--> Skip to main content

Mengenal Amplifier Class A

amplifier

INFOPOJOK.WEB.ID – Peran perangkat atau bagian amplifer dalam sistem audio cukup penting dimana fungsi utamanya menguatkan sinyal masukan menjadi berkali-kali lipat sehingga suara yang dihasilkan jadi lebih kuat dan bertenaga. Namun sebelum perkembangan amplifier sudah seperti sekarang ini ternyata bagian ampifier ini memiliki beberapa jenis atau kelas.

Masing-masing kelas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga yang paling banyak diterapkan adalah yang nilai efesiensinya besar namun hemat tegangan.

Sebagai pecinta audio tak ada salahnya mengetahui kelas-kelas amplifier baik sebagai pegetahuan atau eksperimen.

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi seputar Amplifier Class A. Sebenarnya ada 5 kelas Amplifier namun kali ini cukup 1 kelas dulu biar lebih fokus dan mudah memahaminya. Oke Silahkan simak informasinya berikut ini :

Amplifier Class A   

Sistem Amplifier yang termasuk dalam kelas A merupakan sistem yang sudah jarang digunakan dalam dunia penguat audio jadi termasuk langka. Keunggulan dari amplifier kelas A adalah sangat jelas terlihat pada sifat liniernya yang cukup bagus.

Pasalnya sistem yang digunakan pada kelas ini mampu menghasilkan syarat masukan dan keluaran pada tingkat output seperti dalam bentuk aslinya meskipun penguatan yang dilakukan hanya sedikit. Kekurangan dari amplifier kelas ini sangat tidak efesien.

Karena Amplifier kelas A ini hanya memiliki efesiensi yang sangat rendah, menjadikan amplifier kelas ini hanya digunakan untuk level rendah.

Meski sudah jarang ada dipasaran tapi karena memiliki sifat linier yang bagus serta distorsinya yang cukup rendah, hal ini menjadi alasan bagi sebagian pecinta audio yang memilih amplifier kelas A.

Demikianlah Informasi singkat seputar Amplifier Class A Semoga bisa menambah wawasan Audio mania.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar