--> Skip to main content

Bangun Aset Sekarang atau Kamu Kerja sampai Mati



Sebagai seorang penjual martabak keliling, kadang saya berpikir apakah saya akan terus berjualan hingga ajal menjemput? Dalam hati kecil saya tentu tidak menginginkannya. Namun apa jadinya bila memang hanya itu yang bisa saya lakukan?

Itulah mengapa sejak lama saya sudah belajar mencari penghasilan dari internet meski saya hanya seorang tukang martabak keliling. Dalam proses belajar itulah saya jadi tahu pentingnya membangun aset dimana pada waktunya nanti aset-aset tersebut akan terus menghasilkan uang meski saya tidak melakukan apapun atau sedikit kerja.

Hingga artikel ini saya tulis, saya sudah bisa merasakan penghasilan dari aset yang saya miliki walaupun tidak banyak. Poin pentingnya, Saya mendapatkanya tanpa kerja keras hanya diawal-awal saja.

Baca juga: Sumber penghasilan Digital marketer

Impian saya suatu saat nanti punya aset-aset yang mampu menghidupi keluarga saya dihari tua saya nanti. Semoga terkabul, Aamiin!

Aset online lebih mudah dari pada aset nyata

Kalau saya harus beli tanah, rumah, emas atau saham,akan terasa berat. Tapi kalau membangun aset online seperti website, landing page, fanspage, chanel youtube atau online shop saya bisa. Terbukti saat ini saya sudah memiliki 3 website, 3 channel youtube yang sudah menghasilkan uang belum termasuk chanel yang sedang dibangun serta beberapa fanspage.

1.Penghasilan dari website

Saya sudah lama main Adsense atau sejak 2015. Meski sekarang ini hasilnya kurang menjanjikan tapi setidaknya ada rupiah yang terkumpul. Yeah… meski seribuan rupiah kalau dikumpulkan lama-lama banyak.

Saat ini saya kurang semangat mengelola blog karena mencari trafik semakin susah. Harapan terbesar ada pada jual backlink. Sayangnya penghasilannya juga tidak menentu. Kadang sebulan nggak ada pesanan.

Saya masih bertahan mengelola 3 website tersebut mengingat biaya pengelolaannya masih terjangkau. Biaya terbesar hanya pada perpanjangan domain yang ekstensi com.

2. Penghasilan dari youtube

Channel youtube bisa menghasilkan uang dari iklan Adsense, endorse dan affiliate Shopee. Sayangnya meski saya punya 3 channel yang sudah monetisasi namun penghasilannya diam ditempat meski sudah ratusan video terupload. Saya harus bersabar beberapa bulan agar penghasilan dari adsense bisa masuk kerekening.

Beruntung saya masih dapat penghasilan mingguan dari Shopee affiliate meski masih dibawah 100 ribu per minggunya.


Aset-aset yang berupa website dan channel Youtube masih tetap saya rawat walaupun tidak ngoyo. Pelan-pelan saya mengelola beberapa channel yang nantinya bisa saya ajukan monetisasinya. Berbeda dengan website, meski saya sempat beli beberapa domain baru namun hasilnya kurang menjanjikan sehingga tidak akan saya perpanjang lagi.

Membangun Aset Facebook

Sudah lama saya tahu kalau dari Facebook bisa menghasilkan uang namun saya belum optimal mengelola profil, fanspage (fp) dan grup Facebook. Padahal kalau di hitung total pengikutnya tembus 147 k.

Dulu saya pernah tertarik untuk main Adsbreak Facebook tapi persyaratannya lumayan berat 10k follower. Saya mencoba memanfaatkan untuk affiliate shopee namun belum optimal. Jika dari youtube saya bisa mendatangkan konversi shopee affiliate namun dari facebook saya masih kesulitan.

Belum lama ini saya iseng cek persyaratan adsbreak Facebook, ternyata persyaratannya lebih ringan dari sisi followernya, cukup 5000 follower tapi tayangannya dalam 1 menit harus 60.000 naik 2 x lipat.

Kebetulannya lagi saya punya fp yang sudah tembus 5000 pengikut. Saya tinggal mencari tayangannya meski berat. Saya sudah mencoba mulai uplod video di fp tersebut dan dalam seminggu saya sudah mengumpulkan 7% jam tayang.

Selain itu, sekarang ini profil facebook juga bisa menghasilkan uang seperti fp. Kebetulannya lagi akun saya sudah tembus 5000 pengikut. Ada juga 2 FP yang sudah tembus 2000 dan 3000 pengikut yang siap saya dioptimasi untuk Adsebreak ini.

Jujur, saya mulai tertarik dengan Adsbreaks ini namun saya harus realistis. Aset yang sudah menghasilkan uang jangan sampai terlupakan yaitu blog dan channel youtube. Aset aset yang sudah menghasilkan uang tetap prioritas utama. Ibaratnya 10 ribu penonton dichanel youtube tersebut lebih baik dari pada 1 juta penonton di FP. Yeah… 10 ribu tapi sudah dapat penghasilan dari iklan!

Semoga saya mendapatkan kemudahan dalam membangun aset sampai bisa menghasilkan uang!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar