--> Skip to main content

10 Contoh Usaha Kecil-kecilan Menguntungkan

Contoh Usaha kecil

INFOPOJOK.WEB.ID – Ada yang mengatakan kalau mau usaha sendiri itu dari yang kecil dulu jangan langsung besar. Pendapat ini ada benarnya karena kalau memulai usaha yang besar itu selain modalnya besar resikonya juga besar apalagi dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman. Berbeda dengan usaha kecil-kecilan karena modalnya kecil resikonya juga kecil namun jika usahanya sudah berjalan bisa dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar. Contoh usaha kecil-kecilan yang akan saya bagikan kali ini bisa menjadi referensi buat Anda yang ingin merintis sebuah usaha dari nol.

 

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya dimana saat ini saya juga menekuni sebuah usaha kecil-kecilan dalam bidang makanan. Nah dalam keseharian saya sering bertemu dengan teman seprofesi jadi saya juga tahu usaha kecil-kecilan yang menguntungkan terbukti teman-teman saya bisa menghidupi keluarganya.

 

Kelebihan dari contoh usaha kecil-kecilan yang saya bagikan adalah modalnya kecil tapi cepat menghasilkan. Asalkan tekun dan rajin jualan saya yakin hasilnya menjanjikan. Kelebihan lainnya barang yang dijual dibutuhkan atau diminati orang jadi selalu ada peminatnya yang penting lokasinya tepat. Baiklah berikut ini informasi selengkapnya :

  

10 Contoh Usaha Kecil-kecilan Menguntungkan

  

1.Usaha Martabak Mini Manis

Untuk merintis usaha ini cukup mudah bahkan dengan bermodalkan sebuah cetakan martabak mini seharga 100 ribuan ditambah bahan baku sudah bisa memulai usaha kecil-kecilan ini. Peminatnya juga selalu ada dan kebanyakan anak-anak. Dengan harga jual mulai seribu rupiah membuat daya belinya terjangkau buat siapa saja.

Omset akan menjanjikan jika jualannya di tempat yang ramai seperti pasar tradisional atau jualan keliling. Dengan modal terigu 1 kg aja bisa mendatangkan omset minimal 70 ribuan apalagi jika bisa menghasilkan berkilo-kilo terigu. Pemasarannya juga banyak pilihan mulai dari ditip[kan diwarung-warung, dipasarkan melalui media sosial, mangkal hingga keliling.

Baca juga : Peluang Usaha Makanan Ringan Kiloan 

2.Usaha Pulsa Elektrik

Nah ini salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang modalnya juga kecil cukup mengeluarkan modal 50 ribuan saja sudah bisa. Perlu saya garis bawahi mendaftar menjadi penjual pulsa itu gratis jadi tak perlu mencari yang ada biaya pendaftarannya karena yang model begini biasanya sistem MLM, dimana penghasilannya dari merekrut member.

Usahakan mencari distributor pulsa yang termurah dan kalau bisa satu daerah atau bisa datang langsung jadi tidak perlu transfer uang pulsa. Usaha pulsa ini sistem belanja pulsanya dengan cara deposit sejumlah uang dimana nanti kalau ada yang beli pulsa jumlah depositnya akan berkurang. Harga pasaran juga sudah seragam jadi pembeli tidak takut kemahalan misalnya pulsa nominal 10 ribu dijual 12 ribu.

3.Usaha Minuman Ringan Seduh

Jika disekitar lingkungan Anda banyak anak-anak contoh usaha kecil-kecilan yang satu ini sangat cocok karena namanya juga anak-anak menyukai minuman yang dingin-dingin. Anda tak perlu membuat sendiri makanannya cukup  membeli minuman sachet yang bisa anda beli di toko grosir sembako contohnya Teh Sisri, Jas Jus, Marimas, Nutrisari, Pop Ice dan masih banyak lagi.

Nantinya minuman ringan tadi diseduh pakai air isi ulang pakai plastik ditambahkan es batu dan sedotan. Harga jualan nya berkisar seribu rupiah tergantung jenis minumannya.

4.Usaha Cilok

Usaha makanan yang satu ini patut anda coba karena memang modalnya kecil tapi banyak peminatnya apalagi jika sambalnya pedas. Bahan baku nya juga mudah didapat diantarnya Tepung tapioka, terigu, daun bawang dan bumbu. Makanan ini disajikan dalam keadaan hangat jadi lebih enak disantap dan harga jualnya juga murah.

Biasanya cilok itu disajikan dengan sambal kacang tapi tak ada salahnya jika anda membuat terobosan misalnya menyajikan dengan kuah daging sapi.

5.Usaha Aci Gulung

Usaha yang satu ini bermodalkan tepung tapioka ditambah terigu dan bumbu lalu dipanggang tips dengan wajan teflon lalu digulung menggunakan tusuk sate. Jajanan ini cukup digemari oleh anak-anak karena rasanya gurih dan pake tusuk sate.

Harga jualnya mulai seribu rupiah per tusuk dan kadang 1 anak membeli lebih dari satu sehingga omsetnya juga jadi lumayan. Karena konsumennya anak-anak diusahakan jual nya di tempat anak-anak banyak berkumpul misal di sekolah atau pengajian.

6.Usaha Kue Pukis

Usaha kecil-kecilan yang satu ini sering dijumpai di pasar-pasar tradisional hingga detik ini. Harganya yang murah dan rasanya yang manis membuat camilan ini masih cukup digemari. Bahan-bahan yang dibutuhkan Diantaranya terigu, gula, telur, santan dan pengembang.

Merintis usaha ini mudah karena peralatan minimal yang dibutuhkan kompor dan cetakan pukis yang bisa anda temukan di toko online. Tinggal menentukan jalannya bagaimana mau mangkal atau keliling, buat gerobak yang sesuai.

7.Usaha Bihun Telor

Kelihatannya usaha makanan yang satu  ini kurang menjanjikan tapi sebenarnya peluangnya juga bagus. Makanan yang satu ini cara penyajiannya sebagai berikut, bihun yang sudah direbus digoreng kemudian di kucurkan telur lalu di gulung pakai tusukan sate dan diberi sambal atau kecap.

Untuk merintis usaha ini alat yang diperlukan diantaranya penggorengan kecil dan kompor. Kebanyakan cara jualannya dengan berkeliling sehingga paling tidak anda memiliki gerobak motor atau kalau memang tidak ada bisa jualan depan rumah, cukup dengan meja.

8.Usaha Martabak Telur Mini

Contoh usaha kecil-kecilan berikutnya adalah usaha martabak telur mini atau biasa orang menyebut MARTEL. Cara penyajian makanan ini cukup unik, kulit lumpia dipanggang diatas wajan datar kemudian diolesi telur, ditambah daun bawang, mie rebus, potongan sosis dan taburan bumbu.

Makanan ini disajikan dalam keadaan panas jadi rasanya nikmat dan banyak disukai anak-anak. Peralatan yang dibutuhkan juga sederhana di antaranya kompor, wajan datar dan peralatan pendukung. Jika ingin omsetnya bagus sebaiknya jualannya keliling mencari anak-anak berkumpul.

9.Usaha Es Jepit

Ide usaha yang satu ini sangat sederhana dan mungkin tidak banyak yang mengetahuinya bagaimana tidak dengan bermodalkan es batu dan sirup sudah bisa membuka sebuah usaha makanan yang biasa disebut Es jepit. Cara penyajiannya begini es batu diserut manual kemudian ditampung dengan tatakan gelas plastik lalu masukkan stik es krim di tengahnya baru dijepit dengan tutup gelas dan terakhir diberi sirup dan susu kental manis.

10.Usaha Bakso Bakar

Contoh usaha kecil-kecilan berikutnya masih berkaitan dengan makanan tapi unik dimana biasanya bakso disajikan dengan kuah tapi bakso yang satu ini disajikan dengan dibakar seperti sate. Bakso yang berukuran kecil-kecil ditusuk seperti sate kemudian dibakar dan diberi kuah kecap/kacang.

Karena dibakar aromanya jadi enak sehingga banyak yang suka meski baksonya ukurannya kecil-kecil. Untuk merintis usaha ini tentunya harus menguasai pembuatan bakso. Jika ingin hemat membakarnya bisa menggunakan arang tapi bisa ingin praktis pakai kompor gas khusus yang untuk membakar.

 

Bagaimana menurut Anda setelah membaca artikel ini kira-kira contoh usaha kecil-kecilan mana yang menarik dan ingin Anda coba? Corat-coret di komentar ya ! 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar