--> Skip to main content

Investasi Digital Ala Blogger dan Youtuber

Investasi digital

Jika saya menyimpan uang pada periode tertentu dengan tujuan nantinya akan mendatangkan keuntungan, inilah yang disebut investasi sedangkan pelakunya disebut investor. Namun diera modern ini investasi tidak harus berupa deposito, saham, reksadana, surat utang, obligasi atau emas tapi bisa juga dilakukan dengan membangun aset digital.

Biar mudah dalam memahami aset digital yang saya maksud, saya mencontohkan pengalaman saya sendiri. Saya membuat sebuah blog/wesbite dengan harga domain 100 ribuan pada tahun 2015 dan setelah blog tersebut berumur setahun mulai menghasilkan uang hingga sekarang.

Contoh lain saya juga memiliki sebuah channel youtube yang saya buat pada tahun 2017 dan sekarang channel tersebut sudah menghasilkan uang. 

Itulah mengapa saya membuat artikel yang berjudul investasi digital ala blogger dan youtuber, karena belum banyak yang meliriknya padahal membangun aset digital dalam bentuk blog dan channel youtube tidak butuh modal yang banyak cukup kemauan dan kerja keras.

Dari contoh tersebut ada sedikit perbedaan dibandingkan investasi pada umumnya yaitu pada perlakuannya, sebut saja kalau mau investasi dalam bentuk deposito maka setelah uang disetorkan investor tidak melakukan apapun kecuali menunggu hingga jatuh tempo untuk memetik hasil.

Investasi digital dalam bentuk blog dan channel youtube potensinya luar biasa karena jika sudah menghasilkan akan terus menghasilkan uang asal dijaga asetnya dengan baik. Hanya saja memang butuh waktu dan keseriusan mengisi konten yang bermanfaat dan menarik sehingga banyak pengunjungnya.

Langkah-langkah membangun aset digital blog:

1.Belilah sebuah domain

 Saya sarankan memilih domain ekstensi com karena yang paling populer didunia. Harganya untuk saat ini sektiar Rp.149.000. Belilah domain pada registar terpercaya bisa nasional atau mancanegara. Buat saya registar nasional juga cukup bagus contohnya Idwebhost, Domosquare, Rumahweb, Domainesia atau Niagahoster.

Untuk pertama kali belilah saat ada promo sehingga harganya murah contohnya pada saat atikel ini ditulis ada sebuah registar yang menawarkan harga domain 98.000 untuk tahun pertama. Oh ya jangan lupa pilih nama domain yang "brandable" sehingga mudah diingat dan unik.

2.Tentukan Hostingnya

Setelah memilih domain langkah selanjutnya adalah menentukan hostingnya. Kalau memiliki modal lebih, silahkan menggunakan hosting berbayar atau menggunakan mesin blog wordpress sehingga nantinya anda bisa membeli sepaket, domain dan hostingnya sekalian.

Untuk pemula saya sarankan menggunakan hosting gratisan dari blogger sehingga lebih hemat, cukup membeli domain saja. Jika Anda memilih langkah ini maka sebelumnya kamu harus membuat blog dulu di blogger.com setelah itu blog tersebut di arahkan ke domain yang sudah kamu beli atau blogspot custom domain.

3.Mulai mengisi konten

Nah...langkah ini yang sangat menentukan kesuksesan dari investasi digital kamu, jika kamu serius, fokus dan kerja keras mengisi blog kamu dengan konten yang berkualitas saya yakin blog kamu akan menghasilkan suatu saat.

Ada cara instan untuk mendapatkan konten secara cepat dan berkualitas yaitu dengan cara memesan ke jasa penulisan artikel. Namun perlu kejelian dalam membeli jasa penulisan karena perlu memperhatikan SEO dan metode penulisan.

Oleh sebab itu sebaiknya kamu menulis artikel sendiri dulu dan lihat hasilnya apakah banyak pengunjungnya sehingga kamu tahu artikel seperti apa yang bagus.

Tahukah Anda ke-3 langkah tersebut bisa dipersingkat prosesnya sehingga lebih cepat menghasilkan? Caranya dengan membeli blog yang sudah memiliki trafik dan berumur. Sayangnya cara ini membutuhkan modal yang tidak kecil bisa mencapai jutaan rupiah hingga ratusan juta tergantung performa blognya.

Modal bisa ditekan dengan membeli blog berumur yang trafiknya kecil tapi sudah mendapatkan trafik organik. Pilih membeli blog yang custom domain blogspot karena biaya hostingnya gratis.

Langkah-langkah membangun aset digital Youtube:

1.Persiapkan Peralatan

Kamera menjadi peralatan wajib yang harus dimiliki jika ingin investasi digital dalam bentuk channel Youtube. Kabar baiknya, dengan menggunakan kamera HP android saja kamu sudah bisa memulai. Pastikan resolusi kamera kamu minimal HD (1280 x 720). Jika kamu membeli handphone ditahun 2021 bisa dipastikan kameranya sudah memenuhi syarat bahkan rata-rata sudah suport resolusi 4K.

Tak hanya itu untuk mengeditnya bisa juga menggunakan aplikasi android jadi tak harus menggunakan komputer. Untuk hasil maksimal gunakan juga peralatan pendukung seperti studio mini, gimbal, mic yang bagus, sound recorder atau pencahayaan 

2.Buatlah channel Youtube

Bagi pemilki HP Android membuat sebuah channel Youtube itu sangat mudah karena sudah pasti memiliki akun gmail agar bisa menggunakan fitur-fitur dari Android. Pastikan sudah terinstall aplikasi Youtube di HP. 

Buka aplikasi youtube lalu pilih menu buat channel, jika ingin membuat nama channel yang berbeda dengan nama akun silahkan pilih akun merk.

Baca Juga: Ketika Adsense YouTube Lebih Menjanjikan 

3.Mengisi Konten

Langkah selanjutnya setelah channelnya jadi tentu saja  membuat konten video sebanyak-banyaknya. Sebuah channel youtube akan bernilai tinggi ketika disetujui untuk bergabung dengan YPP atau bisa menampilkan iklan Adsense.

Langkah ini terbilang cukup berat karena persyaratan untuk bisa bergabung dengan YPP harus sudah memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang yang dihitung dalam tempo 1 tahun kalau bisa lebih cepat lebih bagus misalnya jika sebulan sudah memenuhi syarat bisa mengajukan keyoutube.

Nantinya jika sudah memenuhi syarat bisa mengajukan channel ke YPP dan akan melewati proses review. Jika lolos maka channel sudah bisa menghasilkan uang melalui iklan Adsense.

Sekedar info saja saat ini saya sudah memiliki 2 channel yang sudah monetisasi yaitu DWISUWEBID dan Dwi Sugiarto.

Meski sudah memiliki 2 channel tersebut saya masih ingin menambah channel lagi, harapan saya semakin banyak channel yang sudah monetisasi akan semakin menguntungkan. Channel ini baru saya isi kontennya sekitar seminggu yang lalu nama channelnya TRIK MARTABAK MINI.

Berbeda dari 2 channel sebelumnya yang topiknya campuran, di channel ini saya memfokuskan pada topik Martabak mini manis. Ada beberapa alasan kenapa saya memilih topik ini diantaranya profesi saya penjual martabak mini dan saya memiliki properti yang bagus untuk mendatangkan subscriber dan jam tayang.

Buat yang penasaran channelnya seperti apa silahkan ke TKP 

youtube image


Penutup

Invstasi digital dalam wujud blog dan channel youtube layak kamu coba karena  prosesnya mudah dan murah. Kalau bisa sekarang kenapa harus nanti!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar