--> Skip to main content

Peluang Usaha Makanan Ringan Kiloan

Peluang Usaha Makanan

INFOPOJOK.WEB.ID – Apapun usahanya kalau ada hubungannya dengan makanan akan selalu ada peminatnya. Itulah kenapa peluang usaha makanan hingga saat ini masih menjadi pilihan diantara sekian banyak jenis peluang usaha. Namun usaha makanan bukan tanpa resiko, jika tak cermat memilih usaha makanannya bisa-bisa justru berujung gulung tikar.

Pengalaman buruk seperti ini pernah dialami Kakak saya dimana kakak saya ini gagal saat mencoba usaha makanan ayam geprek padahal modal yang dikeluarkan sudah banyak. Salah satu penyebabnya jumlah pembeli tidak sesuai yang diharapkan sedangkan bahan bakunya yaitu daging ayam tidak tahan lama sedangkan kakak saya ini belum berpengalaman dalam usaha ayam geprek ini.

Pelajaran dari cerita nyata diatas adalah kalau mau menekuni peluang usaha makanan pilih yang resikonya kecil artinya makanannya tidak cepat basi bahkan bisa dijual untuk keesokan harinya. Salah satunya adalah peluang usaha makanan ringan atau snack kiloan.

Berbicara tentang peluang usaha makanan ringan ini saya punya pengalaman mengenai usaha keripik singkong, pisang dan ubi. Secara umum usaha ini sangat menguntungkan karena barang yang saya jual adalah makanan ringan yang tahan lama. Jadi jarang sekali saya buang modal atau buang barang yang rusak karena meski hari ini tidak laku masih bisa dijual besok atau besoknya lagi sampai stoknya benar-benar habis.

Hanya saya kelemahannya adalah keripik tersebut harus diolah sendiri dari mulai mencari bahan baku hingga mengolahnya menjadi keripik dan itu cukup menguras tenaga. Meskipun usaha tersebut menguntungkan namun saya memutuskan untuk berhenti karena stamina kedodoran.

Baca Juga : Toko Kelontong Modal 1 Jutaan Mungkinkah? 

Nah dari pengalaman saya di atas bisa dijadikan referensi kalau mau mencari peluang usaha makanan pilih yang tidak mudah basi dan salah satunya adalah makanan kering atau kue kering seperti keripik, kacang, kue stik, sukro, pilus dan lain-lain.

Makanan ringan atau kue kering sering diburu konsumen sebagai camilan atau untuk sajian acara acara tertentu seperti pengajian, arisan atau untuk sajian tamu yang datang kerumah.

Persiapan Merintis peluang usaha makanan ringan atau kering

1.Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi ini sangat penting karena lokasinya harus strategis salah satu cirinya di pinggir jalan jadi mudah dilihat banyak orang yang lalu lalang. Sebaiknya lokasi milik sendiri jadi modalnya tidak banyak atau kalau mau sewa lapak yang murah saja karena usaha ini sifatnya jangka panjang karena pertama buka belum tentu langsung dapat pelanggan.

 

2.Pemilihan Distributor/Pemasok

Langkah ini juga penting sebelum memutuskan untuk merintis peluang usaha makanan ringan/kering cari dulu pemasok atau distributornya, kalau sudah ketemu baru bisa buka. Caranya bisa mendatangi toko grosir yang memang menyediakan aneka kue kering sambil mencari informasi distributor yang bisa memasok langsung yang biasanya menggunakan mobil boks mendatangi toko kue kering. Jenis kue keringnya usahakan yang umum dipasaran. Untuk mengetahuinya bisa survey langsung ke toko kue kering ini.

2.Promosi

Langkah selanjutnya tentu saja mempromosikan usaha makanan ringan Anda. Jika lokasinya strategis tentunya tinggal menunggu pembeli datang, namun untuk menarik minat pembeli bisa memasang spanduk atau menampilkan harga kue yang paling menarik. Berikan bonus jika beli nya banyak  atau diskon.

Selain itu bisa juga memanfaatkan grup WA atau jual beli di Facebook secara teratur meski tidak ada interaksi. Lama kelamaan toko kue anda akan dikenal konsumen sehingga sauatu saat jika butuh langsung datang atau memesan kue kering ke toko Anda.

Demikianlah informasi seputar Peluang Usaha Makanan Ringan Kiloan, Semoga Bermanfaat!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar