--> Skip to main content

Usaha Gas LPG 3 Kg Tanpa Modal Besar

INFOPOJOK.WEB.ID - Merintis usaha gas LPG 3 kg merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang menginginkan usaha yang tanpa ribet dan tanpa modal yang besar namun banyak dicari orang.Gas LPG 3 Kg saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi ibu rumah tangga maupun usaha kecil menengah.

Usaha Gas LPG 3 Kg


Meskipun sebenarnya ada pilihan lain seperti gas LPG 12 Kg atau Blue gaz namun gas LPG 3 kg menjadi pilihan utama masyarakat karena harganya yang murah,mudah didapat dan mudah dibawa.Itulah mengapa usaha gas LPG 3 Kg selalu ada konsumennya apalagi jika digunakan untuk usaha seperti rumah makan atau penjual makanan bisa tiap hari membeli gas LPG 3 kg baru.

Baca Juga : Agen Aqua Galon Bisnis Rumahan Menguntungkan

Persiapan merintis usaha gas LPG 3 Kg


1.Menyiapkan lokasi

Usaha gas LPG 3 kg sebenarnya tidak terlalu memakan tempat bahkan bisa diletakkan diteras rumah yang penting terlihat sehingga orang tahu kalau anda menjual gas LPG 3 kg.Namun demi keamanan sebaiknya gas tersebut diletakkan ditempat yang terbuka dan jauh dari sumber api.

Pada umumnya usaha gas LPG 3 kg dilakukan bersama bisnis lain misalnya toko sembako,agen aqua galon atau depot air isi ulang namun jika anda hanya menjual gas LPG 3 kg saja tidak menjadi masalah

2.Mencari pemasok

Anda bisa mendapatkan pasokan dari pangkalan resmi gas LPG  kg cirinya di depotnya ada papan nama pemilik pangkalan dan harga resmi dari pertamina.Usahakan mencari pangkalan gas LPG 3 kg yang lokasinya terdekat dengan tempat anda berjualan karena akan mempermudah pengiriman.

Jika memungkinkan carilah pangkalan yang belum banyak pelanggannya karena biasanya  setiap pangkalan gas sudah memiliki langganan masing-masing.Jika jumlah pelanggannya terlalu banyak kemungkinan anda akan mendapatkan jatah gas yang sedikit karena pasokan dari pertamina kuotanya sudah ditentukan.Setiap pangkalan biasanya pemasarannya berkeliling ketoko pelanggan jadi anda tak perlu repot-repot mengambil sendiri.

3.Menyiapkan Tabung Gas LPG 3 kg Kosong

Sebelum anda merintis usaha ini anda wajib memilik tabung kosong terlebih dahulu,anda bisa membeli ke pangkalan langsung atau membeli ditoko yang menjual tabung kosong harganya sekitar Rp.120.000 per tabung atau Rp.135.0000+ isinya.Setelah anda memiliki tabung kosong barulah anda bisa berbelanja gas kepangkalan jadi anda hanya beli isinya saja dengan harga resmi Rp.16.000/tabung namun kenyataan dilapangan kalau gasnya diantar ketoko harganya jadi lebih mahal antara 17.000/tabung sampai 18.000/tabung.

Potensi keuntungan Usaha Gas LPG 3 Kg


Berdasarkan pengalaman saya rata-rata penjual eceran gas LPG 3 kg mengambil keuntungan antara Rp.2000-Rp.3000 per tabung makanya jangan heran kalau harga pasaran lebih mahal dari harga yang sudah ditetapkan pertamina karena para penjual mendaptkan harga dari pangkalan sesuai dengan harga resmi bahkan kadang lebih mahal.

Jika anda ingin mendapatkan penghasilan yang maksimal anda bisa nyambi jadi grosir yaitu dengan cara menjual kembali ke toko-toko pengecer tentu saja dengan margin keuntungan yang lebih kecil misalnya jual eceran Rp.20.000/tabung jika jual grosir Rp.19.000 tergantung berapa harga yang anda dapatkan dari pangkalan patokannya keuntungan pertabungnya antar Rp.500-1000 pertabung.

Kendaraan bermotor perlu anda persiapkan jika anda ingin menjual secara grosir karena biasnya pembeli minta diantar.Kendaraan juga diperlukan jika suatu saat anda akan mengambil pasokan sendiri dari pangkalan misalnya barang sudah habis tapi pangkalan belum berkeliling.Anda juga perlu memperbanyak tabung agar barangnya tidak lekas habis.

Tantangan Usaha Gas LPG 3 kg


Meskipun Gas LPG 3 kg barangnya cepat laku sehingga cepat memberikan keuntungan namun karena gas jenis ini harganya masih disubsidi pemerintah terkadang pasokannya tidak mencukupi kebutuhan masyarakat misalnya pengguna gas LPG 3 Kg semakin bertambah namun pasokannya tetap sehingga terjadi kelangkaan

Jika terjadi kelangkaan pasokan dari pangkalan bisa saja berkurang bahkan kadang pangkalan tidak mau mengirim gas karena pembeli justru mendatangi pangkalan langsung berebut gas dengan sesama pembeli kalau anda malas mengambil sendiri bisa saja anda sama sekali tidak mendapatkan stok gas.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk menekuni usaha gas LPG 3 kg tanpa modal besar? Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar