa pembuatan website dengan berbagai platform seperti blogspot atau WordPress.Potensi penghasilannya cukup menjanjikan dimana untuk setiap proyek pembuatan sebuah website/blog tarif yang dipatok antara Rp.100.0000-Rp.200.000 belum termasuk biaya untuk domain,hosting atau themes.

Bagaimana jika anda belum memiliki kemampuan membuat blog/website? Jangan khawatir anda bisa mempelajarinya baik melalui pelatihan atau belajar otodidak dan menurut saya tidak terlalu sulit karena sudah ada platform blog yang praktis tidak harus memiliki keahlian dibidang pemograman internet.



4.Jual Blog

Memiliki blog yang traffiknya tinggi merupakan investasi karena semakin tinggi traffiknya harganya semakin mahal jika dijual.Pertanyaannya siapa pembelinya? Blog bertrafik tinggi sangat diminati  para pemain bisnis adsense namun tidak semua blog bertrafik tinggi diminati hanya blog tertentu yang memenuhi syarat tertentu misalnya artikel orisinil, bukan blog download.

5.Menjadi  Fulltime blogger profesional

Jika anda mahir menulis, menguasai teknis blogging, waktu luang yang memadai dan modal yang cukup anda bisa menjadi fulltime blogger profesional.Profesi blogger mungkin belum banyak yang tertarik untuk melakoninya namun tidak sedikit yang bisa sukses berpenghasilan fantastis contohnya Herman yudiono, Eka lesmana atau Mas Dian Tegal.

Penghasilan blogger profesional berasal dari blog yang dikelolanya yang mana blog tersebut diuangkan (monetisasi) dengan Adsense,iklan,job review maupun affiliasi.

6.Buka kursus online

Keahlian yang anda miliki bisa menjadi ladang uang melalui bisnis online yaitu dengan membuka kursus online.Kelebihan kursus online adalah anfa tidak perlu menyediakan tempat atau peralatannya karena semua dilakukan secara online tanpa tatap muka langsung.Tutorial bosa dilakukan melalui  modul yang dikirimkan melalui email, chat atau video.

Kredibilitas dan Kepopuleran anda (Branding)  diinternet sangat mempengaruhi daya tarik bagi calon peserta kursus online apalagi jika keahlian anda dibidang internet marketing yang terbukti sukaes nilai jual nya makin mahal.Saya pernah mendapatkan tawaran kursus online IM biayanya ternyata mencapai jutaan rupiah.

7.Isi survey online dibayar

Ingin mengisi waktu luang dengan browsing tapi menghasilkan uang? ide bisnis online modal kecil ini cocok buat anda yaitu dengan mengikuti survey online dibayar atau paid survey. Jangan khawatir pertanyaan nya mudah kok.Setiap survey yang berhasil anda selesaikan anda akan mendapatkan poin yang bosa anda tukarkan dengan uang atau voucher belanja.Contoh situs survey online yang saya ikuti Toluna,View fruit, Yougov.

8.Klik iklan dibayar

Ide Bisnis Online modal kecil ini cukup mudah dilakukan anda cukup mengklik iklan yang disediakan oleh situs penyelenggara atau sering disebut PTC(Paid to click).Bayaran per klik nya memang relatif kecil berkisar antara $0, 005 sampai 0, 01 namun jika anda mampu mengklik  banyak iklan dalam sehari penghasilan nya juga lumayan.Contoh situs PTC : Clixsense

9.Membuat situs Download

Banyak pengguna Internet yang menyukai download gratis mulai dari lagu, video,aplikasi, game, ebook sampai template blog .Kondisi ini bisa Manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari Internet yaitu dengan membuat situs Download.Jika situs nya sudah ramai pengunjung bisa dimonetisasi dengan program PPC atau CPM.

10.Agen pulsa online

Bisnis pulsa saat ini sudah menjadi salah satu pilihan berbisnis yang mudah dijalankan dan modal kecil tak heran jika kemudian banyak yang tertarik berbisnis pulsa.Tal jarang peminatnya mencari distributor nya secara online.

Inilah kesempatan anda untuk menjadi agen dari distributor pulsa online.Caranya cukup mudah anda cukup mendaftar sebagai agen atau dealer(gratis) ke distributor pulsa langsung secara online cukup dengan SMS.

Setelah terdaftar sebagai agen barulah anda mencari orang yang berminat bisnis pulsa secara online bisa melalui sosial media atau blog yaitu cukup dengan mengirimkan data seperti nama,alamat dam no Handphone.

11.Jual barang dipasar online (market place)

Jual barang secara online tidak harus memiliki toko online sendiri tapi cukup menawarkan produk dipasar online (market place) seperti tokopedia, bukalapak, lazada, matahari mall.

Bahkan tanpa memiliki produk pun anda tetap bisa berjualan yaitu dengan cara dropship anda cukup memajang gambar nya saja jika ada pesanan baru lah anda menghubungi pemasok produknya.

12.Memasarkan produk affiliasi

Untuk meningkatkan omset dan memperluas jaringan sebagian besar toko online atau jual produk menerangkan strategi pemasaran affiliasi sehingga memberikan kesempatan kepada mereka yang ingin memasarkan produk tanpa harus memikirkan produksi cukup mempromosikan link affiliasi ke Internet.Jika kemudian ada pembeli yang transaksi melalui link affiliasi (referal) maka affiliate akan mendapatkan komisi. Contohnya Niagahoster (hosting),mataharimall, lazada.Saya rasa anda mampu merintis ide bisnis online modal kecil ini.

13.Jual ebook karya sendiri

Jika anda pandai menulis bisnis online ini sangat pas untuk anda.Diera digital seperti sekarang ini menerbitkan buku tidak harus mencari penerbit karena ebook tidak perlu dicetak karena format nya digital (pdf) yang memungkinkan distribusikan cukup melalui email bahkan membuatnya juga mudah cukup dengan word prosesor seperti Microsoft Office Word sedangkan sampul nya jika anda menguasai desain grafis anfa bisa membuat sendiri  jika tidak anda bisa menggunakan jasa pembuatan cover buku biar terlihat profesional.Pemasarannya bisa melalui sosial media, blog atau playstore.

14.Jual produk di situs toko online

Punya produk yang layak dijual secara online kenapa tidak  bikin toko online saja? Membuat situs toko online sebenarnya tidaklah sesulit yang  anda bayangkan bahkan anda bisa membuat sendiri asalkan anda memahami  apa itu blog.

Jika anda tidak mau dibebani biaya tahunan untuk membayar domain dan hosting anda bisa memanfaatkan platform website gratisan seperti blogspot atau WordPress . Jangan salah meskipun menggunakan website gratisan namun tampilan nya tak kalah dengan website berbayar asal kan anda menggunakan desain website yang memang khusus untuk toko online.

15.Jual produk di Facebook

Mau jual produk secara online tapi nggak mau ribet jualan di Facebook solusi nya selain gratis peralatan nya juga cukup sederhana yaitu Handphone. Anda bisa menawarkan produk keteman atau bisa juga melalui grup.

Walaupun anda bisa bebas menawarkan produk ke Facebook namun sebaiknya jangan terlalu sering menawarkan produk secara langsung (direct selling) karena bisa membuat teman anda memblokir akun Facebook anda.Lakukan pemasaran secara halus (soft selling) misalnya melalui catatan (notes) Facebook yang berisi tips yang berhubungan dengan produk yang anda jual.

16.Menjadi Admin Blog

Bagi sebagian orang memiliki blog itu merupakan investasi jangka panjang semakin banyak tentunya semakin menguntungkan dan tidak semua blog bisa mendatangkan keuntungan hanya blog yang traffiknya tinggi saja sebagai gambaran blog dengan traffik harian 1000-2000   bisa menghasilkan uang sekitar $1per hari.

Menjadikan blog bertrafik tinggi hingga puluhan ribu perhari bukan lah perkara mudah apalagi jika diurus sendiri ditambah lagi blognya banyak.Jalan keluarnya salah satunya dengan mempekerjakan admin blog yang bertugas mengelola blog baik untuk update arikel,menjawab komentar maupun promosi blog.

Jika anda memiliki kemampuan untuk mengelola blog khususnya dalam menulis artikel menjadi admin blog merupakan cara cepat menghasilkan uang melalui bisnis online bahkan jika dibandingkan dengan mengelola blog sendiri cara ini lebih cepat menghasilkan karena biasanya bayarannya perbulan.

17.Jasa pembuatan logo Blog

Blog profesional tak pernah lepas dari peranan logo blog karena bisa menjadi branding sehingga bisa mewakili atau jadi ciri khas blog tersebut . Sayangnya untuk membuat logo blog yang bagus tidaklah mudah butuh keahlian dibidang desain grafis untuk itu bagi anda yang jago dalam desain grafis bisa merintis bisnis online jasa pembuatan  logo Blog. Untuk mempromosikan jasa anda bergabunglah di grup-grup atau komunitas blogger.Semakin banyaknya jumlah blogger di Indonesia bisa menjadi peluang bisnis yang bagus.

18.Jual kaos desain sendiri

Keahlian dibidang desain kaos bisa anda manfaatkan untuk merintis bisnis online dibidang penjualan kaos desain sendiri namun anda tidak perlu memproduksi sendiri tapi cukup dengan bekerja sama dengan pihak ke-3 anda cukup memajang desain nya di situs pihak ke-3  jika ada yang memesan kaos proses produksi dan pengirimannya dilakukan oleh pihak ke-3 tersebut.

19.Jasa Rekening Bersama

Maraknya penipuan diinternet membuat sebagian masyarakat takut bertransaksi secara online takutnya uang sudah di transfer produk nya tak kunjung dikirim.Ada sebuah cara yang ampuh untuk menghindari penipuan diinternet yaitu dengan menggunakan jasa rekening Bersama dima nantinya pembeli melakukan pembayaran ke rekening pihak ke-3 setelah produk dikirimkan barulah pihak ke-3 ini mengirimkan uang ke penjual.

Jasa rekening Bersama ini sangat diperlukan jika penjualannya dilakukan perorangan dan dilakukan di sosial media, forum online atau grup karena identitas penjualnya tidak jelas sehingga rawan penipuan.

20.Jual Beli Dolar melalui PayPal

PayPal fungsinya hampir sama dengan uang bisa digunakan sebagai alat pembayaran hanya saja bentuknya digital.Bagi pelaku bisnis online berskala internasional kebutuhan akan PayPal tak terhindarkan misalnya untuk beli domain hosting luar negeri, themes,plugin atau tool internet marketing.

Agar bisa bertransaksi tentu saja PayPal harus ada saldonya dalam bentuk mata uang dolar dan bagi pelaku bisnis online umumnya mengisi saldo PayPal dari hasil bisnis online seperti PPC, PTC, CPM, affiliasi atau survey online.

Namun ada kalanya saldo PayPal yang ada tidak cukup untuk bertransaksi sehingga mau tidak mau harus mengisi saldonya salah satu caranya dengan membeli saldo PayPal nah inilah yang bisa dijadikan peluang bisnis jual beli saldo PayPal.Jika anda sudah rutin mendapatkan penghasilan dari Internet yang dikumpulkan dengan PayPal bisnis ini sangat cocok.

Bagaimana menurut Anda dari 20 Ide Bisnis Online modal kecil diatas mana yang paling menarik untuk anda coba? Silahkan share  disini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar