--> Skip to main content

3 Kunci Sukses Bermain Bisnis Affiliasi


INFOPOJOK.WEB.ID - Seorang ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang 16  juta perbulan dari Affiliasi Shoppe! Fakta ini saya temukan dari sharing ibu tersebut disebuah grup affiliasi. Hebat bukan?

Berpenghasilan jutaan rupiah dari internet bukan sebuah kemustahilan, sudah banyak yang membuktikannya salah satunya dari bisnis affiliasi.

Pilihan sangat tepat kalau memilih bisnis ini karena nyaris tanpa modal atau dengan kata lain tanpa harus memiliki produk seperti toko online.

Nyaris tanpa modal bukan berarti modalnya nol ya! Butuh akses internet, Hp atau komputer dan rekening bank.

Faktanya manusia zaman sekarang, rata-rata sudah berlangganan internet serta memiilki HP. Semua punya kesempatan untuk terjun ke bisnis ini.

Salah kaprah jika beranggapan bisnis affiliasi itu mudah untuk mendapatkan uang cuma dengan sebar link.

3 Kunci sukses bermain bisnis affiliasi

Ingin sukses bermain affiliasi? Setidaknya ada 3 langkah yang perlu Anda lakukan. Ini bisa menjadi sebuah pondasi dasar yang berperan penting dalam sebuah kesuksesan bisnis affiliasi. Cek ya postingan lengkapnya dari blog Info pojok berikut ini:

1. Kumpulkan Lead Sebanyak banyaknya

Lead adalah orang atau audiens yang berpotensi menjadi pelanggan produk atau jasa. Apakah semua orang berpotensi jadi lead produk yang akan kamu tawarkan? Tentu saja tidak karena masing-masing orang punya masalah yang berbeda-beda sehingga kebutuhannya juga berbeda-beda.

Inilah pentingnya proses penyaringan atau funelling dari target konsumen. Lead bisa Anda dapatkan dari media sosial seperti Facebook.

Jaring lead dengan grup facebook, fanspage, channel youtube, Instagam, Tik Tok atau telegram. Media untuk menjaring lead ini disebut kolam internet. Contohnya ibu rumah tangga yang sukses tadi, beliau memiliki akun Instagram yang fokus membahas dunia anak.

Perlu dicatat, kolam internet tadi sebaiknya fokus pada sebuah topik misalnya ibu tadi khusus membahas dunia anak. Banyak topik lain yang bisa Anda gali mulai dari dekorasi, otomotif, hobi, fashion dan banyak lagi. Sesuaikan dengan minat Anda. Jangan coba-coba membuat grup yang Anda sendiri tidak paham.

Manfaatkan juga WA sebagai aplikasi chat terpopuler sejagat. Buat list kontak WA lead Anda. Tentunya Anda harus melakukan tehnik agar lead anda dengan suka rela memberikan nomor kontaknya misalnya menawarkan produk gratis atau ebook gratis.

Baca juga: 7 Kesalahan Affiliate Pemula 

2. Bangun Branding yang kuat

Ketika seorang akan membeli sebuah produk biasanya akan minta rekomendasi dari orang yang paling dekat dan sudah paham produknya. Bagaimana dengan dunia maya?

Prinsipnya sama saja hanya saja beda tehnik pendekatannya, jika didunia nyata pendekatannya dengan bertemu langsung sambil ngobrol. Berbeda jika didunia maya maka pendekatannya dengan cara saling berinteraksi dimedia sosial seperti Facebook dan sejenisnya.

Lead yang sudah Anda jaring perlu Anda dekati agar mereka yakin kalau Anda layak untuk dijadikan orang yang layak memberikan rekomendasi.

Contoh kasus nyata yang saya alami, kebetulan saya sering berbagi trik pembuatan martabak mini dsebuah grup facebook dan youtube.

Tanpa diminta pun mereka banyak yang bertanya beli alatnya dimana? Saya tinggal kasih tunjukkan saja tokonya yang sudah di custom link affiliasi. Tak sedikit yang akhirnya membeli, Dapatlah komisi.

Inilah yang disebut Branding atau lebih gampangnya cari muka ke lead atau target konsumen.

Cara membangun kekuatan branding adalah dengan cara memberikan konten yang mengedukasi target konsumen. Semakin banyak kontennya maka branding anda akan semakin kuat.

Tanpa harus Hard selling atau menawarkan jualan langsung Anda akan tetap mendapatkan komisi.

Sebagai contoh di video tentang pembuatan martabak mini dan di deskripsi serta komentar saya cantumkan link pembeliannya. Dengan cara ini saja sudah bisa menghasilkan konversi jadi tak perlu spam sana sini.

3. Kuasi tehnik Pembuatan Konten dan Copywriting

Dalam proses pendekatan kepada Lead atau target konsumen dibutuhkan yang namanya konten, baik yang berupa artikel atau video. Kontennya bukan asal-asalan tapi yang bermanfaat atau mengedukasi buat Lead.

Kuasai tehnik pembuatan konten dengan baik. Pahami jenis-jenis tulisan mulai dari ekposisi hingga deskripsi. Pahami juga story telling.

Begitu juga dengan pembuatan video, setidaknya harus menguasai editing video tingkat dasar apalagi sekarang ini media video sangat digemari netizen misalnya melalui reelnya facebook, video shorts nya youtube, Tiktok atau Instagram.

Copywriting juga sangat penting karena tujuannya membujuk konsumen agar mengklik link affiliasi dan membelinya. Anda tentu sering melihat penawaran produk yang menggunakan kata-kata Diskon sekian persen, Terbatas untuk 100 orang pertama, Hanya 2 Jam, Segera miliki dan lain-lain.

Kata-kata tersebut merupakan bagian dari Copywriting dimana dalam sebuah copywriting terdiri dari 3 bagian penting, Headline-Body-Call to Action.

Itulah 3 kunci bermain affiliasi yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Poin mana yang sudah Anda lakukan? Tulis dikomentar ya!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar