--> Skip to main content

Bikin Avanza ‘Naik Kelas’, Apa Saja Kelebihan Toyota Safety Sense?

Toyota Avanza


Pertama kali dihadirkan pada New Corolla Altis, kini Toyota Safety Sense sudah bisa dinikmati oleh para pengguna Avanza. Mobil 300 jutaan yang satu ini terasa ‘naik kelas’ meski fitur keselamatan ini baru dihadirkan di tipe tertingginya.

Selain Avanza, TSS juga hadir di berbagai model mobil Toyota lainnya. Sebut saja Veloz, Raize GR Sport, Alphard, Voxy, Vellfire, Camry, C-HR Hybrid, hingga Land Cruiser.

Kelebihan Toyota Safety Sense

Tidak berlebihan jika menyebut Avanza sudah naik kelas sejak dibekali fitur TSS. Bagaimana tidak, fitur keselamatan ini memiliki beberapa kelebihan yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Menghindari Salah Injak Pedal Gas

TSS memiliki fitur yang diberi nama Pedal Misoperation Control untuk mencegah pengemudi salah injak pedal. Ini juga mencegah terjadinya tabrakan ketika sedang memarkirkan kendaraan.

2. Peringatan Jika Ada Objek di Blind Spot

Ada beberapa sisi di bagian belakang mobil yang menjadi titik buta atau blind spot bagi pengemudi. TSS membantu mendeteksi objek di blind spot tersebut menggunakan teknologi radar. Fitur ini sangat bermanfaat saat mundur atau parkir.

3. Lebih Santai saat di Tol

Adaptive Cruise Control benar-benar memanjakan pengemudi, utamanya ketika berada di jalan tol. Fitur ini mampu menjaga laju kendaran di kecepatan tertentu.

Selain itu juga mampu menjaga jarak dengan kendaraan lain di depan secara otomatis. Pengemudi tidak harus injak rem dan gas untuk mengendalikan kecepatan atau laju mobil.

4. Membantu Membaca Rambu Lalin

Terkadang, rambu lalu lintas tidak terlihat oleh pengemudi. Hal ini meningkatkan terjadinya pelanggaran. Kehadiran fitur road sign assist pada TSS membantu pengemudi membaca rambu tersebut dengan cara menampilkan rambu di panel instrumen.

5. Tidak Membuat Pengendara Lain Silau

Tidak hanya menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang di dalam mobil, TSS juga menjaga keselamatan pengguna jalan lain. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya fitur Automatic High Beam. Fitur ini mampu mengubah mode lampu ke high beam saat jalanan gelap.

Tapi lampu juga akan otomatis kembali ke low beam ketika ada kendaraan lain dari arah lawan. Tujuannya agar pengendara dari arah lawan tidak silau dan mengurangi angka kecelakaan.

6. Jaga Mobil Tetap di Jalur

Tidak hanya adaptive cruise control yang mampu menjaga laju kendaran, Lane Departure Alert juga menjaga agar mobil selalu berada di jalurnya. Ada sensor khusus yang dapat membaca marka jalan serta memberikan peringatan ketika mobil keluar dari jalur yang seharusnya.

7. Peringatan Sebelum Tabrakan

Saat ada objek di depan mobil dalam jarak dekat, fitur Pre Collision System akan memberikan peringatan berupa suara dan tanda di panel instrumen.

Dengan fitur keselamatan yang sudah dijelaskan di atas, Avanza semakin diminati oleh masyarakat. Terlebih harganya juga masih tetap terjangkau, yaitu di angka Rp300 jutaan kecil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar