--> Skip to main content

Ingin Belajar Digital Marketing? Ini Materi Pentingnya.

Digital Marketing


INFOPOJOK.WEB.ID - Menurut  Ridwan Sanjaya digital marketing adalah Kegiatan Marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, email, adwords atau media sosial. Banyak keuntungan jika belajar digital marketing contohnya nantinya jika sudah berbisnis modalnya tidak harus besar, tidak terbatas ruang dan waktu serta mampu menjangkau konsumen yang lebih luas.

Apalagi saat kondisi pandemi seperti sekarang ini jika hanya mengandalkan pemasaran konvensional hasilnya kurang memuaskan, banyak yang mengeluh omsetnya turun. Berbeda jika memanfaatkan digital marketing sampai saat ini masih banyak yang bisa bertahan bahkan tetap meraup untung contohnya saja di situs marketplace tetap ramai pembeli belum lagi di media sosial.

Jika Anda ingin belajar digital marketing itu sebuah langkah yang tepat karena bisa membantu kesuksesan bisnis Anda. Kemana belajarnya? Bebas, kalau punya uang yang cukup bisa ikut workshop/pelatihan Digital marketing. Pilihan lainnya yang lebih murah adalah belajar secara otodidak melalui internet. Disana bertebaran tehnik-tehnik seputar digital marketing ini tinggal dipahami kemudian di praktekkan.

Sebelum memutuskan untuk belajar digital marketing ada baiknya mengetahui dulu apa saja materi-materi pentingnya sehingga dalam belajarnya lebih terarah. Kabar baiknya saya akan membagikan informasi seputar hal-hal yang berkaitan dengan digital marketing yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya belajar secara otodidak atau mengikuti pelatihan.

Belajar digital marketing tak bisa lepas dari 5 Hal ini:


1.Website

Menurut Wikipedia website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada di sebuah program komputer yang sama berisikan kumpulan informasi yang ditulis atau dikelola oleh perorangan, kelompok atau organisasi.

Informasi yang sedang anda baca ini salah satu contoh website yang berjenis blog atau web log. Dengan adanya website akan lebih mudah mempromosikan sebuah produk baik itu berupa artikel review maupun advertorial.

Semakin banyak publik mengakses website tentunya akan semakin baik karena peluang untuk terjadinya transaksinya akan semakin besar. Contoh saya menulis artikel tentang review sebuah peralatan memasak dan di akhir artikel saya cantumkan nomor ponsel. Artikel ini ternyata banyak yang mengunjungi atau membaca, otomatis jika pengunjung website tertarik akan menghubungi nomor yang tercantum.

Sebuah website pasti memiliki nama domain dan alamatnya (URL) contoh https://www.tokopedia.com/. https merupakan jenis protocol yang digunakan, www.tokopedia.com dalah nama domain.

Jika dilihat dari fungsinya, website memiliki beberapa jenis diantaranya :

  1. Blog
  2. Toko Online (Ecommerce)
  3. Website perusahaan
  4. Website Organanisasi/insansi pemerintah
  5. Website Sharing

Jika Anda ingin memiliki website bisa menggunakan website berbayar atau website gratisan. Jika Anda ingin menggunakan website berbayar harus membeli/mendaftarkan domain dan menyewa hosting namun jika menginginkan website gratisan menggunakan platform webster/blog gratisan seperti blogspot atau wordpress.

Website berbayar memiliki nilai lebih di mata pengunjung karena lebih profesional sehingga jika nantinya website digunakan untuk jualan (Toko online) disarankan menggunakan website berbayar.

Susah nggak ya membuat website?

Sebenarnya tidak!

Saya sendiri pertama kali belajar digital marketing pada tahun 2011 dan waktu itu pengetahuan saya seputar website masih nol. Namun setelah saya belajar otodidak saya bisa membuat blog pertama saya. Seiring berjalannya waktu saya bisa membuat blog-blog berikutnya dan yang menarik blog-blog tersebut bisa menghasilkan uang.


2.SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu bagian penting dalam digital marketing yang perlu dikuasai alasannya Return of investment paling tinggi dibandingkan dengan teknik lain. Tujuan akhir dari SEO ini adalah website atau page bisa tampil dihalaman pertama Google. Kenapa harus Google? Karena mesin pencari terbesar saat ini adalah google. Publik akan mencari informasi apapun melalui Google ketimbang mesin pencari lain seperti Yahoo, Bing atau yandex.

Dengan tampilnya website di halaman pertama berpeluang mendapatkan trafik gratis dari Google sehingga peluang konversi penjualan pun akan semakin besar. Perlu Anda ketahui tampilnya sebuah website di halaman pertama Google butuh proses yang panjang tidak bisa diraih dalam tempo yang singkat.

SEO ini terdiri dari 4 proses yakni Keyword research (Riset kata Kunci), On page optimization, Off page optimization, measurement & analysis (Analisa Hasil). Semua proses itu saling berkaitan sehingga Anda perlu melakukan semuanya untuk hasil yang terbaik.

Harus diakui sekarang ini persaingan untuk bisa tampil dihalaman pertama Google cukup berat apalagi untuk kata kunci yang menjual (Buying Keyword) seperti Kata kunci yang diawali, harga, review, jual, beli dan lain-lain hampir sebagian besar dikuasai oleh web Ecommerce besar seperti Tokopedia, Bukalapak dan lainnya.

Namun tetap ada celah atau peluang tetap ada dengan membidik kata kunci yang persaingannya rendah misalnya dengan long tail keyword (Kata kunci panjang).

Tempat belajar SEO ini cukup banyak khususnya yang secara online tapi tentu berbayar. Jika mau yang gratis bisa dengan belajar otodidak. Saya pikir Anda bisa menguasainya karena banyak sekali tutorial di website atau youtube.

Dulu saya juga belajar SEO secara otodidak dengan membaca artikel di blog yang temanya SEO, membaca ebook atau menonton video tutorial di youtube. Meski belajar otodidak nyatanya tak sedikit kata kunci yang saya bidik bisa masuk ke halaman awal Google sehingga bisa mendatangkan trafik ke website saya.

Untuk menambah wawasan SEO ini saya juga mengikuti pelatihan di Skill Academy dengan mengambil kelas SEO sehingga saya pun bisa membawa pulang sertifikat. Setelah mengikuti kelas ini saya pun jadi Paham kalau materi tentang SEO pada dasarnya semuanya sama hanya saja kalau mengikuti pelatihan lebih detail.


3.Iklan berbasis PPC (Pay per Click)

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah website kemudian di halaman website itu ada iklannya? Nah jika iklan tersebut anda klik yang nantinya akan mengarah ke website pengiklan, si pengiklan harus membayar ke penyedia iklan contohnya ke Google Ads itulah yang dinamakan SEM (Search engine Marketing) kebalikan dari SEO.

Website Anda akan tampil dihalaman awal Google dengan label Ads atau iklan. Dengan cara ini siapapun yang memiliki modal untuk berjualan akan bisa menampilkan websitenya dihalaman awal Google berbeda dengan SEO harus bersaing dengan website lain.

Digital marketing ini merupakan cara cepat untuk mempromosikan produk sehingga cepat mendatangkan pembeli dan biayanya juga lebih hemat daripada memasang banner iklan di situs-situs besar karena biasanya sistemnya sewa bulanan, meski bannernya tidak ada yang klik pengiklan harus tetap bayar.


4.Pemasaran Afiliasi

Saya masih ingat pertama kali saya belajar digital marketing saya langsung mendaftar sebagai affiliate di beberapa website. Memang bisnis affiliasi ini relatif mudah dan cocok untuk mereka yang tidak ingin keluar modal. Tugasnya hanya mempromosikan link affiliasi ke website jika nantinya ada yang membeli melalui link tersebut saya kan mendapatkan komisi.

Pemasaran afiliasi adalah strategi marketing di mana pemilik produk (toko online) membayar komisi kepada affiliate pihak ketiga setiap kali upaya pemasaran afiliasi itu menghasilkan konversi yang diinginkan bagi toko online.

Dengan pemasaran afiliasi ini cukup menguntungkan bagi toko online (Pemilik produk) karena semakin banyak yang mempromosikan produknya tanpa harus membayar iklan.

Pemasaran afiliasi ini bisa menjadi batu loncatan bagi mereka yang ingin memiliki toko online namun belum ada modal.

Jika Anda memiliki sebuah produk atau jasa dan ingin dipasarkan melalui pemasaran afiliasi maka anda harus memiliki sistem website affiliasi. Nantinya website ini bisa digunakan untuk mendaftar sebagai affilate sehingga mendapatkan link afiliasi serta mengelola affiliate, komisi serta referal.


5.Dropship

Dropship adalah sistem pemasaran dan penjualan produk secara online dengan konsep reseller (jual uang) namun tak perlu membeli dulu produknya dari suplier sehingga memungkinkan Anda untuk menjual sebuah produk tanpa tanpa stok.

Dengan pemasaran dropship akan menguntungkan kedua belah pihak baik suplier maupun dropshipper ( reseller). Supplier tinggal menyediakan stok yang cukup dan mengirimkan produk sedangkan dropshipper yang mencari pembeli.

Jika suatu saat Anda memiliki sebuah produk yang bisa dijual secara online tidak ada salahnya memanfaatkan pemasaran dropship ini. Biasanya supplier yang sudah mengerti kelebihan dropship ini akan selalu Welcome buat para dropshipper.

Begitu pula jika Anda ingin menjual produk secara online tapi tak punya stok bisa memanfaatkan sistem dropship ini, Anda tinggal mencari supplier yang terpercaya. Alur transaksinya adalah pembeli memesan produk ke Anda dan melakukan pembayaran kemudian Anda meneruskan pesanannya ke supplier.

Jika Anda pemula bisa memanfaatkan marketplace untuk mendapatkan supplier dengan harga termurah. Kebetulan saya juga sudah [pernah mencoba dropship ini dan ternyata bisa mendatangkan penjualan. Produk yang saya jual berupa cetakan martabak mini. Suplier saya dari Tokopedia kemudian saya promosikan melalui website, Youtube dan Facebook.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online dari Nol 

 

6.Media Sosial

Pengguna media sosial di Indonesia semakin hari semakin banyak dan ini tentu menguntungkan untuk digital marketing sehingga perlu dipelajari teknik pemasaran melalui media sosial. Setidaknya ada 3 media sosial yang perlu dimaksimalkan atau istilahnya dijadikan “kolam ikan” dunia maya diantaranya Facebook, Twitter dan Instagram.

Pemasaran melalui facebook bisa ditempuh dengan cara yang gratisan atau berbayar. Jika memilih yang gratis bisa memanfaatkan akun pribadi, grup dan halaman Facebook namun jika ingin berbayar bisa menggunakan facebook ADS.

Jika memilih menggunakan promosi gratisan kekurangannya adalah target pembelinya sangat umum dan promosinya hanya bisa dilihat oleh teman atau follower berbeda jika menggunakan facebook Ads, target pembelinya lebih spesifik sehingga promisnya tertarget dan tak hanya itu jangkauannya juga luas.

Pemasaran melalui instagram bisa dilakukan dengan promosi gratisan dan berbayar. Daya tarik promosi di instagram terletak pada fotonya makanya buat foto yang menarik, unik dan kualitas tinggi dan cantumkan deskripsi serta hastag yang sesuai. Jangan lupa lengkapi profilnya sehingga terlihat profesional.


7.Content Marketing

Pernahkah Anda setelah melihat iklan atau promosi sebuah produk lalu tertarik untuk membeli? Saya yakin konten promosinya menarik. Konten yang membuat pembeli jadi penasaran dan ingin membeli inilah yang disebut content marketing.

Content marketing ini sering digunakan saat mempromosikan produk melalui website atau media sosial. Menurut sebuah riset hampir 95 % perusahaan B2C (Business to customer) menggunakan content marketing sebagai strategi pemasaran karena memang bisa membantu meningkatkan penjualan.

Content marketing semakin dibutuhkan mengingat 67% konsumen membeli [produk setelah mencari informasi ( Searching) di Google. Content marketing ini medianya bisa berupa tulisan  seperti artikel story telling atau copywriting bisa juga berupa banner iklan.

Sebagai seorang digital marketer tentunya harus menguasai content marketing ini agar bisnis onlinenya sukses. Saya sendiri untuk memperdalam ilmu seputar content marketing ini dengan mengambil kelas menulis, Kuasai Teknik Story telling dan creative writing untuk Non Fiksi dan kelas Copywriting : Trik Merangkai Kata untuk tingkatkan Penjualan di Skill Academy.

 

Demikianlah informasi seputar materi penting untuk belajar digital marketing, jika Anda bisa menguasai semua tentu itu sangat bagus.  Semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar