--> Skip to main content

15 Usaha Modal 1 juta rupiah untuk Pemula

Usaha modal 1 juta

Usaha modal 1 juta rupiah terdengar kurang menjanjikan padahal usaha itu tidak harus bermodal besar. Dengan modal 1 juta rupiah tapi perputaran modalnya cepat hasilnya juga akan lebih menjanjikan dari pada modalnya besar tapi perputarannya lambat.

Nah buat Anda yang masih pemula tapi ingin secepatnya memiliki usaha sendiri tak ada salahnya untuk memulai usaha meski hanya bermodalkan uang 1 juta rupiah saja.

Jika Anda masih bingung mencari usaha yang seperti apa, Yuk simak artikel dari Info Pojok berikut ini.

15 Usaha Modal 1 juta rupiah untuk Pemula

1.Usaha es doger

Usaha ini cocok sekali dibuka pada saat musim kemarau. Bahan bakunya tidak banyak dan harganya murah sehingga modalnya kecil. Untuk menghemat modal lakukan pemasaran secara online atau mangkal didepan rumah.

Manfaatkan kulkas dirumah untuk membuat es batu sehingga tidak perlu beli jadi lebih untung.

2.Usaha es mambo

Usaha modal 1 juta rupiah berikutnya cocok buat anda yang ingin usaha yang sifatnya praktis. Membuat es mambo itu cukup mudah jadi siapa saja bisa. Harga jualnya yang murah membuat banyak yang suka terutama dari kalangan anak-anak.

Supaya hasilnya maksimal perlu menggenjot omset dan cara yang paling mudah adalah dengan cara menitipkan kewarung-warung, bagus lagi kalau bisa masuk ke kantin sekolah. Kalau omsetnya bagus tentunya harus punya mesin pendingin yang khusus untuk membuat es.

3.Usaha es cincau

Usaha es cincau bisa menjadi salah satu pilihan yang menguntungkan. Selain menyegarkan cincau dipercaya memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Wajar jika es cincau banyak peminatnya. Untuk merintis usaha ini Anda harus bisa membuat cincaunya yang terbuat dari tumbuhan cincau.

Penyajiannya  cukup ditambahkan santan, sirup gula merah dan es batu.

4.Usaha risoles

Usaha modal 1 juta rupiah selanjutnya cukup mudah dilakukan karena hanya membuat kue risoles. Jika Anda seorang ibu rumah tangga tentu tidak akan menemui kesulitan membuatnya. Daya tarik ada pada isiannya untuk itu buat varian isi yang unik misalnya risoles balado.

Karena makanan ini gorengan butuh waktu yang tepat untuk memasarkannya misalnya pagi hari, siang atau sore.

5.Jual es campur

Usaha berikutnya sudah tidak asing lagi namun peluangnya masih bagus apalagi saat musim kemarau. Bahan-bahannya mudah didapat contohnya cincau hitam, kelapa muda, alpukat, roti tawar dan masih banyak lagi tergantung selera rasanya.

Penggunaan gula asli cukup mempengaruhi rasa dan bisa menjadi daya tarik buat pembeli. Pembeli tentunya menginginkan rasa manisnya pas.

6.Usaha tahu bandung keliling

Jika Anda memiliki kendaraan bermotor usaha modal 1 juta rupiah ini cocok sekali. Caranya juga cukup mudah tinggal mencari perusahaan tahu Bandung lalu kulakan disana. Selanjutnya anda keliling ke perumahan padat penduduk.

Gunakan speaker yang bisa merekam suara jadi nantinya saat berkeliling tinggal dinyalakan sehingga pembeli akan tahu kalau anda jualan tahu bandung.

7.Usaha tahu mercon

Kuliner dengan rasa pedas cukup diminati terutama kalangan wanita salah satunya tahu mercon. Kuliner ini sebenarnya sama dengan tahu isi hanya saja isiannya yang super pedas. Karena bahan utamanya tahu kulit tentunya modalnya relatif kecil.

Pengolahannya juga tidak ribet karena hanya membuat tahu goreng saja jadi cocok sekali untuk pemula yang baru memulai bisnis.

Baca juga : 5 usaha rumahan modal 50 ribu Cocok buat pemula 

8.Usaha bakso ikan

Usaha bakso ikan peluangnya masih bagus karena belum banyak pemainnya seperti bakso daging dan rasanya yang khas ikan membuat konsumen penasaran. Gunakan gelas plastik untuk kemasannya jadi lebih praktis.

Bakso ikan umumnya disajikan bersama kuah kaldu seperti bakso pada umumnya tapi bisa juga dengan cara ditusuk seperti sate atau bakso tusuk.

9.Usaha bakso kemasan

Merintis usaha warung bakso memang tidak cukup dengan modal 1 juta tapi bagaimana kalau hanya menjual baksonya saja? Jadi nantinya baksonya dikemas dengan jumlah tertentu lalu dijual. Usaha ini memang bukan hal baru karena sering dijumpai di tukang sayur.

Namun Anda bisa menawarkan sesuatu yang berbeda misalnya bakso fresh atau bakso yang dibuat sesuai pesanan bukan yang di stok dulu. Tawarkan juga bakso yang sehat tanpa bahan pengawet, pengenyal atau pemutih.

10.Usaha Siomay

Usaha modal 1 juta rupiah yang satu ini perlu Anda coba  karena Siomay itu makanan yang rasanya lezat sehingga banyak peminatnya. Idealnya pemasarannya dengan cara mangkal atau keliling namun itu butuh modal lebih dari 1 juta.

Jalan tengahnya Anda bisa memanfaatkan rumah untuk mangkal dengan meja kayu. Lakukan pemasaran secara online sehingga menjangkau lebih banyak konsumen walaupun harus siap antar atau DO.

11.Usaha Batagor

Usaha berikutnya sudah tak asing lagi namun hingga saat ini kuliner batagor masih cukup diminati karena memang enak apalagi aroma ikan dan sambal kacangnya membuat ketagihan. Bahan utamanya tidak banyak dan pengolahannya mudah.

Sesuaikan bahannya dengan harga jualnya, kalau ingin harganya murah gunakan ikan yang harganya murah atau bisa juga menggunakan daging ayam.

12.Usaha Cilok

Usaha ini cocok untuk pemula karena pengolahannya mudah modalnya juga kecil. Bahan dasarnya menggunakan tepung tapioka, terigu dan bumbu-bumbu. Daya tarik cilok ada pada isiannya dan sambal kacangnya.

Selain menyediakan cilok yang sudah umum sediakan juga varian isi kekinian seperti keju, daging ayam atau sosis.

13.Usaha Bakso Bakar

Cara penyajiannya yang dibakar membuat aromanya cukup menggugah selera, wajar jika usaha bakso bakar tetap ada peminatnya. Jika Anda ingin menghemat modal bisa menggunakan alat pembakar menggunakan arang tapi kurang praktis.

Kalau mau pakai kompor pemanggang silahkan namun harganya akan menguras modal. Harga kompor pemanggang 2 tungku sekitar 400 ribuan dan yang 4 tungku sekitar 700 ribuan.

14.Usaha martabak telur mini

Biasanya martabak telur ukurannya besar sehingga harganya lebih cocok untuk kalangan tertentu saja.Nah kini telah hadir martabak telur dengan ukuran mini yang harganya lebih terjangkau bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Usaha martabak telur mini bisa Anda coba dan tidak banyak peralatan yang harus disiapkan cukup loyang datar beserta kompornya. Bahan bakarnya cukup mudah ditemukan dipasar tradisional seperti kulit risoles, telur, daun bawang, sosis atau bumbu kering siap saji.

youtube image


15.Usaha susu kedelai

Usaha modal 1 juta rupiah yang terakhir ini cara kerjanya cukup sederhana yaitu cukup membuat susu kedelai lalu dibungkus dengan plastik kecil berisi sekitar 200 ml lalu djual dalam keadaan panas atau dingin. Bahannya juga tidak banyak misalnya kedelai dan gula pasir.

Untuk pemarannya bisa dengan cara dititipkan ke penjual makanan atau kalau anda punya kendaraan bermotor bisa jualan keliling.

Penutup

15 Usaha modal 1 juta diatas bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan yang paling potensial di wilayah Anda. Jangan lupa sesuaikan dengan minat anda sehingga dalam menjalaninya tidak terbebani.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar