--> Skip to main content

7 Cara Menghadapi Persaingan Grosir Sembako Pemain Lama

INFOPOJOK.WEB.ID ,7 Cara Menghadapi Persaingan Grosir Sembako Pemain Lama-Salah satu pertimbangan sebelum anda merintis bisnis grosir sembako adalah mengetahui siapa pesaing yang akan anda hadapi.Hal ini penting karena akan menentukan perkembangan bisnis grosir sembako anda nantinya.Jika calon pesaing anda merupakan pemain lama yang sudah banyak pelanggannya anda harus mempersiapkan cara menghadapi persaingan seperti apa yang akan anda terapkan.

Toko kelontong grosir

Cara menghadapi persaingan melawan grosir sembako pemain lama menurut saya tidaklah mudah butuh perjuangan kenapa saya katakan demikian? Pertama grosir sembako yang omsetnya sudah bagus dan banyak pelanggan akan mendapatkan dukungan dari distributor besar langsung bahkan mendapatkan fasilitas bayar tempo artinya tidak keluar modal hanya menjual saja sedangkan pemain baru harus bayar cash serta belum mendapatkan dukungan dari distributor langsung Kedua grosir sembako yang sudah eksis lama memiliki pelanggan loyal atau tetap Ketiga grosir sembako pemain lama sudah tahu barang-barang mana yang potensial untuk dijual sedangkan pemain baru masih meraba-raba.

Saya pernah mendapatkan keluhan dari seorang pemain grosir sembako baru lewat blog dimana pemain baru yang bermodalkan 100 juta tersebut kesulitan mengimbangi harga karena pesaingnya ambil barangnya partai besar sehingga dapat diskon dari distributor lalu djual dengan harga yang murah.Pemain baru ini tentu saja kesulitan mengimbangi harga melawan pemain lama karena untungnya tipis akhirnya tidak mencukupi untuk bayar sewa ruko dan lain-lain.

Itu baru salah satu contoh betapa sulitnya melawan grosir sembako pemain lama yang sudah bagus omsetnya namun demikian tetap saja ada peluang mendatangkan pembeli asalkan menerapkan jurus pemasaran yang jitu dan memang hasilnya tidak bisa cepat butuh waktu namun setidaknya sedikit demi sedikit ada kemajuan.

Baca juga : 5 Bisnis Kecil-kecilan Sebelum Merintis Grosir Sembako

Berikut 7 Cara Menghadapi Persaingan Grosir Sembako Selengkapnya


1.Sediakan Barang Sekomplit Mungkin
Untuk menarik perhatian pembeli cara yang terbaik adalah dengan menyediakan barang sekomplit mungkin bahkan kalau bisa yang tidak ada dipesaing anda sediakan.Grosir sembako besar biasanya lebih suka bermain di produk-produk yang sudah ketahuan laku dan mendapatkan pasokan langsung dari distributor besar seperti Indomarco,Artaboga,Mayora dari pada harus bermain barang baru.

Celah inilah yang bisa anda gunakan untuk menjaring pembeli karena berdasarkan pengalaman saya sendiri tidak semua kebututuhan toko sembako ada di satu grosir sembako kadang saya harus mencari kegrosir lain contohnya Sandal swallow,Lampu hemat,Bawang putih,bihun dan lain-lain.Keuntungan jika anda menjual barang yang tidak ada digrosir lain adalah toko grosir anda akan cepat dikenal

Celah lainnya adalah tidak semua pembeli loyal kepada grosir sembako langganannya ada juga yang males antri jika kebetulan grosir langganannya sedang ramai pembeli akan  memilih belanja kegrosir sembako lain jadi siap-siaplah mendapatkan kunjungan pembeli yang seperti ini meskipun grosir anda hanya dijadikan tempat alternatif namun setidaknya anda mendapatkan pelanggan baru dan bukan tidak mungkin jika kemudian anda dijadikan tempat belanja utama.

2.Berikan Pelayanan Semaksimal Mungkin
Sebagai pemain baru anda harus memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dalam melayani pembeli seperti ramah,cepat,tepat.Jawab pertanyaan pembeli dengan baik karena biasanya pembeli baru banyak bertanya harga dan membanding-bandingkan harga.Jangan lupa sediakan layanan antar karena terkadang grosir sembako besar tidak menyediakan layanan antar karena mungkin sudah banyak pelanggan dan faktor keterbatasan karyawan.

3.Lakukan pemasaran secara langsung
Grosir sembako baru tentunya belum banyak dikenal pembeli oleh karenanya agar cepat dikenal anda yang harus aktif mendatangi pembeli atau nganvas,lebih bagus lagi sambil membawa barangnya misalnya dengan motor roda 3.Bagikan brosur daftar harga barang-barang yang anda jual terutama barang yang cepat laku.Semakin sering anda mendatangi toko-toko sembako maka grosir sembako anda akan cepat dikenal dan bila harga yang anda tawarkan cocok kemungkinan akan membeli atau datang kegrosir anda.

4.Prioritaskan pembeli partai kecil
Grosir sembako pemain lama yang sudah banyak pelanggannya biasanya kebanyakan menjual barang partai dus-dusan dan karena keterbatasan pelayanan pembeli yang beli partai kecil misalnya rencengan atau kiloan dan tidak mau antri lebih memilih kegrosir sembako lain yang tidak antri.

Disinilah kesempatan anda untuk menggaet pembeli yang semacam ini dan jangan salah meskipun belinya partai kecil potensi keuntungannya tak kalah dengan yang beli dus-dusan.Hal ini berdasarkan keterangan beberapa grosir sembako dimana ternyata sebagian besar pelanggannya justru yang beli eceran dan omsetnya lebih banyak dari pada pelanggan yang beli dus-dusan bahkan ada grosir sembako yang lebih suka menjual partai kecil dari pada dus-dusan karena keuntungannya lebih banyak.

5.Gunakan Teknologi
Saat ini teknologi semakin maju serba digital yang sangat membantu pekerjaan manusia termasuk teknologi yang berhubungan degnan bisnis grosir sembako.Tak ada salahnya anda menggunakan teknologi tersebut jika memang sangat membantu pelayanan grosir sembako anda misalnya timbangan digital,mesin kasir(Komputer),Kamera CCTV,Alat deteksi uang palsu,Genset.

Teknologi juga bisa anda gunakan untuk mempromosikan grosir anda melalui internet apalagi sekarang rata-rata setiap orang umumnya memiliki handphone android dan aktif disosial media atau aplikasi chat seperti facebook,BBM,WA.

6.Hindari Perang harga
Jika dalam menghadapi persaingan anda perang harga artinya saling memberi harga murah anda akan banyak menemui kesulitan karena tentu saja grosir sembako pemain lama sudah mendapatkan dukungan distributor resmi yang mana tidak harus cash bahkan sering dapat potongan harga sedangkan pemain baru harus bayar cash dan ujung-ujungnya kuat-kuatan modal

Jika harga yang anda tawarkan murah semua keuntungannya juga kecil butuh omset yang tinggi atau item barang yang banyak agar keuntungannya banyak sedangkan grosir sembako anda belum banyak pelanggan.

Lebih aman jika anda menerapkan harga wajar atau umum dan lebih fokus untuk meningkatkan pelayanan pada pembeli.Berdasarkan pengalaman saya tidak semua harga barang digrosir sembako murah semua banyak juga harga yang antar grosir sembako tidak berbeda dan jika beda selisihnya juga tidak banyak paling Rp.500-Rp.2000 per unitnya.

7.Rajin Mencari informasi
Sebagai pendatang baru grosir sembako anda tentu belum hafal trend barang barang mana saja yang cepat laku,barang yang sering naik harganya,barang yang kadang langka dipasaran atau harga pasaran.Jangan mentang-mentang anda punya modal lalu semua barang dibeli dengan stok yang banyak anda perlu informasinya terlebih dulu.

Anda bisa menanyakan kepada pemasok grosir sembako anda atau untuk masalah harga jangan sungkan untuk bertanya kerpada pembeli jika mengeluhkan harga yang kemahalan sehingga anda bisa tahu berapa harga pasaran.

Demikianlah informasi tentang 7 Cara Menghadapi Persaingan Melawan Grosir Sembako Pemain Lama semoga bisa membantu kesuksesan bisnis anda Terima kasih atas kunjungannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar