--> Skip to main content

Sumber penghasilan Digital Marketer dari mana?



Sumber penghasilan Digital Marketer dari mana?- Sempat menekuni beberapa bisnis selepas kena PHK mulai dari Bisnis keripik singkong, Mie Ayam, toko kelontong dan saat ini sedang menekuni bisnis Martabak Mini yg sdh saya lakoni selama 5 tahun.

Ingin berubah menjadi lebih baik itu prinsip yang selalu saya pegang hingga kini. Apapun yang bisa menghasilkan uang (halal) akan saya lakukan. Itulah mengapa sejak 12 tahun yg lalu saya terjun menjadi blogger. 6 Tahun kemudian saya terjun menjadi kreator video YouTube lalu saya coba juga Affiliate Shopee dan Tiktok.

Seiring dengan berjalannya waktu, saya jadi tahu pekerjaan yang saya lakukan tersebut disebut Digital Marketer.

Alhamdulillah, pekerjaan sebagai digital Marketer mampu menghasilkan uang. Kalau dihitung hitung sudah 60 jutaan.

Sayangnya pekerjaan sebagai digital Marketer belum bisa dijadikan pekerjaan utama tapi hanya sebagai pekerjaan sampingan mengingat hasil nya belum cukup untuk hidup.

Sumber penghasilan Digital Marketer

Asyiknya pekerjaan digital marketer itu Saya bisa menekuni beberapa pekerjaan sekaligus dan semuanya bisa menghasilkan. Walaupun tidak serta penghasilan bisa masuk rekening, ada yang harus menunggu 45 hari, ada yang 15 hari, ada yang nunggu sampai saldonya 1,3 Juta, ada yang tiap minggu tapi tetap saja dapat uang.

Beberapa sumber penghasilan dari digital marketing yang sudah ada saldonya bahkan beberapa diantaranya sudah sering masuk ke rekening bank.

1.Adsense blog

Sumber penghasilan yang satu ini sudah saya rasakan sejak tahun 2015. Gabungnya agak susah karena harus mendaftarkan blog terbaik. Diterima sebagai publisher pada 3 maret 2015 dan merasakan gajian pertama pada Oktober 2015. Hingga kini, 8 tahun menjadi penayang iklan adsense, saya bisa meraup lebih dari $2200. Gajian terakhir dari adsense blog saya rasakan pada Februari 2023.

Kini penghasilan dari Adsense blog tak bisa diharapkan lagi karena penghasilan bulannya cuma sekitar $5. Bayangkan, saya harus menunggu 20 bulan baru bisa gajian! makanya saya malas main adsense blog.

Meskipun demikian saya tetap mengelola blog-blog saya karena ada alternatif penghasilan lain yang lebih menjanjikan walaupun tidak sesering dulu. Paling banyak update artikel 4 x dalam sebulan.

2. Adsense YouTube

Awalnya saya kurang tertarik dengan youtube tapi gara-gara penghasilan dari Adsense blog menurun drastis, mau tak mau saya perlu mencoba. Saya pun membuat channel khusus untuk bermain adsense youtube pada Maret 2017.

Sempat terkendala akibat aturan monetisasi dimana channel harus punya 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Tak disangka-sangka saya bisa tembus persyaratannya dan disetujui. Saya pun bisa merasakan pembayaran pertama dari youtube pada Januari 2019. Hingga kini tercatat sudah 12 kali saya merasakan gajian dari youtube, kalau setiap pembayaran 1,3 juta berarti saya sudah menerima sekitar 15 jutaan.

Tak puas membangun sebuah channel, saya buat lagi hingga saya punya 3 channel yang sudah monetisasi atau menghasilkan uang.

3. Endorse Youtube

Saya akan mendapatkan uang atau produk gratis ketika ada advertiser yang bekerja sama dengan saya untuk mereview produknya di Youtube.

4. Affiliate Shopee

Sumber penghasilan yang satu ini sudah 2 tahun saya tekuni sejak Agustus 2021. Saya tertarik terjun ke affiliate shopee karena saya bisa menyematkan link di video di channel yang saya miliki. Dengan kata lain saya tidak harus mulai dari nol.

Hasilnya ternyata menggembirakan walaupun belum memuaskan. Selama bergabung saya sudah mendapatkan komisi sebesar 1 jutaan. Asyiknya di affiliate shopee, saya bisa menghasilkan komisi berkali-kali hanya dengan 1 video.


5. SosiaGo

Penghasilan dari SosiaGo akan saya dapatkan jika saya mendapatkan Task (Job) dari advertiser yang memesan backlink dalam sebuah artikel yang saya publikasikan ke blog. Meskipun penghasilannya kecil mulai dari 50 ribu hingga 150 ribu tapi sudah termasuk lumayan kalau pas dapat Task.

Hingga kini saya masih rutin mendapatkan penghasilan dari Sosiago yang dibayarkan tiap bulan. Kadang dapat 150 ribu kadang 300 ribu tergantung jumlah Task yang saya dapat. Sedihnya kalau sama sekali nggak dapat Task, otomatis nggak dapat penghasilan.

Baca juga: Eranya Kerja dari Rumah dengan Bisnis Online

6. Raja backlink

Sumber penghasilan yang satu ini mirip dengan sosiaGo, jual backlink. hanya saja di raja backlink artikelnya harus saya yang menulis. Beda kalau diSosiago, kebanyakan artikel sudah disediakan advertiser walaupun ada juga Task yang harus menulis sendiri.

Kelemahan dari Raja Backlink ini ada pada width drawl nya harus menunggu saldo terkumpul 250 ribu. Beda dengan sosiago yang tidak ada minimum width drawl nya.

7. Affiliate Tiktok

Sumber penghasilan Ini baru saya coba di bulan Agustus 2023 dan belum pernah gajian. Namun saya optimis bisa dapat komisi pertama saya. Beberapa VT saya sudah ditonton ribuan orang dan yang mengklik keranjang kuningnya juga banyak.

8. Jual backlink

Sebenarnya dari Sosiago dan Raja backlink saya sudah bisa menghasilan uang dari jual backlink namun sesekali saya juga dapat job langsung dari pemesan tanpa bantuan pihak ke-3. Saya terkadang menawarkan jasa ke Facebook. Saya juga membuat landing page khusus untuk jasa jual backlink.

9.Intellifluence

Kolam internet Ini juga mirip dengan Sosiago dan Raja backlink hanya saja Intellifluence cakupannya internasional dan tentu bayarannya lebih tinggi. Saya sudah merasakan 4 kali mendapatkan job menulis dengan bayaran $100. Menariknya domain ekstensi web.id juga bisa mendapatkan Job sehingga saya bisa mengajukan 3 blog saya.

Saya perlu meningkatkan nilai DA blog-blog saya dan lebih aktif update agar menarik minat advertiser dari luar negeri.

Saya perlu juga menambah subscriber channel youtube agar bisa mendapatkan job karena selama ini belum pernah dapat job.

10. MGID

MGID mirip dengan Adsense hanya beda perusahaan saja namun keduanya sama-sama dari Amerika serikat. Nilai klik dari MGID relatif kecil untuk blog berbahasa indonesia. Tidak seperti adsense yang bisa saja mendapatkan nilai klik yang tinggi walaupun berbahasa Indonesia.

Ambang pembayaran dari MGID sama dengan adsense yaitu $100 sehingga saya tak berharap banyak dari MGID.Sekedar nambah-nambah penghasilan saja meskipun kecil. MGID bisa menjadi batu loncatan jika blog tak kunjung di acc add site nya atau akunnya di banned.

Sumber penghasilan lain yang ingin saya bidik

Dengan 10 sumber penghasilan diatas sebenarnya potensinya sangat bagus jika pengelolaannya dioptimalkan. Namun itu tak membuat saya berhenti untuk mencoba hal baru. Saya berpikir, apapun yang menghasilkan uang dari internet saya anggap aset digital yang suatu saat bisa saya kembangkan.

Beberapa sumber penghasilan lain yang ingin saya rintis:

1. Online shop

2. Jual artikel

3. Jual video

4. Jual Ebook

5. Jasa Landing Page

6. Jual Foto

7. Blog Download

8.Jual blog affiliate

9. Jual channel

10. Jasa tambah jam tayang

Semoga informasi seputar sumber penghasilan digital marketer ini menginspirasi Anda!      

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar