--> Skip to main content

Eranya Kerja dari Rumah Dengan Bisnis Online


Eranya Kerja dari Rumah Dengan Bisnis Online  - Menjadi karyawan atau buruh pabrik bukan lagi pilihan yang bagus. Kenapa demikian? Mencari pekerjaan itu susah. Kalau pun ada sistemnya kontrak. Resikonya kerjanya tidak permanen. Bisa saja 3 bulan sudah tidak dilanjut kontraknya.

Jika kamu memandang kedepan untuk masa depan tentu berharap dapat pekerjaan di pabrik atau karyawan perusahaan bukan pilihan yang tepat.

Ada kisah nyata dari teman saya yang punya anak lulus sekolah SMK. Awalnya berharap dapat pekerjaan di PT. Namun hingga setahun berlalu tak kunjung dapat pekerjaan,. Segala cara sudah dicoba seperti meminta bantuan pihak ke-3 atau yayasan. Akhirnya dapat juga pekerjaan tapi hanya setahun kontraknya tak diperpanjang. Nganggur lagi!

Sampai akhrinya orang tuanya membimbing untuk jualan Cilok keliling. Seiring berjalannya waktu ternyata anaknya cocok bahkan omset bisa tembus 400 ribu sehari.

Bisnis terbaik diera digital

Tak sedikit orang-orang yang memilih berdagang atau usaha sendiri. Dagang atau jualan secara offline tak luput dari resiko. Sewa tempat yang mahal belum lagi peralatan dan barang yang dijual. Saya sering menemukan pelaku bisnis yang gulung tikar mulai dari toko sayur, kedai baso, martabak. konter pulsa, warung kelontong hingga toko beras.

Dari kejadian-kejadian tersebut saya bisa menyimpulkan bisnis terbaik diera digital ini adalah bisnis yang tidak harus berada dilokasi strategis atau bisa dilakukan dari rumah, tidak butuh kekuatan fisik serta modal yang terjangkau atau fleksibel.

Bisnis yang paling tepat dengan kriteria tersebut adalah Bisnis Online atau bisnis yang pemasarannya dengan media internet contohnya website, media sosial, youtube, tiktok, email atau aplikasi.

Apakah bisnis online harus jualan produk? oh tidak! banyak bisnis online yang tanpa harus menjual produk.

Berikut contoh bisnis online :

1. Online shop

2. Affiliate

3. Blogger

4. Youtuber

5. Penulis artikel

6. Rekening bersama

7. website developer

8. Influencer

9. Survey online

10. Android developer

11. Kursus online

12. Admin online shop

13. Marketing online shop

14. Copy writer

15. Admin website

16. SEO spesialist

17. Pemasaran iklan digital

18. Jasa pembuatan logo

19. Jasa pembuatan video iklan

20. Agensi pembuatan artikel

21. Agensi jual backlink

22. Jual foto

23. Desain spanduk

24. Jasa menambah subscriber/follower

25. Jual beli channel youtube

26. Jual beli grup facebook

27. Jual beli fanspage

28. Freelance desain grafis

29. Editor foto

30. Jual beli blog

Dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara memulai bisnis online dari Nol

Sayangnya tak sedikit orang-orang yang sama sekali tidak tertarik dengan bisnis online. Mereka lebih memilih bisnis offline meskipun mereka tahu hasilnya terkadang tidak sesuai keinginan dan menguras tenaga.

Saya menghargai keputusan mereka karena memang bisnis semacam itu lebih mudah dibandingkan dengan bisnis online. Ibaratnya asal mau keluar rumah lalu menjajakan barang dagangannya, pulang bawa uang.

Saya merasakan sendiri, karena tiap hari saya juga jualan martabak keliling. Tiap hari saya bisa bawa pulang uang untuk makan.

Namun saya berpikir jauh kedepan, Usia semakin bertambah, stamina semakin berkurang, gampang sakit. Tentunya saya ingin dimasa tua nanti saya bisa duduk manis dirumah tapi tetap berpenghasilan.

Nah...untuk mewujudkan itu sejak 11 tahun yang lalu saya mulai belajar bisnis online dan terbukti sudah menghasilkan puluhan juta rupiah. Sayangnya penghasilan bulanan dari bisnis online belum cukup untuk hidup sehingga saya harus banting tulang jualan martabak keliling.

Penutup

Bisnis online bisa jadi menjadi bisnis terbaik diera digital walaupun tidak mudah untuk membangun bisnis tersebut. Namun kalau tidak dicoba sekarang kapan lagi? Kecuali kalau kamu mau terus kerja keras hingga hari tua nanti.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar