--> Skip to main content

Cara Menghindari Spam Facebook untuk yang Sering Share URL

Spam facebook


Facebook menjadi tempat yang sangat ampuh untuk mempromosikan website atau blog. Begitu efektifnya mendatangkan pengunjung sampai-sampai webmaster rela mengeluarkan uang melalui iklan facebook.

Bagi yang berkantong pas-pasan mungkin akan memilih share URL melalui postingan atau komentar karena gratis. Namun resikonya terkena spam facebook atau dianggap melakukan spam oleh facebook. Akibatnya postingan atau komentar akan hilang dan yang lebih parah lagi akunnya dibanned baik yang sementara atau permanen.

Pengertian Spam

Menurut Wikipedia Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming 

Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi: spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial. 

Jika merujuk pada pengertian diatas share URL di Facebook tidak sepenuhnya di cap sebagai spam karena ada juga blogger yang sekali atau beberapa kali share URL tidak secara bertubi-tubi apalagi menggunakan software tertentu

Namun faktanya share artikel di postingan atau komentar sering kali di cap spam oleh facebook. Saya sendiri pernah mengalami sekali dimana ada pengguna facebook yang tidak suka kalau saya share url di postingan saya sendiri. Catat ya, di postingan saya sendiri bukan di beranda teman apalagi sengaja chat ke teman.

Dari kejadian ini saya jadi jarang share URL di akun pribadi karena menurut saya cukup rawan untuk di laporkan spam oleh teman yang tidak suka. Saya lebih banyak share URL ke halaman atau grup.

Lalu apa sebenarnya kriteria Spam menurut facebook?

Dalam situs resminya facebook menjelaskan,

Standar Komunitas kami melarang Anda mengirimkan spam atau terlibat dalam perilaku yang melecehkan. Jika Anda menerima peringatan bahwa Anda mengirimkan spam di Facebook, mungkin Anda telah:


  • Mengirimkan permintaan pertemanan kepada orang yang tidak Anda kenal di dunia nyata.
  • Memposting atau membagikan sesuatu terlalu cepat atau terlalu sering dalam jangka waktu singkat.
  • Menandai atau mengirimkan pesan kepada orang yang bukan teman Anda.
  • Mengirimi seseorang pesan atau tautan yang ditandainya sebagai tidak diinginkan.
  • Menghubungi orang untuk tujuan komersial tanpa persetujuan mereka. Jika ingin menggunakan Facebook untuk bisnis, Anda harus membuat Halaman Facebook.

Yang termasuk spam antara lain menghubungi orang dengan konten atau permintaan yang tidak diinginkan. Termasuk pengiriman pesan massal, memposting tautan atau gambar di linimasa seseorang secara berlebihan, serta mengirim permintaan pertemanan kepada orang yang tidak Anda kenal secara pribadi.


Terkadang spam disebarkan melalui klik tautan jahat atau penginstalan perangkat lunak berbahaya. Di kesempatan lain, penipu mendapatkan akses akun Facebook orang-orang, yang lantas digunakan untuk mengirim spam.

Tapi jangan salah, postingan anda bisa saja tidak ada yang melaporkan tapi dianggap spam oleh algoritma facebook. Repotnya facebook tidak spesifik meneyebutkan postingan atau komentar seperti apa yang tergolong spam.

Belum lama ini sebuah postingan saya disebuah grup terdeteksi spam. Anehnya saya hanya membagikan URL yang isinya resep martabak dan captionnya juga sesuai dengan URL. Aneh bukan? Berikut kalimat peringatannya:


Standar kami tentang spam

Kami tidak mengizinkan orang mendapatkan suka, pengikut, pembagian konten, atau penayangan video melalui cara yang menyesatkan orang lain.

Kami mendefinisikan spam sebagai hal-hal seperti:

• Memposting komentar yang sama berulang kali

• Mengupayakan suka, pengikut, pembagian konten, atau tayangan video palsu

• Mengoordinasikan suka dan pembagian konten untuk membuat orang lain salah memahami popularitas dari sesuatu


Karena saya merasa yang saya posting tidak masuk dalam peringatan tersebut, saya memilih untuk di tinjau ulang.

Baca juga : Meraih Passive Income dari Blog dan Youtube 


Berikut beberapa cara menghindari komentar ditandai spam:

1.Jangan share URL secara beruntun untuk URL yang sama, kasih jeda misalnya 1 jam. Ini juga berlaku untuk komentar.

2.Buat caption dengan rapi, menarik, atraktif, komunikatif dan beragam. Hindari membuat caption yang kaku atau itu-itu saja.

3.Hindari posting hasil dari copy paste postingan akun lain.

4.Hindari posting dengan materi yang sama di setiap share URL.

5.Buatlah status atau komentar yang membuat penasaran.

Spam facebook
contoh komentar


6.Tambahkan gambar yang unik dengan tambahan tulisan yang mampu memberikan imajinasi,inspirasi serta daya kritis yang melihatnya.

Spam facebook
Contoh postingan


7.Aktiflah di facebook tempat membagikan URL misalnya di grup jadi tidak hanya share URL saja tapi berinteraksilah di setiap postingan anggota lain seperti like atau komentar.

8.Jangan gunakan akun utama karena jika akun anda ditandai sering spam bisa saja akunnya di non aktikkan.

9.Hindari membagikan URL menggunakan akun yang masih baru, gunakan akun yang sudah ada logo marketplacenya.

10.Gunakan short link agar postingannya lebih rapi.

Demikianlah informasi seputar Cara Menghindari Spam Facebook untuk yang Sering Share URL, Semoga bermanfaat bagi kamu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar