--> Skip to main content

Merakit Speaker Aktif Bluetooth

Speaker Aktif Bluetooth

INFOPOJOK – Merakit Speaker Aktif Bluetooth - Speaker aktif bluetooth Banyak dipilih pecinta Audio karena lebih praktis tidak perlu kabel untuk menghubungkan sumber audio. Cukup nyalakan bluetooth dari Hp kemudian dikoneksikan Putar lagu pilihan. Dipasaran sendiri cukup mudah menemukan speaker bluetooth dengan harga yang terjangkau bahkan ada yang harganya Rp.40.000, Cukup murah bukan?

Meskipun murah tentunya bisa ditebak dalemannya seperti apa, ada harga ada kualitas. Tapi untuk sekedar memainkan musik tentu sudah cukup memadai dari pada membeli merk terkenal yang harganya mahal. Jika Anda suka merakit komponen elektronika ada kabar bagus karena sekarang cukup mudah mendapatkan komponen atau kit Audio yang bisa dirakit menjadi sebuah speaker aktif Bluetooth. Sobat tinggal memesan komponen atau kit yang dibutuhkan dimarketpalce seperti Tokopedia, Shopee atau Bukalapak.

Sobat bisa bebas memilih kit audio sesuai keinginan mulai dari Kit Mp3 player hingga Power Amplifiernya. Jika dihitung-hitung mungkin biayanya lebih mahal dari membeli speaker aktif Bluetooth yang sudah jadi namun tentu ada kepuasan tersendiri karena sobat bisa membuat sendiri dan kualitas suaranya bisa diatas spekaer yang beli sudah jadi.

Jika Sobat tertarik ingin merakit speaker aktif Bluetooth sendiri, berikut komponen atau kit yang dibutuhkan, Tinggal Cek saja ke situs market place.

1.Kit Mp3 player Bluetooth


Kit ini bisa dibilang head unitnya speaker aktif bluetooth yang fungsinya cukup penting mulai dari memutar file musik dari Flashdisk atau Memori card, memutar musik dari Bluetooth, hingga memutar radio FM. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp.35.000.

Perlu diingat sobat jangan salah beli pastikan Kit Mp3 playernya mendukung Bluetooth ya karena ada juga kit Mp3 Player yang tidak ada blutooth nya dan harganya memang lebih murah. Tegangan yang dibutuhkan sekitar 12 Volt.

2.Kit PAM 8610


Output dari MP3 player bluetooth diatas dayanya masih kecil sehingga belum mampu menggerakan membran loudspeaker. Butuh sebuah kit power amplifier agar outputnya menguat berkali kali lipat. Kit PAM 8610 bisa menjadi pilihan yang tepat karena ukuran PCB nya cukup ringkas Cuma 30 mm x 25 mm. Tidak seperti power amplifier pada umumnya yang menggunakan transistor atau IC yang berukuran besar, Kit PAM 8610 ini menggunakan komponen yang minimalis.

Selain ukuran PCB nya kecil kelebihan lainnya adalah pada jenis atau kelas penguatnya. Kit PAM 8610 ini menggunakan sistem penguat kelas D dimana memiliki kelebihan pada efesiensinya yang mencapai 90% dan tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

Tegangan yang dibutuhkan untuk Kit ini adalah sekitar 12 volt jadi cukup cocok digabungkan dengan Kit MP3 Player. Dengan menggunakan 2 kombinasi Kit MP3 player dan Kit PAM 8610 yang ukurannya mini membuat box yang digunakan juga bisa minimalis.

Untuk review Kit ini bisa sobat baca disini Kit PAM 8610


3.LoudSpeaker

Komponen penting berikutnya adalah loudspeaker atau biasa disebut Speaker saja. Kompone ini berfungsi merubah tegangan listrik menjadi suara sehingga sumber suara yang berasal dari Flashdisk atau HP bisa didengar oleh telinga manusia.

Ukurannya tentu saja menyesuaikan dengan Boxnya, jika menginginkan ukuran speaker blutoothnya ringkas bisa memilih ukuran loudspeaker 2 - 2,5 Inch. Bisa juga menggunakan ukuran yang lebih besar misalnya 6 inch tapi nantinya ukuran boxnya jadi semakin besar.

Dalam pemilihan speaker ini perlu memperhatikan daya kerjanya misalkan power amplifiernya outputnya 10 watt maka speakernya juga minimal 10 watt jangan sampai dibawah itu. Perhatikan juga jenis speakernya apakah woofer ataukan midrange. Lebih menguntungkan jika memilih tipe speaker

4.Adaptor 12 Volt


Rangkaian/Kit beriktunya yang dibutuhkan adalah Adaptor atau power supply dengan keluaran 12 volt untuk mensuply tegangan kekit Mp3 player dan Power Ampifier. Dengan kebutuhan tegangan 12  volt maka nantinya speaker aktif bluetooth yang sobat rakit bisa dihubungkan dengan Aki motor atau mobil.

Jika tidak maka kebutuhan tegangan bisa dicatu oleh adaptor 12 volt. Ada 2 pilihan, merakit sendiri atau beli yang sudah jadi. Jika Anda sudah memilki stok komponen seperti transformator, dioda atau Elco lebih hemat jika merakti sendiri namun jika tidak punya, lebih hemat membeli perangkat adaptor 12 volt Ac matic yang mirip dengan charger HP.

Harganya juga murah cukup mergoh kocek Rp.20.000 sobat akan mendapatkan adaptor 12 volt 2 Ampere. Jangan lupa tambahkan IC regulator 12 volt agar keluaran adaptornya stabil.

5.Box

Setelah semua kit dirangkai menjadi sebuah speaker aktif bluetuooth maka langkah berikutnya adalah membuat atau menyiapkan box nya. Sobat bisa membuat sendiri box ini menggunakan material yang terbuat dari kayu atau Paralon.

Dengan membuat sendiri sobat bisa memilih desain yang unik misalnya menggunakan bahan kayu jati belanda. Sobat juga bisa membeli Box yang memang didesain untuk Kit Mp3 Player baik yang berbahan plastik atau plat logam namun kalau menggunakan box semacam itu sobat harus membuat kotak speaker tersendiri.

Bagaimana apakah sobat tertarik untuk merakit Speaker Aktif Bluetooth Sendiri? Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar