--> Skip to main content

Toko Kelontong Modal 1 Jutaan Mungkinkah?

Toko Kelontong
 

INFOPOJOK.WEB.ID - Saat pandemi seperti sekarang Masyarakat dituntut lebih kreatif dalam mencari nafkah karena banyak yang terimbas sehingga daya beli masyarakat tidak seperti dulu sebelum masa pandemi melanda. Untungnya pemerintah menyadari situasi ini sehingga dalam mengurangi dampak yang lebih buruk, pemerintah meluncurkan program bantuan bagi mereka yang terdampak contohnya Kartu Pra Kerja, Bantuan Langsung Tunai, Bantuan UMKM atau bantuan untuk Pekerja. Bantuan ini bisa dimanfaatkan salah satunya untuk merintis usaha toko kelontong modal 1 jutaan.


Mungkin Anda bertanya-tanya, mungkinkah dengan uang 1 juta membuka usaha toko kelontong? Saya bisa memberikan Jawaban bisa. Saya sendiri sudah melakukannya. Dokumentasinya bisa Anda lihat di video yang akan saya lampirkan dibawah. Video itu saya buat saat saya baru belanja barang untuk mengisi toko kelontong.


Jika Anda saat ini memiliki simpanan atau uang lebih 1 jutaan tak ada salahnya untuk memutar uangnya untuk membuka usaha toko kelontong dari pada akhirnya uangnya habis tak jelas. Nantinya jika usahanya berjalan keuntungannya bisa digunakan untuk memperbesar toko kelontong jadi lebih lengkap.


Baca Juga : 5 Ide Usaha Rumahan Menyasar Anak Anak 


Kemudian bagaimana caranya dengan modal 1 jutaan bisa buka toko kelontong berikut informasi selengkapnya


Alat yang dibutuhkan

Karena modelnya terbatas maka alat yang dibutuhkan juga seadanya contoh tidak perlu membuat tempat khusus seperti toko karena modalnya banyak harus merehab rumah terus harus pasang rolling door, sementara cukup memanfaatkan ruang tamu atau bisa juga di teras rumah dengan menggunakan meja kayu lalu gantungan yang terbuat dari bambu jadi modalnya tidak besar. Begitu pula dengan etalase untuk sementara tidak perlu menggunakannya nanti kalau tokonya sudah berjalan barulah sedikit demi sedikit membeli alat yang lebih memadai.


Kecuali kalau rumah Anda sudah ada ruang tokonya atau sudah punya etalase silahkan gunakan. Contohnya saya, dirumah saya sudah ada tokonya dan sudah punya etalase bekas jualan baju jadi bisa dimanfaatkan.


Jangan berkecil hati meskipun tidak pakai etalase atau ruang toko khusus karena banyak juga toko kelontong semacam ini. Intinya pandai-pandai memanfaatkan properti yang ada di rumah dan toko kelontong bisa berjalan meski kecil-kecilan. 


Kemana harus mendapatkan barang? 

Cukup mudah anda tinggal datang ke toko grosir sembako, anda tinggal berbelanja sesuai modal yang ada, saran saya pilihlah barang-barang yang banyak dibutuhkan orang tapi modelnya murah contoh rinso sachet 1 lusin cuma 10.500 usahakan membeli barang yang tiap harinya anda juga memakainya jadi anda tak perlu beli kak tokoh lain contohnya pulsa elektrik, sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, pewangi baju, gula pasir, kopi, teh, mie instan, minyak goreng, garam, bumbu dapur, terigu,

 Belanja tak perlu banyak-banyak cukup lusinan atau pak yang penting barangnya banyak tapi sedikit-sedikit jadi kalau pas ada yang beli selalu ada. Berhubung kadang 1 jenis barang misalnya sabun mandi banyak mereknya usahakan menyediakan minimal ada 1 merk misalnya lifebuoy.


Contoh daftar belanja barang ( Hanya sebagian saja)  :

1.Kopi Abc susu sachet 1 renceng ( Isi 10)

2.Kopi Kapal Api Mix 1 renceng

3.Kopi White koffie 1 renceng

4.Kopi Good Day Mocacino

5.Teh sariwangi sachet 1 Lusin

6.Rinso bubuk sachet 1 Lusin

7.Rinso cair 1 lusin

8.Shampo lifebuoy sachet 1 lusin

9.Shampo clear sachet 1 lusin

10.Shampo pantene 1 lusin

11.Downy pewangi baju sachet 1 lusin

12.Molto pewangi baju 1 sachet

13.Soklin lantai sachet 1 lusin

14.Lifebuoy sabun mandi 1 lusin

14.Royco sachet 1 lusin

15.Masako sachet 1 lusin

16.Ladaku 1 lusin

17.Bango kecap sachet 1 lusin

18.Garam dapur 1 Pak

19.Terigu 2 kg ( kemasan 250 gram)

20.Telor 2 kg

21.Indomie soto 10 pcs

22.Indomie ayam bawang 10 Pcs

23.Indomie goreng 10 pcs

24.Deposit pulsa elektrik


Pengelolaan toko kelontong

Karena modalnya terbatas Anda harus pandai-pandai memutar modal, untuk itu sebaiknya segera belanja kalau barangnya habis jangan sampai pas ada yang beli barangnya kosong. Amati barang-barang mana yang memang laku dan stok bisa ditambah, misalnya tadinya 1 lusin ditambah menjadi 2 lusin.


Hindari menambah item barang baru yang belum ada yang menanyakan kecuali kalau memang dipakai sendiri jadi misalnya tidak laku bisa dipakai sendiri. Sebaiknya keuntungan yang anda dapat diputar lagi untuk menambah stok barang karena modalnya kecil keuntungan juga masih kecil


Untuk lebih jelasnya Silahkan tonton video berikut ini :

youtube image

Kesimpulannya buka toko kelontong dengan modal 1 juta itu bisa meski tokonya kecil-kecilan.


Semoga Bermanfaat!.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar