Peluang Usaha Baru Jualan Makanan Melalui Facebook

Peluang Usaha Baru Jualan Makanan Melalui Facebook

INFOPOJOK.WEB.ID – Saat ini ponsel sudah menjadi barang wajib dalam kehidupan sehari-hari, kemana-mana tak pernah lepas dari namanya ponsel. Salah satu keunggulan ponsel jaman kekinian adalah bisa dengan mudah aktif dimedia sosial seperti facebook, twitter atau instagram. Hebatnya lagi media sosial juga bisa dijadikan media untuk jualan. Muncullah peluang usaha baru jualan makanan melalui facebook.
Peluang Usaha Baru

Pengguna facebook di Indonesia lumayan banyak, dari data di play store aplikasi fb lite sudah di unduh sekitar 1 miliar orang . Salah satu Kelebihan facebook adalah penggunanya bisa bergabung dengan grup-grup yang bersifat lokal misalnya grup komunitas perumahan satu kecamatan. Nah inilah media yang bagus untuk merintis peluang usaha jualan makanan  melalui facebook.

Terbukti di grup facebook yang saya ikuti banyak sekali pengguna yang jualan makanan mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Bagi pembeli tentu sangat menguntungkan karena tidak harus keluar rumah cukup pesan nanti diantar sampai rumah atau COD.


Jika Anda tertarik untuk merintis peluang usaha baru jualan makanan melalui facebook, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan ; 

1.Nomor WhatsApp
Nomor WA ini cukup penting untuk keamanan transaksi walaupun sebenarnya bisa saja melalui komentar distatus facebook namun dengan mengarahkan pembeli yang mau pesan ke nomor WA bisa menjadi tanda kalau pembeli serius membeli. Kalau Cuma pesan di status kebenarannya perlu dipertanyakan karena bisa saja pembeli iseng dan memberikan alamat palsu.

Jika sudah demikian anda akan sulit mengkonfirmasi apalagi jika pemesan menggunakan akun bodong, beda jika anda sudah tahu nomr WA, anda bisa dengan mudah konfirmasi melalui chat atau menelpon langsung.

2.Pemilihan Makanan
Demi kepuasan pelanggan sebaiknya menjual makanan yang siap saji bukan distok dulu baru dijual seperti Bakso, soto, rujak, gado-gado, Ayam goreng dan lain-lain. Pilih juga makanan yang pengolahannya mudah sehingga tidak butuh waktu lama menyajikannya.

Jangan lupa buat foto produk semenarik mungkin bila perlu diedit dulu sehingga bisa membuat pembeli penasaran. Ambil foto dari berbagi posisi sehingga lebih menarik.

3.Menyediakan Alat transportasi
Penjualan makanan secara online melalui facebook perlu menyediakan alat transportasi seperti motor roda dua untuk mengantar pesanan pelanggan. Pikirkan siapa nanti yang akan mengantar makanan tersebut kepelanggan. Jika ingin hemat tentu mengantar sendiri namun tentunya anda akan repot harus mengolah makanan sekaligus mengantar.

Idealnya anda perlu menyediakan tukang antar makanan pesanan bisa dengan menyuruh orang lain atau melibatkan keluarga seperti suami atau anak.

4.Persiapkan model pemesanan
Hal ini juga perlu anda persiapkan diawal apakah sistemnya setiap 1 pemesan langsung diantar atau dengan sistem list. Dengan sistem list penjual lebih untung karena pemesan dilist dulu jika sudah terkumpul baru diantar sehingga sekali jalan mengantar kebanyak pesanan tapi kelemahannya kalau sudah ditunggu ternyata pemesananya sedikit tentu prosesnya jadi lama apalagi jika makanan tersebut pengolahnnya agak lama.

Beda jika antar setiap ada order berapapun langsung diantar, pesanan akan cepat sampai ke pelanggan. Ini tentu menjadi nilai lebih dimata pelanggan.

5.Wilayah yang dijangkau
Jarak antara rumah anda dan pembeli juga patut menjadi perhitungan, idealnya tentu jangan terlalu jauh karena selain butuh waktu serta bensin juga belum tentu anda mengenal daerah tersebut. Untuk tahap awal sebaiknya satu perumahan dulu jika sudah banyak pelanggan baru menerima pesanan yang lebih jauh.

Pastikan anda mengenal blok perumahan jadi tidak butuh waktu lama mencarinya atau sebisa mungkin meminta patokan ke pembeli misalnya Masjid atau minimarket.


Peluang usaha baru jualan makanan melalui facebook ini butuh kesabaran khususnya jika baru memulai karena orang belum tahu rasa makanan anda. Jika menurut pembeli makanan anda enak lama-lama pelanggan anda akan semakin banyak bahkan bisa jadi melakukan repeat order.  Semoga Bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar