--> Skip to main content

3 Pondasi Penting Digital Marketing

Digital marketing


3 Pondasi Penting Digital Marketing -  11 tahun berperan sebagai seorang blogger dan 6 tahun sebagai youtuber membuat saya mengerti kalau media digital sangat ampuh untuk pemasaran produk atau jasa. Munculah istilah digital marketing.

Apa itu digital marketing

Menurut Wikipedia Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk yang memanfaatkan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen secara tepat. Media digital ini contohnya webiste, blog, email, aplikasi atau media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, Youtube)

3 Pondasi Penting Digital Marketing 

Hal pertama yang harus kamu pelajari sebelum memperdalam digital marketing adalah mengetahui pondasi pentingnya. Berikut ulasan ringkasnya:

1. Membangun trafik

No traffic no konversi! penjelasan mudahnya begini misalkan saya punya sebuah landing page website tapi sepi pengunjung, tentunya tidak akan mungkin ada penjualan. Itulah kenapa membangun atau mencari trafik itu penting.

Trafik ini bisa bersumber dari website, halaman facebook, channel youtube atau pun Tiktok. Umpan untuk mendatangkan trafik ini berupa konten, baik yang berupa artikel, gambar maupun video. Konten yang dibuat untuk tujuan mendatangkan konsumen disebut content marketing.

Ide Konten yang menarik bisa bersumber dari semua media yang kamu baca atau tonton seperti buku, majalah, video atau kejadian viral di internet. Lebih menguntungkan jika membuat konten yang Evergreen atau nggak ada kata basi dibandingkan dengan konten yang bersifat trending.

Baca juga: Cara Mendapatkan Passive income dari video review

2. Membangun data

Pemasaran digital memungkinkan pemasar untuk melihat hasil yang akurat dalam waktu sebenarnya (real-time). Jika iklan dipasang di koran, sulit untuk memperkirakan berapa banyak orang yang benar-benar membuka halaman itu dan memperhatikan iklan. Namun pemasaran digital akan membantu untuk mengetahui jangkauan produk/layanan yang sedang dipromosikan

3. Membangun bisnis

Setelah trafik ada, data audience jelas langkah berikutnya tentunya membujuk pengunjung dari media online agar melakukan pembelian atau action.

Contoh mudahnya begini, saya punya sebuah channel yang mengulas seputar bisnis martabak mini dan dari data analityc nya menunjukkan pengunjungnya umurnya sekian, jenis kelaminnya ketahuan hingga geografinya jelas.

Saya tidak harus membuat sebuah video direct selling karena cukup dengan video tutorial pun bisa menghasilkan penjualan dengan mencantumkan link dideskripsi.

Sebaiknya memang membuat sebuah copywriting untuk lebih membuat pengunjung merasa harus membeli produknya sekarang juga.

Itulah ulasan singkat seputar 3 Pondasi penting Digital Marketing, Semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar