--> Skip to main content

10 Bisnis Berawal dari Hobi No 5 Paling Mudah

INFOPOJOK.WEB.ID,10 Bisnis Berawal dari Hobi No 5 Paling mudah-Hobi sejatinya merupakan kesenangan yang dilakukan saat waktu senggang disela-sela pekerjaan utama namun siapa sangka hobi jika ditekuni dengan serius akan menjelma menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan bahkan bisa menjadi jalan kesuksesan.Bisnis berawal dari Hobi ini terkadang luput dari perhatian Karena umumnya hanya mengisi waktu luang saja.

10 Bisnis Berawal dari Hobi

Bisnis berawal dari hobi layak anda pertimbangkan karena akan mendatangkan keuntungan tidak sekedar menghabiskan uang.Bisnis yang didasari karena hobi ini memiliki banyak keuntungan salah satunya anda menguasai bidang tersebut jadi tinggal mengembangkan saja menjadi sebuah bisnis.Belum lagi penghobi biasanya memiliki komunitas yang anggotanya bisa banyak jumlahnya sehingga target pasaranya sudah tersedia.

Dari sekian banyak Hobi yang ada saya mencatat setidaknya ada 10 Bisnis Berawal dari Hobi.Mau tahu apa saja Bisnis-bisnis tersebut? Simak informasinya berikut ini :

10 Bisnis Berawal dari Hobi


1.Reparasi Elektronik

Bisnis ini berawal dari Hobi elektronika yang selalu berhubungan dengan komponen elektronika seperti resistor,kondensator,transistror,Dioda atau IC.Komponen-komponen tersebut dirakit menjadi sebuah perangkat elektronik seperti amplifier atau speaker aktif.Hobi ini bagi sebagian orang cukup mengasyikan walaupun kadang harus mengelurkan banyak uang seperti merakit amplifier berkekuatan besar.

Jika hobi ini ditekuni secara serius lama kelamaan penghobi elektronika akan mampu mengatasi kerusakan yang terjadi pada perangkat elektronik.Inilah kemudian yang bisa menjadi peluang bisnis dengan membuka jasa reparasi perangkat elektronik.Tak sedikit orang yang menggantungkan hidup dari profesi sebagai tukang reparasi elektronik.Selain menjadi reparasi elektronik hobi ini juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis jual beli barang elektronik bekas,jasa perakitan sound sistem atau toko elektronik.

2.Koleksi Barang Antik

Bisnis berawal dari hobi berikut ini mungkin kurang populer dimasyarakat karena Bagi sebagian orang mengkoleksi barang antik itu dianggap aneh tapi bagi yang sudah hobi justru menjadi tantangan karena harus berkeliling mencari barang-barang antik seperti uang kuno,sepeda ontel,motor atau perabot rumah.Meski mungkin awalnya hanya untuk koleksi pribadi namun terkadang barang tersebut nilai juaknya menjadi tinggi karena langka dan unik sehingga tentu menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

3.Peternakan Burung

Hobi memelihara burung bisa menjadi hobi yang menyenangkan apalagi jika suaranya cantik dan sering juara kompetisi burung harga jualnya juga akan meroket.Biasanya orang memelihara burung lebih dari satu macam burung mulai dari lovebird,perkutut dan lain-lain dan membeli yang sudah jadi dari pada memelihara dari kecil atau anakan.

Nah ini yang bisa menjadi bisnis berawal dari hobi yang bagus yaitu dengan membuat peternakan burung.Tidak seperti beternak hewan lainnya seperti ayam,bebek atau kambing yang membutuhkan tempat yang luas dan kadang yang besar,beternak burung tidak terlalu membutuhkan area yang luas khususnya burung kicauan.Jika burung yang diternakan bersuara bagus tentu saja harga jualnya jadi mahal.



4.Toko Bunga/tanaman Hias

Siapa sih yang tidak suka rumahnya tampak hijau dengan kehadiran bunga-bunga yang ditanam dihalaman rumah? Apalagi keberadaan tanaman hias tidak hanya sebagai pemanis rumah tapi banyak juga manfaat lainya seperti untuk pengobatan tradisional.Untuk mendapatkan bibit tanaman bunga yang diinginkan biasanya masyarakat membeli ke tukang bunga keliling atau yang biasa mangkal dilahan-lahan kosong seperti di bantaran kali.

Jika anda hobi menanam bunga dan kebetulan memiliki halaman rumah yang luas anda bisa merintis bisnis toko bunga atau tanaman hias yang menjual berbagai keperluan tanaman hias seperti bibit bunga,kompos atau pot bunga.Tentu sangat menyenangkan anda bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan uang.

5.Jasa Penulisan Artikel

Punya hobi menulis? Jangan sia-siakan hobi anda karena diera digital seperti sekarang ini artikel yang dipublikasikan ke website sangat dibutuhkan baik untuk keperluan promosi (artikel marketing) atau untuk update artikel di website.Apalagi jika website tersebut memang digunakan untuk bisnis misalnya Adsense butuh artikel yang bekualitas dalam jumlah yang banyak seperti pada pertal berita dan ini tentu tidak bisa dilakukan seorang diri oleh pemilik website.

Salah satu cara mendapatkan artikel adalah dengan membayar jasa penulisan artikel dengan harga yang bervarisai tergantung jumlah katanya.Jadi jika anda hobi menulis dan mampu menulis dengan berbagi topik anda bisa membuka bisnis jasa penulisan artikel bisa dilakukan seorang diri jika memang sanggup atau bersama team.Jika tulisan anda bagus,unik dan Seo Saya yakin akan banyak peminatnya.

Baca juga : 5 kelebihan bisnis makanankaki lima

6.Jasa Pembuatan Logo

Didunia online logo sangat dibutuhkan sebaga identitas sebuah website,video atau produk dan tidak semua orang mampu membuat logo hanya orang-orang tertentu yang punya skill desain grafis yang mampu membuatnya.Jika anda memilki hobi didunia desain grafis kesempatan untuk merintis bisnis jasa pembuatan logo terbuka lebar apalagi sekarang ini untuk mengirimkan file desain logo cukup mudah melalui email sehingga target pasarnya cukup luas.

Anda bisa mempromosikan jasa anda melalui sosial media,website atau grup-grup internet marketing.

7.Jasa Pembuatan Website

Bagi sebagian orang hobi coding (Bahasa pemograman internet) cukup menarik untuk didalami bahkan betah berjam-jam hanya untuk coding.Untuk menghasilkan sebuah website yang cantik dibutuhkan sederet kode html dan css yang lumayan rumit dan itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang jago coding.

Jika anda hobi coding dan mampu membuat desain website atau toko online yang menarik anda bisa membuka jasa pembuatan website atau desain website (Themes/template) dari berbagai platform seperti blogspot atau wordpress.Anda juga bisa menjual themes.template buatan anda sendiri.

8.Les Bahasa Inggris

Berbicara dengan bahasa Inggris bagi sebagian orang sudah menjadi hobi sehingga kemampuan bahasa Inggrisnya bagus baik dari percakapan atau tata bahasanya.Jika anda memiliki hobi berbicara dengan bahasa Inggris  kenapa tidak anda manfaatkan untuk membuka les bahasa Inggris selain anda bisa menyalurkan hobi berhasa Inggris anda juga bisa menghasilkan uang.

Anda bisa membuka les bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dan bisa memanfaatkan ruang dirumah anda.

9.Rumah Makan

Bagi yang hobi memasak tentu belum puas jika masakannya rasanya lezat sehingga selalu ingin mencoba lagi dan tidak hanya satu jenis masakan tapi berbagai masakan juga ingin dicoba sehingga lama kelamaan masakannya jadi enak dan serba bisa.

Jika racikan masakan anda enak bisa menjadi modal yang bagus untuk membuka bisnis rumah makan.Bisnis rumah makan (Restoran) sangat bergantung dari citra rasa masakanannya dan ini bisa diraih dengan Pengalaman dan seringnya uji coba untuk menghasilkan masakan yang enak.Bisnis rumah makan tidak harus menyediakan berbagai aneka jenis masakan satu jenis pun tidak masalah seperti Ayam goreng/Bakar,Soto,Pecel Lele dan lain-lain.


10.Butik

Jika anda hobi mendesain baju atau merancang baju apalagi mampu membuatnya sendiri cocok sekali jika anda membuka bisnis Butik dimana disana dijual baju rancangan anda sendiri.Hasil rancangan cukup menentukan kesuksesan bisnis butik dan menampilkan model-model terkini.

Salah satu contoh perancang busana muslim yang sukses bahkan telah menjadi sosok yang berpengaruh dalam dunia mode busana muslim di Indonesia bahkan masuk dalam jajaran perancang busana kelas atas dia adalah Dian Pelangi.Rancangan busananya dikenal dengan keanggunannya dan modis tapi tetap sederhana.Dia juga sekaligus menjadi desainer utama perusahaan Dian Company.

Bagaimana Menurut Anda dari 10 Bisnis Berawal dari Hobi di Atas Mana yang menarik perhatian Anda? Share disini Ya Jangan Lupa like fanspage Info Pojok untuk mendapatkan informasi terbaru seputar bisnis yang sering luput dari perhatian!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar