--> Skip to main content

Kisah Sukses Peternak Sapi

INFOPOJOK.WEB.ID - Henry Surya Jaya bisa dibilang mewakili gairah anak muda yang sangat pandai dalam bisnis ternak sapi. Semangat dan niatan untuk berbisnis sapi dengan banyak menimba ilmu tak pernah surut dari sosok muda satu ini. Berawal hanya dari 2 ekor sapi, dalam satu tahun Henry sukses menggandakan sapinya hingga 160 ekor lebih.
Kisah Sukses Peternak Sapi


Sebelumnya Henry juga sukses dalam bisnis ternak kambing domba. Henry telah mengelola lebih dari 700 ekor domba. Bahkan mengembangkan lini bisnisnya yang lain seperti pakan dan jual daging sapi untuk wilayah tegal dan sekitarnya.

Henry sudah tertarik dengan dunia peternakan sejak masih kecil, kakeknya adalah pecinta hewan dan gemar memelihara hewan apa saja mulai dari kuda, domba, ayam, burung, sapi, hingga serangga. Beternak sudah menjadi hobby dari kecil. Mengapa memilih sapi, karena sapi adalah hewan yang sangat menyenangkan untuk dilihat, pemeliharaannya mudah dan bisa dijadikan bisnis yang menghasilkan banyak keuntungan dan manfaat

Hobby dan keinginan saja tidak cukup untuk memulai bisnis ini. Dibutuhkan ketekunan dan keberanian untuk mengambil resiko karena sapi bukan barang murah. Sebelum memulai, henry membaca buku-buku tentang sapi sebanyak yang dia bisa. Kemudian dia mengikuti pelatihan yang pertama di Kampoeng Ternak setelah itu di Sapibagus, tujuannya untuk mengenal pemain-pemain sapi senior yang tentunya punya banyak pengalaman, ilmu, dan juga jaringan di bisnis sapi. Setelah itu, barulah Henry memberanikan diri untuk mengeluarkan uang untuk membangun kandang, mencari tenaga ahli, dan memulai bisnis dari awal

Banyak sekali kendala yang dihadapi Henry, mulai dari tahap pembelian bakalan, pemeliharaan, hingga penjualan, setiap tahap mempunyai tantangan sendiri. Dari mulai beli, karena kurangnya pengalaman henry sering membeli sapi terlalu mahal. Maka dari itu jualnya pun susah. Kedua, saat pemeliharaan masih sering bingung apalagi saat sapi sakit maupun ketika pakan tidak mencukupi. Belum lagi ketika saatnya jual, bingung mau dijual kemana. Cara mengatasinya adalah bergaul dengan senior-senior yang sudah mempunyai pasar, seringlah main ke pasar hewan untuk tukar informasi

Seperti slogan merek sepatu Nike “Just do it!” Henry memberi saran untuk peternak pemula agar secepatnya bergerak dalam memulai usaha terak sapi, semakin cepat bergerak akan semakin cepat juga anda mempelajari bisnis ini dari a sampai z. bisnis ternak sapi ini bukan ilmu kelihatan, melainkan harus ditekuni dan dipraktekan kalau tidak feeling anda tidak akan jadi.



__________________________________________________________

Ini merupakan artikel review.Segala Bentuk dan Akibat yang timbul atas materi diatas,Sepenuhnya adalah tanggung jawab Angon.id.Terima Kasih!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar