--> Skip to main content

Pengalaman Buka Toko Kelontong Tanpa Modal

INFOPOJOK.WEB.ID - Membaca judulnya mungkin anda akan bertanya-tanya memangnya bisa buka toko kelontong tanpa modal?kenyataannya memang demikian oleh karena itu kali ini saya akan berbagi pengalaman buka toko kelontong tanpa modal.Kendala modal memang sering menjadi penyebab seseorang tidak bisa memulai bisnis apalagi seperti bisnis toko kelontong yang membutuhkan modal yang tidak sedikit.
toko kelontong


Pengalaman Buka Toko Kelontong Tanpa modal diawali dari sini


Keinginan untuk merintis toko kelontong sebenarnya sudah ada dibenak saya sejak terkena PHK apalagi saya sering melihat sendiri toko kelontong diperkotaan atau diperumahan yang ramai pembeli namun karena terkendala modal saya hanya menyimpan keinginan tersebut.Saya lebih memilih berwirausaha dari berjualan keripik singkong sampai mie ayam.

Baca juga : Mengontrak Rumah Sambil Buka Toko Kelontong

Sampai pada akhirnya saya mendapatkan tawaran yang menarik dari kakak saya yang tinggal didaerah Cibitung Bekasi Jawa Barat.Kakak saya berencana membuka cabang toko kelontong ditempat lain dan saya ditawari untuk mengelolanya dengan sistem bagi hasil maksudnya kakak saya yang memodali, saya hanya mengelolanya yang nantinya keuntungannya dibagi 2.Karena dari dulu saya memang ingin mencoba berbisnis toko kelontong akhirnya saya terima tawaran tersebut apalagi sebelumnya saya pernah bantu-bantu toko kakak saya selama beberapa bulan sehingga saya sudah tahu cara berbisnis toko kelontong.

Sebelumnya kakak saya sudah survey tempat disebuah perumahan didaerah Tambun selatan Bekasi Jawa Barat dan menemukan sebuah lokasi yaitu sebuah rumah yang posisinya didepan jalan dan berada dipojok(hook).Rumah tersebut dikontrakkan.Setelah menghubungi pemilik rumah akhirnya kakak saya dan pemilik rumah tersebut sepakat untuk mengontrak rumah tersebut selama setahun.

Rumah yang kami kontrak belum bisa digunakan untuk berjualan karena desainnya untuk rumah sehingga harus mendirikan bangunan semi permanen untuk toko kelontong dilahan kosong samping rumah.Setelah bangunan jadi barulah toko kelontong bisa buka.Pasokan barang untuk pertama kali tidak banyak menemui kesulitan karena mengambil pasokan dari toko kakak saya sehingga bisa langsung komplit.

Awal-awal buka toko kelontong ternyata mendapat sambutan yang baik dari masyarakat sekitar kebetulan disekitar rumah belum banyak toko kelontong.Selain itu karena kakak saya sudah berpengalaman mengelola toko kelontong dalam mencari pelanggan sehingga sudah memiliki jurus pemasaran tersendiri.Meskipun tidak terjun langsung karena saya yang mengelola namun kakak saya ilkut mengarahkan dalam menentukan harga agar bisa murah harganya.

Sedikit-demi sedikit pelanggan toko kelontong saya semakin banyak bahkan pelanggannya datang dari blok lain dan sedikit demi sedikit saya bisa mengumpulkan penghasilan dari bagi hasil keuntungan.Saat usia toko memasuki usia 4 tahun saya memutuskan untuk menikah dan puncaknya berapa tahun kemudian saya memutuskan untuk buka toko kelontong modal sendiri dan itu berlangsung hingga sekarang.

Demikianlah pengalaman buka toko kelontong tanpa modal,semoga menginsirasi anda terutama yang ingin merintis toko kelontong namun terkendala modal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar