--> Skip to main content

7 Tahun Ngeblog Dapat Apa? Ini Jawabannya

INFOPOJOK.WEB.ID – Bagi sebagian orang mungkin beranggapan ngeblog itu pekerjaan yang kurang menguntungkan sehingga tak tertarik untuk menekuninya. Tapi bagi saya sesuatu yang mengasyikan sehingga membuat saya betah menekuninya selama 7 tahun ini dan masih  berlangsung hingga sekarang. Tak ada niat sedikitpun untuk berhenti ngeblog.
Ngeblog

7 tahun tentunya bukan waktu yang sebentar dan sudah banyak kejadian yang saya alami ada yang  menyenangkan ada pula yang bikin sedih. Namun semua itu tak menyurutkan saya untuk terus ngeblog padahal tak sedikit teman blogger seangkatan yang sudah pensiun ngeblog. Bisa jadi ini cukup mengherankan buat orang lain dan bertanya-tanya, Kok Sampai Dibela-belain terus Ngeblog Memang Dapat apa?

Nah…untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cerita apa yang sudah saya dapatkan selama 7 tahun ngeblog dengan harapan bisa memberi motivasi kepada Anda untuk ngeblog. Baiklah berikut ulasan selengkapnya :


1.Menambah ilmu Web Hosting

Dulu sebelum saya ngeblog saya tidak tahu apa itu website dan bagaimana cara membuatnya. Saya pikir membuat website atau blog itu susah dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang menguasai pemograman internet. Namun sejak saya ngeblog saya jadi tahu kalau membuat blog itu tidak sesulit yang saya bayangkan. Tidak harus menguasai ilmu pemograman internet yang terpenting mampu mengoperasikan komputer.

Saya jadi tahu apa itu Domain dan Hosting, Mesin blog seperti Blogspot atau Wordpress, Cara memposting, Mempercantik website dan masih banyak lagi. Ilmu web hosting bisa saya kuasai meskipun dengan  belajar otodidak. Dengan menguasai ilmu  web hosting meskipun hanya dasar-dasarnya saja ternyata banyak keuntungan yang saya dapat terutama untuk internet marketing.

2.Mengasah kemampuan menulis

Sejak masa sekolah sebenarnya saya hobi menulis namun hobi ini kurang tersalurkan. Dengan ngeblog  saya bisa mengasah kemampuan menulis sehingga tulisan saya enak dibaca dan mudah dipahami. Saya jadi tahu dibalik tulisan yang bagus ternyata butuh proses berlatih menulis yang konsisten.

Dengan ngeblog saya bisa mengasah kemampuan menulis karena saya harus membuat artikel rutin. Saya merasakan perubahan kualitas tulisan saya dan menulis bukan pekerjaan berat tapi justru menyenangkan. Menulis sudah menjadi bagian dari Life style, saya merasa ada yang kurang jika sehari  saja tidak menulis.

3.Belajar Internet Marketing

Ngeblog ternyata berhubungan erat dengan Internet marketing. Blog cukup ampuh untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Blog bisa digunakan untuk artikel marketing bahkan mendatangkan sponsor sehingga memiliki blog itu menguntungkan.

Dengan ngeblog saya bisa belajar bagaimana supaya blog bisa menghasilkan uang. Faktanya memang tidak mudah menghasilkan uang dari blog butuh konsistensi dan kerja keras. Setahun pertama ngeblog saya belum mampu  menghasilkan uang namun dengan konsistensi saya mulai menghasilkan ditahun berikutnya dan masih berlangsung hingga sekarang.

4.Belajar Multimedia

Ngeblog itu tidak sekedar mampu menulis artikel tapi lebih dari itu dibuthkan juga kemampuan dalam bidang multimedia seperti mengolah gambar atau membuat video untuk menunjang artikel. Mau tak mau Siapa saja yang mau ngeblog dituntut untuk belajar multimedia.

Dengan ngeblog saya mulai mengenal aplikasi Photoshop walaupun tidak semua dikuasai namun setidaknya bisa membuat infografis untuk postingan. Sayapun mulai belajar membuat video untuk diunggah keyoutube yang nantinya diembed kepostingan.

5.Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Bisa jadi uang menjadi pemicu semangat untuk tetap ngeblog meskipun bukan satu-satunya alasan karena memang dari blog bisa menghasilkan uang. Saya sudah membuktikannya sendiri meskipun uang yang saya dapat masih kalah jauh dari blogger profesional seperti Timon Adiyoso, Herman Yudiono, Dian Umbara, Jaenudin Erlangga dan lain-lain tapi saya merasa bersyukur dari menulis saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Saya bersyukur bisa gajian dari Google Adsense meskipun akhir-akhir ini penghasilan terus merosot toh saya masih bisa mendapatkan penghasilan dari jasa backlink atau review. Saat ini saya memiliki 5 Blog TLD, Media Kompilasi, DWISU WEBID,Paling  Untung, Tayanglagi dan Blog ini. Saya juga mengelola 3 blog gratsian Bisnis Warung, Bisa Elektronika dan Audio Terbaru.

Semua blog itu saya anggap sebagai investasi, Jika memang sekarang ini hasilnya menurun saya masih bisa berharap semoga diwaktu mendatang hasilnya lebih baik.


Demikianlah sharing tentang 7 Tahun Ngeblog Dapat Apa, Semoga bisa memotivasi orang lain untuk ngeblog.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar