Landing Page Vs Toko Online Mana Lebih Untung?

Landing Page Vs Toko Online Mana Lebih Untung?

INFOPOJOK.WEB.ID ,Landing Page Vs Toko Online Mana Lebih Untung?-Apa yang anda pikirkan jika akan berjualan secara online? Pasti website toko online yang dikedepankan.Tak salah memang karena umumnya memang menggunakan website toko online dimana didalam website tersebut terdapat katalog atau daftar produk yang dijual ditoko online tersebut.

Landing Page


Pertanyaannya kemudian bagaimana jika produknya hanya sedikit bahkan hanya satu atau yang ditawarkan jasa misalnya kursus online kurang tepat bukan jika menawarkannya  melalui website toko online (E-commerce ).Nah disinilah peran website landing page/sales page diperlukan.Jadi bisa disimpulkan secara garis besar jualan produk diinternet ada 2 cara yaitu melalui website toko online( Contohnya Tokopedia,Bukalapak,Lazada.Zalora,Blibli,Bhineka) dan melalui landing page (Sales Page) contohnya jerseybola.com

Jika anda akan merintis bisnis online dengan menjual produk atau jasa mana cara yang akan anda pilih Landing page Vs Toko Online? Pemilihan cara yang paling tepat diperlukan agar hasilnya maksimal khususnya bagi anda yang masih pemula.Lantas jika dibandingkan antar Landing Page vs  Toko online Mana Lebih untung? Oke…agar anda bisa mengambil kesimpulan saya akan mencoba membahas kekurangan dan kelebihan dari jualan online menggunakan landing page dan dengan website toko online.


Landing Page




Kelebihan

1.Fokus pada satu produk sehingga lebih mudah optimasinya misalnya iklannya bisa lebih tertarget.Jika  produk anda berupa e-book money blogging  promosi yang paling tepat ke komunitas grup blogger

2.Website/situsnya simple hanya berisi sebuah halaman penawaran/Copy Writing dan Halaman pemesanan sehingga pembeli tidak bingung tidak perlu memilih-milih lagi seperti diwebsite toko online.Pilihannya Cuma 2 ,beli atau tidak.

3.Biaya pembuatannya lebih mudah dan murah apalagi jika anda sudah menguasai teknis blogging seperti blogspot atau wordpress cukup membuat sendiri bahkan di wordpress sudah disediakan lay outnya melalui plug in dan themes yang sesuai.Anda hanya perlu membeli domain dan hosting dengan disk space yang relatif kecil.

4.Penawaran produk anda jadi lebih hidup karena menggunakan kalimat-kalimat marketing yang menarik (Copywriting) sehingga peluang closing(membeli)nya lebih besar berbeda dengan toko online yang hanya berisi gambar,deskripsi singkat dan harga.Tak heran jika kemudian ada ungkapan berbahasa Inggris Never Strat A Marketing Campaign Without A Dedicated Landing Pages yang maksudnya Jangan pernah beriklan sebelum memiliki landing page

5.Lebih mudah mengetahui apakah produk anda disukai pembeli online yaitu dengan membandingkan jumlah pengunjung dan jumlah transaksi (Konversi).



Kekurangan

1.Pembeli tidak mempunyai banyak pilihan sehingga kalau sudah tidak cocok dengan produknya tidak ada pilihan lain selain membatalkan pembeli berbeda dan toko online yang berupa katalog bisa mencari-cari produk lain yang sejenis.

2.Websitenya hanya berupa halaman statis sehingga optimasi dimesin pencari lebih banyak menggunakan iklan untuk mendatangkan pembeli namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan artikel marketing baik yang dipublikasikan melalui blog/website network atau mengunakan jasa artikel review dimana masa tayangnya lebih mengutungkan dari pada menggunakan iklan berbayar.

3.Konversi sangat tergantung dari copywritingnya kalau bagus konversi penjualannya lebih besar tapi kalau biasa biasa saja atau bahkan membosankan konversinya juga akan semakin kecil.




Website Toko Online


Kelebihan

1.Pembeli mempunyai banyak pilihan mulai dari model,brand  atau harga jadi jika tidak cocok dengan satu barang yang dipromosikan bisa mencari produk yang lainnya.

2.Websitnye memiliki banyak fitur yang memanjakan pembeli saat berbelanja seperti log in,shipping cart,deskripsi,chat,ongkos kirim otomatis,rekomendari produk filter harga atau brand dan masih banyak lagi.

3.Tidak harus menggunakan copywriting untuk mempromosikan toko online cukup mengarahkan pengunjung   ke toko online.

4.Peluang berbelanja lagi cukup Besar terutama jika produknya berkualitas,variannya banyak serta pelayannya bagus.Apalagi dengan dukungan email marketing E commerce akan dengan mudah mengirim pernawaran-penawaran yang menarik karena pembeli biasanya mendaftar sebagai member dulu sebelum membeli.Berbeda jika pada website landing page karena yang  dijual hanya satu atau tidak banyak produk jika sudah membeli kecil kemungkinan untuk membeli produk yang sama.

Baca juga : Cara Mudah Mendatangkan Pembeli Ke Toko Online

Kekurangan

1.Pengunjung tidak tertarget karena setiap pengunjung minat produk yang dipilih berbeda-beda misalnya toko online fashion ada yang tertarik T-shirt,Kemeja,Celana sehingga ketika beriklan targetnya tidak fokus.

2.Desain websitenya cukup komplek sehingga cukup sulit jika membuat sendiri dan harus memesan ke jasa pembuatan website toko online dengan harga yang lumayan mahal belum lagi perawatannya.

3.Butuh gambar produk yang bagus sehingga tampak profesional

4.Optimasi dimesin pencari lebih rumit jika dibandingkan dengan website informasi/blog karena umumnya website  toko online hanya berisi gambar produk tanpa banyak informasi lain

5.Butuh pengunjung yang banyak agar terjadi konversi penjualan yang memuaskan karena pengunjungnya tidak tertarget.

6.Butuh modal yang banyak baik untuk pembuatan websitenya maupun stok produknya atau membayar karyawan.

Kesimpulan Landing Page Vs Toko Online  jika Anda akan menjual produk yang sudah fokus pada sebuah produk lebih menguntungkan jika menggunakan website Landing Page namun jika Anda ingin menjual produk yang beragam bahkan multi niche lebih menguntungkan jika menggunakan website toko online.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

6 komentar

Pada intinya tergantung produk apa yang akan dijual. Tapi kalau seorang blogger pada umumnya itemnya masih dalam hitungan jari. sehingga cocoknya landing page. Walau kadang orang tetap menyebutnya toko online juga.

Balas

dari kelebihan serta kekurangan dua model website berdagang online diatas, saya mah lebih pilih ngblog seperti dulu dan sekarang aja deh, cuman tak tambahin dengan metoda saya sendiri...banyak berdoa, tahajud dan dhuha, puasa senin kemis...terbukti pendapatan dagangan meningkat terus...lagian ngblog kaya umumnya mah bisa tetep nulis sakarep udel juga

Balas

Ya iyalah enakan ngeblog...Nulis Nulis doang dapat duit

Balas

Setuju....tergantung situasinya dan 2 2 nya punya karakter sendiri sendiri

Balas

Kalau untuk pemula sebaiknya buat toko online atau jualan di marketplace aj mas, karena kalau pakai landing page lalu copywritingnya kurang, orang gk akan tertarik.

Oh iya mas untuk yg punya toko online, maaf bukannya menggurui tapi sepertinya point yang ini (pengunjung tidak tertarik )
5.Butuh pengunjung yang banyak agar terjadi konversi penjualan yang memuaskan karena pengunjungnya tidak tertarget.

Sepertinya saya kurang setuju, karena rata rata orang yang mencari produk di google atau toko online itu ingin membeli produknya karena butuh, berbeda jika di sosial media ,kita yg cari pelanggan.

Balas

Pengunjung tidak tertarget maksud saya diatasi mas

Balas