--> Skip to main content

Blog InfoPojok Ganti Domain WEBID

INFOPOJOK.WEB.ID - Halo Pengunjung Setia Blog Infopojok dimanapun Anda berada, pada kesempatan kali ini saya ingin menginformasikan bahwa mulai hari ini 30 Desember 2018 blog infopojok ganti domain yang tadinya infopojok[.]com menjadi infopojok.web.id.

Blog InfoPojok

Keputusan ganti domain ini terasa cukup berat karena blog dengan ekstensi com sudah 3 tahun menyajikan artikel seputar bisnis untuk Anda semua namun demi performa blog yang lebih baik saya putuskan untuk berganti ke Ekstensi WEBID.

Perubahan yang saya lakukan ini jika dilihat dari sisi teknis blogging cukup signifikan, Awalnya blog ini menggunakan mesin Wordpress Self Hosting lalu sekarang berpindah ke mesin blogspot atau hosting di blogger. Kemudian berganti ekstensi domain tapi namanya tetap INFOPOJOK.

Perubahan ini bukannya tanpa alasan, saya sendiri agak heran dengan performa blog ini 2 bulan terakhir. Penurunnya begitu drastis padahal saya sudah menggunakan domain ekstensi com, mesinnya juga tak kalah keren pakai Wordpress dengan sederet Plug in yang sangat membantu.

Disisi lain saya memiliki blog personal dengan domain WEBID bermesin blogspot, namun performanya stabil tidak terjadi penurunan trafik yang berarti sejak era Algoritma Google November kemarin. Nah dari pengalaman itulah saya berpikir untuk berpindah ke mesin blogspot dan domain WEBID.

Proses Pergantian Domain Berjalan Lancar


Paket domain hosting infopojok[.]com kebetulan berakhir pada 29 Desember 2018, saya berpikir inilah saat yang tepat untuk berganti domain dan mesin blog. Kebetulannya lagi diregistar langganan sedang berlangsung promo domain web id. Harganya super murah cuma Rp.5900 berlaku setahun sedang perpanjangannya Rp.55.000.

Awalnya saya tidak buru-buru pindah domain tapi setelah saya mencoba mendaftarkan domain TAYANGLAGI kemudian saya hubungkan dengan blogspot ternyata settingnya cukup mudah. Berhubung promo domainnya hanya sampai 31 Desember 2018 dan masih ada saldo Paypal yang mengendap akhirnya saya memutuskan untuk mendaftarkan lagi domain web id untuk blog ini.

Proses perpindahan dari infopojok com ke infopojok.web.id saya awali dengan mengexpor file blog mulai dari artikel, halaman, komentar atau gambar. Hasil dari proses ekspor ini formatnya xml wordpress jadi tidak bisa langsung diimpor ke blogspot tapi harus dirubah dulu menjadi file xml blogspot.

Setelah itu saya mengimpor ke blog yang menggunakan domain web id tadi. Proses impor hanya sebentar sehingga sekarang blog infopojok sudah bisa diakses seperti biasanya. Harapan saya semoga dengan pergantian domain ini performa kedepannya semakin baik menyusul blog-blog saya yang lain. Target Awal hingga tahun depan Pageview nya bisa mencapai 1000 perhari.

Artikel ini sekaligus pemberitahuan kepada advertiser yang sudah berkerja sama dengan blog infopojok sebagai bentuk dari tanggung jawab karena saya tidak menghapus blog begitu saja. Semoga para advertiser memakluminya.  Salam Sukses buat Semuanya!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar