--> Skip to main content

Ketika Menulis Sudah Menjadi Pekerjaan

Penulis Profesional

INFOPOJOK.WEB.ID – Menulis bagi sebagian orang memang pekerjaan yang mengasyikan, jika sehari saja tanpa menulis sepertinya ada yang terasa kurang. Menulis sebenarnya pekerjaan yang mudah karena setiap orang pasti bisa menulis namun jika tulisan tersebut akan ditujukan untuk orang lain seperti artikel diwebsite itu gampang-gampang susah.

Itulah yang akan terjadi jika Anda menulis diblog. Sebenarnya menulis diblog itu bebas namun apa tujuan Anda menulis diblog? Tentunya agar dibaca orang lain bukan? Bisa memberi manfaat tentunya. Tapi jangan khawatir jika Anda sering berlatih menulis lambat laun tulisan Anda akan semakin bagus sehingga enak dibaca.

Jika Anda sudah mahir menulis diblog, jumlah artikelnya banyak tak menutup kemungkinan menulis menjadi pekerjaan tetap yang menghasilkan uang layaknya pekerjaan lain. Banyak cara menghasilkan uang dari menulis ini sebut saja menjadi penulis freelance website, influencer atau Adsense.

Berbicara tentang menulis sebagai pekerjaan, saya ingin berbagi pengalaman menghasilkan uang dari kegiatan menulis ini dan masih berlangsung hingga sekarang.


Menulis Sudah Menjadi Hobi

Sejak masa sekolah saya suka sekali menulis apa saja dulu sih pernah punya cita-cita jadi penulis novel. Selepas lulus sekolah dan bekerja jadi buruh Pabrik di Bekasi  Jawa Barat. Waktu itu saya belum kenal dengan blog. Boro-boro blog, internet juga saya belum paham.

Namun setelah saya berhenti kerja dan memilih usaha sendiri barulah saya mulai mengenal blog. Saya beruntung bisa mengenal blog karena saya bisa menyalurkan hobi menulis yang sekian lama terpendam. Dari bloglah saya bisa mengasah kemampuan menulis. Awalnya saya terasa kaku dalam menulis tapi lambat laun bisa lancar menulis.

Enaknya menulis diblog itu saya bisa tahu artikel yang saya tulis disukai pembaca atau tidak yang bisa dilihat dari jumlah penayangannya atau banyaknya komentar yang masuk. Menulis bagi saya pekerjaan yang menyenangkan jadi tidak pernah merasa bosan. Itulah yang membuat saya bisa bertahan menjadi penulis diblog selama 7 tahun lebih.

Menjadi Penulis Profesional

Ketika tulisan Anda sudah disukai pengunjung sehingga orang akan percaya kalau Anda memiliki kemampuan dalam menulis disinilah pundi-pundi rupiah akan datang. Hanya dengan menulis Anda bepeluang mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber sekaligus.

Saya setuju sekali dengan pernyataan ini karena saya sudah membuktikannya sendiri. Saya sudah bisa menghasilkan uang dari iklan Google Adsense yang terpasang dibeberapa blog saya. Saya juga bisa menghasilkan uang dengan cara bekerja sama dengan brand tertentu seperti Tokopedia atau Bukalapak dalam bentuk artikel review atau biasa disebut pekerjaan Influencer.

Wajar jika kemudian saya memproklamasikan diri sebagai seorang "Content Writer" (Penulis Artikel). Pekerjaan saya tiap harinya memang tak jauh-jauh dari menulis artikel baik untuk kepentingan update blog maupun kepentingan Klien jasa artikel review.

Menurut saya cukup layak menulis dijadikan pekerjaan karena pasarnya masih terbuka lebar, kalaupun saat ini belum mendapatkan tawaran kerjasama dari pihak lain masih tetap berpeluang menghasilkan uang dari cara lain seperti Adsense.

Pekerjaan menulis banyak keuntungannya tidak hanya dari sisi materi tapi non materi seperti kepuasan batin, tersalurkan hobi, memaksimalkan waktu, melatih otak atau memberi manfaat bagi orang lain.

Buat Anda yang ingin menjadi penulis jangan tunggu lama-lama segera buat tulisan pertama Anda, kedua dan seterusnya. Saya yakin Anda Bisa! 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar