--> Skip to main content

Tak Kunjung Dapat Kerja? Lakukan Ini

Bengkel Motor

INFOPOJOK.WEB.ID – Saya punya teman sesama penjual makanan yang memiliki anak baru lulus sekolah SMK namun hingga setahun ini tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Padahal segala cara sudah dicoba mulai dari mencari lowongan pekerjaan sendiri hingga mencari pekerjaan melalui Yayasan penyalur tenaga kerja.

Saya sebagai teman sering menyarankan agar sambil menunggu pekerjaan sebaiknya anaknya membekali diri dengan ilmu yang bermanfaat misalnya menjadi youtuber, blogger atau yang berhubungan dengan internet lainnya. Namun sayangnya anak teman saya ini tidak tergerak untuk melakukan hal-hal yang saya sarankan padahal dirumahnya ada 1 set komputer dan koneksi internet unlimited.

Apa yang dialami anak teman saya ini mungkin juga menimpa lulusan sekolah lainnya dimana hanya berharap mendapatkan perkerjaan di PT. Menurut saya jika hanya menunggu lowongan pekerjaan saja kurang tepat karena jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja. Misalkan beruntung mendapatkan pekerjaan, itupun kebanyakan sistemnya kontrak yang tidak menjamin masa depan.

Baca juga : Pesan untuk Para Lulusan Sekolah yang Mau Kerja

Ada beberapa hal yang bisa dilkukan jika sampai detik ini tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Berikut informasinya :

1.Mengikuti Pelatihan/Kursus

Dari pada menunggu-nunggu sesuatu yang belum pasti lebih baik memanfaatkan waktu untuk sesuatu yang produktif salah satunya dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang berorientasi pada wirausaha atau entrepreneur. Contohnya kursus elektronika, Montir sepeda motor, Setir mobil,Desain grafis, Memasak, Komputer dan masih banyak lagi.

Peluang mendapatkan ilmu dizaman sekarang lebih mudah karena ada YouTube atau grup FB atau WA. Contohnya saya sudah kursus elektronika terus ingin memperdalam ilmu perbaikan maka saya bisa mencari video yang berkaitan dengan perbaikan perangkat elektronika.

2.Manfaatkan Koneksi Internet

Sekarang ini akses internet sudah mudah didapatkan bahkan dibeberapa tempat ada akses internet unlimited Wifi yang biaya langganannya terjangkau. Tak heran jika sekarang ini setiap rumah sudah ada akses internet Wifinya.

Jika memang dirumah Anda ada akses internet unlimited kenapa tidak dimanfaatkan untuk sesuatu yang produktif bahkan bisa menghasilkan uang. Menghasilkan uang dari internet itu sekarang ini sudah menjadi trend. Banyak cara agar bisa menghasilkan uang dari internet seperti jual barang atau jasa, Jual foto, menjadi blogger atau Youtuber, menjadi influencer atau buzzer dan masih banyak lagi.

Silahkan cari informasinya melalui Goolge atau Youtube, tinggal cari mana yang paling mudah. Tapi perlu diingat jangan mudah percaya dengan iklan yang menawarkan peluang usaha yang menjanjikan uang jutaan rupiah dalam waktu sekejab.

3.Magang Kerja

Jika saat ini Anda memiliki keahlian tertentu bisa mencoba magang kerja diusaha rumahan misalnya bisa memperbaiki sepeda motor magang ke bengkel motor. Tak masalah jika nantinya digaji dibawah UMR yang terpenting adalah pengalaman yang akan anda dapat. Jadi nantinya jika pengalamannya sudah cukup banyak bisa membuka bengkel sendiri.

Bisa juga mencari pekerjaan diusaha rumahan  yang bergerak dipengolahan makanan misalnya jadi karyawan martabak atau ayam goreng. Walaupun nantinya gajinya kecil namun anda akan mendapatkan pengalaman yang bisa anda manfaatkan untuk buka usaha sendiri.

Contohnya saya sendiri dulu setelah lulus sekolah sambil menunggu mendapatkan pekerjaan saya menjadi karyawan usaha martabak hingga saya jadi tahu cara pengolahan martabak. Ketika saya berhenti dari pekerjaan saya bisa merintis usaha martabak sendiri.

Semoga bermanfaat !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar