--> Skip to main content

Meraih Passive Income dari Blog dan YouTube

Passive income blog

Rutin mendapatkan penghasilan dari blog dan youtube walaupun tidak up date atau up date tapi sesekali saja itu yang dinamakan Passive income dengan kata lain passive income merupakan penghasilan yang didapatkan seseorang hanya dengan melakukan aktivitas seminim mungkin, tanpa perlu terlalu berperan aktif di dalamnya.

Siapapun yang mendapatkan Passive income termasuk orang yang beruntung. Bagaimana tidak? disaat orang lain harus mengeluarkan modal, menghabiskan waktu dan memeras keringat orang lain malah hanya duduk santai bisa mendapatkan uang dan tidak ada kata rugi. Bandingkan dengan pelaku usaha tradisional yang terkadang harus gigit jari karena rugi.

Saya memiliki 7 blog yang saya pasangi iklan adsense dan meski saya hanya sesekali update bahkan ada yang sama sekali tidak saya update tapi saya bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 290.000 ($20) per bulan

Saya juga memiliki 2 Channel Youtube yang masing-masing menghasilkan $21 dan $14, totalnya $35 atau sekitar Rp.507.500 per bulan. Kalau di hitung dari adsense blog dan youtube saya bisa mendapatkan Rp.797.500 per bulan.

Belum termasuk dari sumber penghasilan lain yaitu jasa content placement, meski tidak selalu ada job namun biasanya sebulan mendapatkan minimal 1 Job yang nilainya sekitar Rp.100.000 atau sebut saja iklan dari MGID meski kecil tapi sedikit-demi sedikit bertambah dan itu uang juga.

Penghasilan sebesar ini sebenarnya masih kecil dibandingkan blogger profesional yang penghasilannya bisa puluhan bahkan ratusan juta per bulan tapi dibalik itu butuh modal yang besar juga.

Saya merasa bersyukur meski modal yang saya keluarkan sedikit dan tidak banyak yang saya lakukan tapi bisa mendapatkan penghasilan sebanyak itu atau istilahnya kaum rebahan, tiduran doang dapat uang.

Usaha untuk meningkatkan Passive income dari blog dan Youtube

Sebagai orang yang ingin maju tentu saya tidak boleh berpuas diri atau pasrah karena selagi masih diberi kemampuan untuk meningkatkan penghasilan dari blog dan youtube kenapa tidak di coba? Nah...ditahun 2021 ini saya berkomitmen untuk meningkatkan penghasilan dari blog dan youtube sehingga nantinya passive incomenya meningkat.

1.Membuat blog sebanyak-banyaknya

Kenapa saya tidak menggenjot blog-blog yang sudah ada? pernah berusaha meningkatkan trafiknya tapi kok sepertinya susah mungkin karena kebanyakan blog gado-gado. Berbeda dengan blog baru, untuk meraih 100 pengunjung perhari tidak terlalu sulit.

Lebih baik saya mengerahkan kemampuan saya untuk membangun blog baru dari pada saya rajin mengurus blog lama tapi tak ada peningkatan yang signifikan.

Nah nantinya jika sudah mendapatkan trafik organik sebanyak itu biasanya sudah mulai mendapatkan klik adsense. Saat itulah baru saya membuat blog lain lagi. Konsep seperti ini dinamakan Set And Forget.

Untuk model seperti ini lebih cocok untuk blog gratisan atau blog custom domain TLD yang harganya murah seperti web.id atau my.id.

Tahun ini saya sudah membeli 2 domain my.id dan sekarang sudah mulai dibangun dimana semuanya menggunakan mesin Wordpress self hosted. Satu blog berbahasa Indonesia satu blog lagi berbahasa Inggris.

Rencannya saya akan mengerahkan semua kemampuan terbaik serta aset yang saya punya agar 2 blog ini sampai pada performa terbaiknya. 

Baca juga : Beli Domain dan Hosting murah untuk pemula disini tempatnya 

2.Menambah Channel Youtube

Meski saya sudah punya 2 channel yang sudah monetisasi tapi saya masih ingin menambah channel lagi. Saya hanya perlu mencontoh 2 channel sebelumnya dengan mengambil tema video yang banyak penontonnya.

Memang persyaratan monetisasi Youtube cukup berat yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang namun dari pengalaman membangun 2 channel sebelumnya, optimis saya bisa menembusnya lagi.

Untuk channel yang ke-3 saya akan membangun sebuah channel setopik tidak seperti 2 channel sebelumnya yang campuran.

3.Mempromosikan jasa

Salah satu sumber passive income yang tetap cerah adalah dari content placement meski tidak bisa dipastikan dapatnya namun selama ini minimal sebulan dapat 1 job, ada yang datang dari Sosiago atau broker lain.

Ada cara lain untuk bisa mendapatkan Job yaitu dengan mempromosikan sendiri jasa content placmenet melalui blog atau media sosial. Langkah ini sebenarnya sudah saya lakukan hanya saja intensitasnya masih kurang.

Sebagai daya tarik sepertinya saya harus mulai memikirkan untuk meningkatkan DA ke-3 blog TLD yang saya miliki. Cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan jasa menaikkan DA. Ada cara yang murah lewat guest post.


Modal Mendapatkan Passive income

Jika kalian ingin mendapatkan Passive income dari internet khususnya dari blog dan youtube setidaknya harus memiliki 4 modal berikut ini:


1.Blog

Buatlah blog pribadi dan mulai menulis sesuai minat kalian. Untuk tahap awal tulislah apa saja yang menurut kalian mudah. Setelah terbiasa menulis barulah mulai belajar SEO. Saya sarankan untuk menggunakan domain sendiri, tidak masalah harganya murah misalnya ccTLD.

Jika kalian sejak awal menggunakan domain sendiri potensi penghasilannya akan lebih banyak dari pada menggunakan blog gratisan. Lebih bagus lagi jika kalian memilih ekstensi domain COM kerena lebih populer.

Sumber penghasilan blog antara lain dari program CPC seperti Adsense, MGID bisa juga dari content placement serta Affiliasi

2.Youtube

Ngeblog tanpa ngevlog sebenarnya rugi karena jika kalian memiliki sebuah akun gmail maka kalian bisa membuat blog di blogspot dan membuat channel di Youtube. Mebuat channel youtube itu gratis dan cukup membantu untuk meningkatkan trafik blog.

Nantinya blog dan youtube bisa saling mendukung contohnya di dalam artikel di embed video youtube atau di channel youtube dikasih link yang menuju blog.

Sumber penghasilan Youtube antara lain Adsense, endorse dan affliasi

3.Akun Adsense

Sampai saat ini monetisasi blog terbaik ada pada Google Adsense. Segera daftarkan blog atau youtube kalian agar blog atau channelnya bisa dipasang iklan adsense. 

Jika kalian mendaftarkan blog TLD maka akun Adsensenya Non Hosted dimana nantinya bisa ditambahkan blog gratisan blogspot atau blog TLD lagi.

4.Media Sosial Marketing

Media sosial cukup bagus untuk mempromosikan sebuah bisnis termasuk jasa content placement. Jangan segan-segan untuk menawarkan jasa kalian melalui akun pribadi, halaman atau grup.

Carilah teman sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan target market misalnya blogger atau toko online. Sesekali tampilkan bukti kalau ada yang menggunakan jasa kalian.

Passive income dari blog dan Youtube itu gurih, Ayo raih dari sekarang!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar