--> Skip to main content

Cerita Perjalanan Saya Menjadi Internet Marketer

INFOPOJOK.WEB.ID – Halo sobat semua dimanapun Anda berada…pada kesempatan kali ini izinkan saya menceritakan perjalanan saya menjadi seorang internet marketer (IM) yang sampai saat ini masih saya jalani. Kenapa harus saya bagikan pengalaman sedangkan saya belum masuk dalam jajaran internet marketer sukses?. Semata-mata karena ingin berbagi karena saya masih melihat masih banyak saudara-saudara kita terutama kalangan muda (milenia) yang masih enggan terjun kedunia internet marketing.
Internet Marketer

Meski saya belum sukses namun setidaknya saya bisa membuktikan kalau dari internet dengan hanya bermodalkan seperangkat komputer serta koneksi internet, saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan kalau boleh membandingkan pendapatan yang saya dapatkan lebih besar dari gaji seorang guru honorer tiap bulannya.


Berawal dari hobi menulis

Saya tidak tahu apakah ini bakat atau bukan, yang jelas sejak masih duduk dibangku sekolah saya suka menulis namun waktu itu saya hanya menuangkannya semua pada buku harian. Saya suka membaca novel, cerpen sampai puisi.

Sejak lulus sekolah dan memilih merantau ke Bekasi saya jarang menyalurkan hobi menulis ini karena sibuk bekerja. Meski demikian hobi membaca masih tetap saya lakukan termasuk membaca cerpen. Barulah ketika saya tidak bekerja lagi dan memilih berwiraswasta saya mulai belajar komputer secara otodidak. Program yang saya pelajari diantaranya MS Word dan Excel. Waktu itu belum terpikirkan menjadi seorang penulis blog. Pertimbangan saya waktu itu menguasai dasar-dasar komputer itu perlu.

Barulah sekitar tahun 2011 saya mulai tertarik untuk membuat blog atau Ngeblog. Berbekal komputer bekas saya mulai berkenalan dengan blog. Karena sebelumnya saya sudah menguasai MS Word saya tidak mengalami kesulitan ketika membuat artikel walaupun masih acak-acakan tulisannya. ilmu ngeblog saya pelajari secara otodidak. Tidak pernah sekalipun saya ikut pelatihan, kursus atau membeli ebook premium.

Seiring dengan berjalannya waktu tulisan saya semakin bagus sehingga blog yang saya buatpun mulai mendatangkan pengunjung. Nah dari sinilah awalnya saya bisa mulai menghasilkan uang dari blog meski jumlahnya kecil.

Babak baru menghasilkan uang dari internet atau Internet Marketer (IM) saya alami sejak bergabung dengan Google Adsense pada Februari 2015. Penghasilan dari Adsense terbilang cukup menjanjikan dibandingkan dengan program lain. PO (Pay Out/Gajian) pertamapun bisa saya raih untuk pertama kalinya. Untuk ukuran saya pembayaran dari Google Adsense lumayan besar minimal US $100.

Pembayaran kedua dan seterusnya berhasil saya raih sampai saya lupa berapa kali sudah PO. Sayangnya mulai tahun 2017 penghasilan dari Adsense blog mulai menurun sehingga pada Maret 2017 saya mencoba terjun ke Adsense YouTube. Meskipun saya tidak memiliki basic editing video dan tidak didukung dengan peralatan yang spek dewa saya bisa membuktikan bisa PO (Gajian) dari YouTube untuk pertama kalinya.

Tak cukup menekuni blog dan YouTube sayapun mencoba peruntungan lain dengan merintis bisnis Dropship Online dengan produknya Cetakan Martabak mini yang saya rintis pada awal tahun 2018. Sekian lama berkecimpung dengan Blog dan YouTube ternyata cukup bermanfaat untuk promosi toko online online saya.

Terbukti sejak pertama kali buka terhitung sudah puluhan cetakan berhasil saya jual dimana pembelinya kebanyakan dari Jabodetabek. Sebuah pencapaian yang diluar dugaan meski omset masih kecil tapi saya bisa membuktikan kalau saya bisa menjual produk secara online. Apalagi sebelumnya sudah pernah gagal merintis toko online.

Hingga hingga artikel ini ditulis saya masih betah menekuni Bisnis Blog, YouTube dan Toko Online. Jika saya ditanya usaha online apa yang sekarang ditekuni? Saya akan menjawab INTERNET MARKETER (IM) biar lebih simple menjawabnya.

Demikianlah Cerita Perjalanan Saya menjadi Internet Marketer Semoga bisa menginspirasi Anda. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar