--> Skip to main content

3 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Hari Tua

Produk Digital
 

3 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Hari Tua - 10 tahun mencoba peruntungan didunia maya membuat wawasan saya didunia bisnis semakin luas. Banyak pelajaran yang berharga, dan yang paling saya rasakan adalah saya jadi tahu bisnis apa saja yang bisa menghasilkan uang dari internet. Satu persatu bisnis saya coba mulai dari menjadi publisher, influencer, affiliate hingga online shop.

Saya pun harus mengakui ternyata ada beberapa bisnis yang hasilnya hingga saat ini belum maksimal. Kadang saya heran, orang lain bisa sukses dibisnis tersebut namun giliran saya mencoba hasilnya berbeda. 

Saya sudah berusaha mempelajari bisnis-bisnis tersebut bahkan hingga kursus namun hingga saat ini hasil dari bisnis-bisnis saya masih jauh dari harapan walau belum gagal.

Sampai pada sebuah titik, apakah saya akan terus begini? Sedangkan usia semakin bertambah. Saya bukanlah seorang PNS yang mendapatkan uang pensiun dihari tuanya.

Saya membayangkan bagaimana kondisi fisik saya 10- 20 tahun mendatang, tentunya semakin lama semakin lemah. Saya sering melihat orang yang pada masa tuanya masih bekerja kasar. Itu tentu biasa menjadi cermin buat saya, apakah saya nantinya akan seperti itu?

Peluang Bisnis yang cocok untuk hari tua

Setelah berpikir keras dan merenung beberapa hari akhirnya saya menemukan bisnis yang cocok untuk hari tua.

1. Toko Kelontong/Sembako

Memang ini bukan bisnis baru namun terbukti peluang bisnis ini bisa terus eksis meski jaman semakin modern. Toko kelontong tetap dibutuhkan orang karena memang yang dijual barang kebutuhan sehari-hari. Meski sekarang ini semuanya serba online namun toko kelontong masih tetap ada pasarnya.

Mengelola toko kelontong tidak butuh fisik yang kuat karena memang kerjanya hanya menunggu pembeli atau lebih banyak duduk. Kunci dari bisnis ini memang ada pada modal dan lokasinya. Sebisa mungkin lokasi toko milik sendiri bukan sewa.


2. Online shop

Untuk merintis sebuah online shop tidak butuh biaya yang besar karena bisa dilakukan dari rumah meski rumahnya tidak strategis. Kelebihan dari online shop ini ada pada jangkauannya yang luas dan bisa diakses selama 24 jam.

Saat ini untuk membuka toko sangat mudah bahkan gratis yaitu dengan jualan dimarketplace seperti Tokopedia, Bukalapak atau shopee.

Meskipun mudah bukan berarti bisa dengan mudah mendatangkan pembeli. Karateristik barang yang dijual secara online dengan offline sangat berbeda. Ada barang-barang yang tidak cocok dijual secara online sehingga butuh kejelian dalam memilih barang yang akan dijual.

Disinilah perlunya belajar cara mencari produk yang tepat untuk online shop. Dari beberapa pelatihan yang saya ikuti, saya berkesimpulan "Produk adalah solusi".

Setelah produk ketemu langkah yang tak kalah pentingnya adalah digital marketing dan yang paling utama harus paham copywriting.

Baca Juga: Haruskah fokus pada 1 Bidang Bisnis? 


3.Bisnis Produk Digital

Beberapa kali saya membeli produk digital mulai dari Ebook hingga kursus online. Dari penuturan salah satu owner kursus online ternyata per bulannya bisa mendapatkan keuntungan sekitar 15-30 juta padahal harga kursusnya cuma 35 ribu. Woow cukup menjanjikan!

Kelebihan dari bisnis ini adalah tidak butuh banyak modal dan cukup sekali menyediakan produknya nantinya bisa di jual berkali-kali karena produknya digital. Tidak seperti produk fisik yang harus membuat atau belanja dulu.

Produk digitalnya tentunya harus menarik dan memang dibutuhkan orang contohnya tentang Adsense, youtube, blog, peluang bisnis dan lain-lain. Branding sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis ini karena jika owner dari produk digital itu tepercaya atau memang sudah ahli dibidang tersebut tentunya pembeli akan percaya.

Bagaimana menurut pendapat Anda, peluang bisnis apa yang cocok untuk hari tua?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar