--> Skip to main content

Mesin Kasir Grosir Sembako, Untung Rugi Menggunakannya

INFOPOJOK.WEB.ID - Pelayanan yang bagus merupakan salah satu kunci sukses bisnis grosir sembako dan mesin kasir grosir sembako menjadi salah satu peralatan penting karena mampu mencatat transaksi dengan cepat dibandingkan cara manual.Mesin kasir ini sudah lazim digunakan oleh mini market namun untuk grosir sembako masih sedikit yang memanfaatkannya.

Mesin Kasir Grosir Sembako

Saya sendiri kebetulan berlangganan kegrosir sembako yang transaksinya menggunakan mesin kasir.Berdasarkan informasi dari grosir tersebut mesin kasir tersebut dibeli dari toko penyedia mesin kasir dalam satu paket yang terdiri atas komputer,monitor,Printer khusus,mesin barcode serta software kasir.Saya sendiri pernah mencoba menggunakan mesin kasir buatan LPK Famikom hanya saja saya cuma membeli softwarenya secara online.

Baca juga : 7 Cara  Menghadapi Pesaing Grosir Sembako Pemain Lama

Untung rugi menggunakan mesin kasir grosir sembako


Kelebihan menggunakan mesin kasir

1.Proses transaksinya cepat,pembeli cukup mengambil barang yang dibutuhkan atau diambilkan karyawan grosir sembako kemudian tinggal menyebutkan barangnya untuk kemudian diinput kekomputer oleh kasir atau bisa juga dengan menggunakan mesin barcode setelah itu langsung ketahuan berapa jumlahnya untuk kemudian diprint.Bandingkan jika menggunakan cara manual barang-barang belanjaan harus dicatat dulu,dicek,dihargai barulah dijumlah.

2.Kemungkinan salah harga sangat kecil

3.Ada arsipnya sehingga jika ada yang komplain dari pembeli bisa cepat diketahui.

4.Omset toko sembako bisa diketahui baik harian maupun bulanan.

Kekurangan menggunakan mesin kasir

1.Harus satu persatu ketika melayani pembeli tidak bisa 2 atau lebih pelanggan sekaligus.Jika pelanggan membeli barang yang itemnya banyak dan ngecer prosesnya jadi lama sehingga terkadang ada pembeli yang hanya membeli satu atau 2 barang harus sabar antri.Jika pelanggan tidak sabaran biasanya akan pergi mencari grosir sembako lain.

2.Harga peralatannya lumayan mahal.

3.Harus rajin meng update harga terutama untuk barang-barang yang harganya naik turun

4.Harus teliti ketika menginput jumlah barang antara bijian,rencengan atau lusinan atau dusan.Jangan sampai jumlahnya satu lusin anda input 1  biji.

Itulah untung rugi menggunakan mesin kasir grosir sembako karena setiap teknologi tetap ada kelebihan dan kekurangannya namun secara garis besar lebih menguntungkan buktinya supermarket atau mini market banyak yang menggunakannya.Oh ya bila anda sudah memiliki komputer dan printer kemudian ingin mencoba menggunakan mesin kasir anda bisa membeli softwarenya saja.Silahkan cari ditoko buku besar atau toko komputer atau bisa juga anda dapatkan secara online .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar