--> Skip to main content

Toko Kelontong, Bisnis Populer Mudah Merintisnya

INFOPOJOK.WEB.ID - Faktor resiko masih sangat diperhitungkan dalam memulai sebuah bisnis terutama bagi pemula jika resikonya kecil hasilnya menjanjikan umumnya lebih banyak dipilih.Salah satu bisnis yang resikonya kecil tapi hasilnya masih menjanjikan adalah bisnis toko kelontong.
Saya yakin anda sering mendengar bisnis ini bahkan mungkin didekat anda sudah ada toko kelontong.Toko kelontong dipilih masyarakat karena mudah ditemukan dipemukiman penduduk, disetiap lokasi yang strategis bahkan digang-gang sempitpun akan mudah anda temukan keberadaan toko ini.Hal ini membuktikan bahwa toko kelontong masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat untuk dijadikan lahan bisnis.
Toko Kelontong,


Apakah pengertian toko kelontong?


Menurut Wikipedia toko kelontong adalah toko kecil yang mudah diakses umum dan terletak dijalan yang ramai,SPBU,Stasiun kereta api atau dipemukiman padat penduduk diperkotaan atau diperumahan.Toko kelontong umumnya menjual kebutuhan sehari hari seperti sembako,sabun,susu,makanan ringan,alat tulis,alat listrik,pulsa elektrik dan lain-lain.Toko jenis ini kebanyakan bersifat tradisional dimana pembeli tidak bisa leluasa mengambil barang sendiri biasanya ada sekat pemisah berupa etalase atau rak.

Jika diperhatikan sebenarnya barang yang dijual ditoko kelontong hampir mirip dengan yang djual diminimarket seperti Alfamart atau Indomart hanya saja minimarket sudah modern.Masyarakat sering juga menyebut Toko ini sebagai toko sembako.

Jenis-jenis Toko Kelontong


Berdasarkan target konsumennya toko kelontong terbagi menjadi 3 jenis :

1.Toko kelontong eceran yaitu toko kelontong yang khusus menjual barang secara eceran
2.Toko kelontong semi agen yaitu toko kelontong yang selain menjual secara eceran juga menjual secara grosir.
3.Toko kelontong grosir yaitu toko kelontong yang menjual barang secara grosir atau biasa disebut Toko agen.

Daftar Barang toko kelontong lengkap


Berikut ini daftar barang yang umumnya dijual ditoko kelontong saya membaginya dalam beberapa kategori:

1.Kategori Sembako : Beras,Telur,Gas Elpiji
2.Kategori Curah(Ditimbang) : Terigu,Minyak curah,Tepung tapioka,Gula pasir,Gula merah,
3.Kategori Kebutuhan Dapur :Kecap,Sambal saos,terasi,sarden.mentega,Agar-agar,Bumbu racik,bumbu dapur,Sari manis,Cuka,Minyak goreng kemasan,Santan instan,bumbu penyedap rasa,tepung beras,Bihun,soun,Garam,Gula halus,Vanili,coklat bubuk.pengembang kue
4.Kategori Sabun : Detergen bubuk,detergen cair,sabun colek,sabun mandi,pewangi pakaian,shampo,sikat gigi,pasta gigi,pemutih baju,pembersih lantai,pembersih piring.
5.Kategori Kopi dan teh : Kopi hitam,kopi hitam plus gula,kopi susu,kopi krim,kopi jahe,teh celup,teh bubuk,teh daun.
6.Kategori Mie Instan
7.Kategori Minuman kemasan
8.Katrgori makanan ringan ; Permen,biskuit,wafer,Kacang,sukro,pilus,Kuaci,
9.Kategori Sandal jepit
10.Kategori keperluan bayi : Popok bayi(Diapers),Minyak telon,sabun bayi,bedak,bubur bayi.
11.Kategori Obat warung : Obat sakit kepala,flu,batuk,maag,diare
12.Kategori Alat tulis : Buku tulis,Buku gambar,pensil,bolpoint,penghapus,rautan.penggaris,sampul buku,Lem kertas
13.Kategori Plastik : Plastik PE(Bungkus gula),Kantong kresek
14.Kategori Susu : Susu kaleng,susu sachet,susu kotak
15.Kategori Pulsa Elektrik/Token PLN
16.Tak berkategori : Pembalut wanita,kapas,obat anti nyamuk(bakar,oles,semprot),Tisue,Lilin,kertas pembungkus nasi,Korek,Batu Baterai,Pisau cukur,Silet,Bola Plastik,Sapu,Alat pel.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk buka toko kelontong?


Dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya toko kelontong lebih fleksibel karena modalnya bisa menyesuaikan dengan modal yang ada artinya tidak ada patokan harus punya modal sekian namun berdasarkan pengalaman saya modal 10 juta sudah cukup untuk membuka toko kecil-kecilan namun kalau ingin merintis bisnis toko grosir berdasarkan penuturan rekan bisnis yang menjadi agen paling tidak membutuhkan modal 100 juta.

Cara memulai usaha toko kelontong


Jika anda ingin memulai bisnis toko kelontong setelah modalnya tersedia langkah yang perlu anda lakukan adalah:

1.Menentukan lokasi bisa rumah sendiri atau sewa rumah/ruko.Jika anda menginginkan toko anda tumbuh dan berkembang maka anda harus mencari lokasi yang strategis.Ciri-cirinya antara lain berada dilingkungan padat penduduk,Mudah dijangkau,lokasi tersebut merupakan jalur lalu lintas warga,dilalui jalan yang lebar,dekat dengan pusat keramaian dan lain-lain.

2.Menyediakan peralatan toko
Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini diantaranya etalase (disarankan ukuran 1,5 m),Rak yang terbuat dari kayu atau besi,meja,Timbangan,showcase pendingin,galon,tabung gas,ember tempat beras,kalkulator,Troli dan peralatan pendukung lainnya,Jika anda berniat menyediakan layanan antar minimal harus punya motor.

3.Berbelanja barang toko kelontong
Toko kelontong biasanya mendapat pasokan barang dari distributor langsung,Sales kanvas atau Agen namun jika anda baru buka toko cara yang paling mudah adalah berbelanja ke toko agen.Jika toko anda sudah mulai berjalan biasanya sales kanvas atau distributor akan mendatangi toko anda.Supaya anda memperoleh harga yang murah pilihlah agen besar yaitu agen yang stoknya banyak.Jika anda sudah sampai tahap ini berarti toko anda sudah siap untuk buka toko perdana.

4.Lakukan promosi.
Jika toko anda baru buka belum banyak warga yang tahu untuk itu anda perlu melakukan promosi yang bisa anda lakukan dengan cara memasang spanduk,membagi brosur atau melaui sosial media.

Jenis-jenis agen (grosir) toko kelontong


Barang-barang yang dijual ditoko kelontong jumlahnya cukup banyak dan jika anda ingin toko anda lengkap anda tidak bisa mengandalkan dari satu atau dua pemasok saja tapi harus mencari pemasok lain karena tidak semua barang tersedia disatu tempat misalnya saja sandal jepit,gas elpiji,alat tulis,pulsa elektrik.Untuk itu anda perlu tahu jenis-jenis agen sehingga anda tidak akan kesulitan mendapatkan barang.Berikut ini jenis-jenis agen toko kelontong berdasarkan barang yang dijual:

1.Agen serba ada yaitu agen yang menjual semua macam barang
2.Agen Plastik yaitu agen yang khusus menjual produk plastik seperti PE,HDPE kertas pembungkus nasi,streofoam,mika.tali raffia,bahan kue,dus nasi dan lain lain.
3.Agen Gas elpiji(Pangkalan)
4.Agen Sandal
5.Agen Beras
6.Agen Telur
7.Agen Pulsa elektrik
8.Agen makanan ringan

Tantangan yang harus dihadapi toko kelontong baru


Usaha yang harus anda lakukan ketika pertama kali membuka toko adalah bagaimana caranya mendatangkan pembeli sebanyak-banyaknya untuk itu diperlukan strategi bisnis yang jitu misalnya dalam menentukan harga usahakan harga yang anda tawarkan cukup murah apalagi jika didekat toko anda sudah ada pesaing atau minimarket.Berikan pelayanan yang terbaik untuk pembeli anda misalnya menyediakan layanan antar.Usahakan toko anda lengkap sehingga menarik minat pembeli untuk datang ketoko anda.

Cara menentukan harga barang toko kelontong


Meskipun kelihatannya mudah namun untuk menentukan harga barang-barang tertentu anda tidak bisa sembarangan misalnya sembako atau barang-barang yang sering dicari pembeli.Cara menentukan Harga jual barang toko kelontong ada beberapa cara :

1.Harga berdasarkan prosentase modal misalkan 10%
2.Harga berdasarkan saran dari produsen(harga yang disarankan) misal Rp.1000 atau Rp.2000
3.Harga ditentukan dengan cara menambahkan nilai tertentu misalnya Rp.500 atau Rp.1000.Misalnya modal aqua galon Rp.13.000 Harga jualnya Rp.13.000+Rp.1000=Rp.14.000 meskipun suatu saat harganya naik misalnya jadi Rp.13.500 maka harga jualnya tetap ditambahakan Rp.1000 jadi Rp.14.500

Tips memilih agen toko kelontong


Perlu anda ketahui harga antara satu agen dengan agen lainnya belum tentu sama terkadang beda bahkan selisihnya bisa Rp.1000-Rp.5000 artinya jika anda mendapatkan harga dari agennya sudah tinggi maka harga jual anda juga akan mahal sehingga toko anda tidak bisa bersaing dengan toko lain untuk itu anda perlu memilih agen yang harganya murah.Jika anda akan berbelanja barang keagen ada beberapa tips yang perlu anda lakukan:

1.Pilihlah agen toko kelontong yang besar hal itu bisa dilihat dari stok barangnya karena biasanya agen besar stoknya banyak karena akan didistribusikan keagen-agen kecil.Selain itu karena jumlah pembeliannya banyak harganya bisa lebih murah dari pada agen yang belanjanya dalam partai kecil.
2.Berbelanja kebeberapa agen karena anda bisa mengetahui agen mana yang termurah selain itu untuk antisipasi jika suatu saat barangnya kosong anda bisa berbelanja keagen lain jadi tidak mengandalkan satu agen
3,Pilih Agen yang menyediakan layanan antar.Hal ini diperlukan untuk efesensi waktu belanja sehingga anda tidak perlu repot-repot membawa barang belanjaan sendiri.
4.Pilih agen yang terlengkap sehingga anda bisa hemat waktu cukup satu agen kebutuhan toko kelontong anda bisa terpenuhi.

Demikianlah informasi tentang Toko Kelontong Bisnis Populer Mudah Merintisnya semoga bermanfaat untuk bisnis anda Ayo berwirausaha!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar