--> Skip to main content

Manfaat Paypal Sebagai Dompet Digital

Paypal


Generasi old pasti ingat, dulu kalau mau kirim uang dari kota ke desa misalnya pekerja dari Jakarta ingin kirim uang kekampung menggunakan jasa dari Pos Indonesia yang namanya wesel pos. Saat itu seingat saya tidak ada pilihan lain yang paling mudah dan murah selain wesel pos.

Nah Paypal fungsi utama untuk hal itu, jasa transfer uang namun melalui media elektronik atau digital. Mengingat medianya digital atau internet maka daya jangkaunya sangat luas hingga level mancanegara. Sebagai contoh saya pernah menerima pembayaran dari perusahaan yang berlokasi di Amerika serikat sedangkan saya ada di Indonesia. Jarak tidak lagi jadi masalah, bahkan dalam hitungan detik sudah sampai ke akun Paypal saya.

Sejarah Singkat Paypal

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, Paypal inc merupakan perusahaan yang berasal dari Amerika serikat atau tepatnya San jose, California. Paypal berdiri pada tahun 2000 yang merupakan penggabungan dari 2 perusahaan confinity dan X.com.

Melihat potensi Paypal yang bagus eBay memutuskan untuk mengakuisinya pada tahun 2002 dengan mahar USD 1,5 milyar.

Dari data ini mengungkapkan kalau Paypal sudah hadir sebelum ada aplikasi android yang baru muncul pada tahun 2008.

Baca juga: 3 Pondasi penting digital marketing

Dompet Digital

Dompet digital bisa diartikan aplikasi elektronik yang berfungsi sebagai alat pembayaran transaksi secara online. Pengguna harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu ke Hp android atau Ios. Spesifikasi HP harus kompatibel dengan aplikasinya misalnya minimal versi android 10.

Dengan demikian Paypal bisa masuk dalam kategori dompet digital. Hal ini diperkuat dengan hadirnya aplikasi Paypal di Google Play store.

Beberapa manfaat yang bisa saya rasakan langsung dari Paypal sebagai dompet digital

1. Menerima pembayaran dari brand luar negeri

Sebagai content creator kadang saya bekerjama dengan brand luar negeri contohnya jasa backlink atau review. Biasanya metode pembayarannya pakai Paypal. Saya cukup terbantu dengan Paypal ini. Saya jadi bisa mendapatkan penghasilan dari brand luar negeri tanpa ribet.

Asyiknya lagi, membuat akun Paypal itu gratis dan mudah. Internet marketer wajib punya Paypal jika ingin berkembang.

2. Alat pembayaran transaksi lokal/internasional

Kalau ada saldo baik sedikit atau banyak di Paypal mau buat apa? Memang sih metode pembayaran Paypal tidak digunakan oleh semua toko online atau jasa. Namun ada beberapa jasa yang masih menggunakan Paypal misalnya pembelian/perpanjangan domain hosting dalam atau luar negeri, tools, themes, plug in dan lain-lain.

Memang terbatas, tapi kalau saldonya mencapai $100 bisa dicairkan ke bank lokal tanpa biaya. Lebih untung lagi dijual ke blogger atau digital marketer. 

3. Pengganti rekening Bank

Tidak semua program penghasil uang menggunakan metode pembayaran rekening bank atau kalau ada juga minimal pay out nya besar dan potongannya juga. Imers seperti saya bisa terbantu dengan adanya Paypal ini.

Contoh program penghasil uang yang menggunakan Paypal: MGID, Intellifluence.

BTW sudah punya akun Paypal belum nih?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar