--> Skip to main content

Penghasilan Blogger dari mana? Cek Disini Info lengkapnya

Penghasilan Blogger

INFOPOJOK.WEB.ID – Profesi Blogger masih dipandang sebelah mata sehingga belum banyak yang tertarik menjadi seorang blogger, padahal penghasilan blogger itu menjanjikan jika blog yang dikelolanya ramai pengunjung. Masih banyak yang bertanya-tanya penghasilan blogger itu dari mana saja? Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar penghasilan blogger.

Artikel ini saya susun sebagian besar dari pengalaman pribadi selama 9 tahun menjadi blogger. Sampai detik ini saya masih semangat menulis untuk beberapa blog yang saya kelola. Saya yakin tidak ada yang sia-sia dari tulisan-tulisan yang saya tulis.

Jujur saja saya sudah menikmati penghasilan dari profesi blogger ini walaupun jumlahnya belum banyak tapi tetap saya syukuri. Saya bisa mendapatkan passive income dari blog-blog yang saya kelola dengan kata lain  tanpa saya melakukan apapun saya tetap mendapatkan uang apalagi jika saya kelola secara serius?

Oke, berikut ini informasi seputar sumber penghasilan blogger yang paling  top selengkapnya.

Sumber Penghasilan Blogger

1.Google Adsense

Sumber penghasilan blogger yang satu ini bisa dibuang terfavorit, siapa tak kenal Google. Google Adsense (GA) adalah sebuah media periklanan digital internasional dibawah naungan Google Inc. Blogger akan mendapatkan penghasilan jika memasang iklan diblog yang dimiliki dan ada yang mengklik iklannya. Namun tidak semua blog bisa dipasangi iklan kecuali sudah disetujui untuk menayangkan iklan adsense.

Penghasilan dari GA sangat tergantung dari jumlah trafik dan nilai klik (CPC) iklannya. Untuk blog berbahasa Indonesia terbilang rendah paling kecil 300 rupiah. Asal pengunjung blog juga mempengaruhi cpc nya. Jika pengunjungnya dari luar negeri misalnya USA atau eropa CPC nya tinggi. Itulah mengapa blog yang berbahasa Inggris berpeluang mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari pada blog berbahasa indonesia.

Publisher atau blogger akan menerima penghasilan jika akumulasi penghasilan selama sebulan mencapai 1.300.000 dan akan dikirimkan melalui rekening Bank. Saat ini menghasilkan uang dari Google Adsense blog tidak semudah 5 tahun yang lalu. Selain CPC nya kecil, hasil pencarian Google didominasi oleh website besar seperti tribun, liputan 6 dan lain-lain sehingga untuk personal blogger cukup sulit untuk bersaing.

Saya sendiri sudah bergabung dnegan GA sejak Februari 2015 dan tak terhitung sudah berapa kali saya menerima pembayaran dari Google meski jumlahnya masih kecil. Meski nilai CPC kecil dan trafik susah diraih namun saya tetap setia dengan Adsense. Saya menganggap penghasilan adsense itu Passive income, seberapapun hasilnya akan saya terima. Tugas saya yang penting membuat artikel dan memberi manfaat buat pengunjung blog.

Baca Juga : Apakah Blogspot Bisa Menghasilkan Uang? 

2.Artikel Placement

Sumber penghasilan blogger yang tak kalah dengan Adsense adalah artikel placement atau gampangnya titip backlink. Sampai saat ini Backlink masih dipercaya sebagai faktor penentu sebuah blog bisa tampil dihalaman awal Google. Meski backlink bisa didapatkan secara alami tapi itu butuh waktu yang lama tidak seperti backlink dari artikel placement.

Cara mendapatkan backlink seperti ini bukan cara yang dilarang sehingga hal ini masih berlangsung hingga sekarang istilahnya white hat bukan black hat juga bukan tapi abu-abu. Ini tentu menguntungkan bagi blogger karena dengan mempublikasikan artikel placement dari website lain baik itu website perusahaan atau website pribadi otomatis akan mendapatkan imbalan berupa uang.

Jumlah yang akan didapatkan tergantung dari negosiasi sebelum kerja sama, kalau blognya trafiknya tinggi tentu harga jasa backlinknya bisa selangit tapi untuk blog personal umumnya tarifnya mulai Rp.100.000. Tawaran kerjasama bisa semakin banyak jika skor DA nya tinggi misalnya diatas 20.

Persyaratan agar bisa mendapatkan penghasilan dari content placement ini yang paling utama adalah menggunakan domain sendiri bukan yang gratisan dan skor DA nya diatas 10. Untuk mendapatkan job artikel placement ini bisa dengan bergabung ke situs pihak ke 3 seperti Sosiago atau Raja backlink atau mengajukan diri misalnya dari grup.

Saya sendiri sejak nilai CPC adsense kecil, penghasilan terbesar justru dari sumber ini kebetulan saya memiliki 3 Blog yang menggunakan domain TLD. Hanya saja sumber penghasilan blogger dari sektor ini tidak bisa dipastikan kadang kalau lagi beruntung bisa mendapatkan jutaan rupiah tapi kadang sama sekali tidak ada yang mengajak kerja sama.

3.Banner Iklan

Jika sebuah blog trafiknya tinggi misalnya 10 ribu sehari atau bahkan ratusan ribu cocok sekali jika menawarkan slot banner iklan di blognya. Penghasilan blogger dari sektor ini cukup menjanjikan karena bisanya sewanya bulanan. Posisi banner iklan yang sering diincar adalah pada bagian header atau di sidebar.

Materi iklannya biasanya sudah disediakan oleh advertiser jadi tinggal pasang di blog. Itulah mengapa seorang blogger dituntut untuk menguasai desain blog meski dasar-dasarnya saja karena nantinya iklan dipasang dalam bentuk html.

Untuk menarik minat pemasang iklan sebaiknya blogger membuat halaman khusus pasang iklan dimana didalamnya mencantumkan tarif pasang iklan nya sehingga jika da pemasang iklan bisa langsung menghubungi blogger.

Saya sendiri pernah mendapatkan advertiser yang memesan slot banner iklan tapi semenjak trafik susah diraih sudah jarang mendapatkannya.

4.Jual Beli Blog

Sumber penghasilan blogger lainnya adalah dari jual beli blog. Sebuah blog yang trafiknya bagus biasanya kalau dijual harganya mahal khususnya untuk blog yang bisa dipasangi iklan adsense. Sebagai contoh jika blog tersebut tiap bulannya bisa menghasilkan 3 juta maka blog tersebut bisa laku dijual 10 kalinya atau 30 juta. Cukup menggiurkan bukan?

Jika blogger memiliki modal yang kuat bisa membeli blog yang memang dijual tapi dengan catatan blognya memang bagus. Jika blog tersebut dikelola dengan baik kemudian trafiknya semakin bagus tentunya kalau dijual kembali akan lebih mahal.

Namun tidak hanya blog yang trafiknya tinggi yang laku dijual, blog yang baru juga tetap laku namun pembelinya kebanyakan pemula yang belum tahu cara membuat blog. Tidak harus menggunakan domain sendiri, bisa juga menggunakan  blog gratisan tapi tentu harganya murah tapi jika laku dijual Rp.50.000 per blog sudah bagus.

Beberapa faktor yang membuat harga sebuah blog layak untuk dijual misalnya saja sumber trafiknya kalau mayoritas dari Google itu bagus, kemudian desain blog juga bisa menjadi daya tarik contohnya menggunakan template premium.

5.Jasa Membuat Blog

Sebagai seorang blogger bisanya sudah menguasai pembuatan blog baik yang bermesin blogspot atau wordpress. Keahlian ini bisa dimanfaatkan blogger untuk membuka jasa pembuatan blog. Jasa ini menyasar ke blogger pemula yang tidak mau repot membuat blog dari awal.

Jika pemesan memilih menggunakan domain berbayar tentu blogger harus memahami langkah-langkah membeli domain kemudian menghubungkannya dengan hosting jika menggunakan hosting berbayar atau mengalihkannya jika menggunakan blogspot.

6.Kelas Blogging

Mengelola log itu gampang-gampang susah terutama untuk pemula. Salah satunya adalah ketika harus membuat artikel dan bagaimana caranya agar artikel itu bisa masuk halaman 1 Google. Memang di internet banyak tutorial-tutorial yang beredar luas namun terkadang susah untuk dipahami karena belajarnya secara otodidak.

Berbeda jika belajarnya ada pembimbingnya atau mentor akan lebih mudah dipahami. Itulah kenapa kelas blogging atau les privat masih dibutuhkan bagi mereka yang  memang kesulitan dalam mengelola blog. Kelas blogging ini bisa dilakukan secara langsung atau tatap muka atau secara online.

Dengan membuka kelas blogging blogger akan mendapatkan penghasilan tambahan bahkan kalau banyak pesertanya hasilnya juga akan lumayan. Sebelum membuka kelas ini tentunya seorang blogger harus memiliki personal branding yang kuat. Itulah kenapa sekarang blogger harus memiliki blog pribadi atau portofolio sehingga publik bisa tahu kemampuan dalam bidang blog.

Makanya jangan heran jika ada blogger yang pamer penghasilannya melalui blog atau media sosial atau pamer trafik blog. Itu semata-mata untuk memperkuat personal branding.

7.Jasa Penulisan Artikel SEO

Menulis artikel walaupun kelihatannya mudah namun untuk membuat artikel yang sesuai SEO dan jumlahnya banyak itu bukan perkara mudah. Apalagi jika seorang blogger memiliki banyak blog sehingga tidak ada waktu luang yang cukup untuk membuat artikel yang banyak.

Solusinya salah satunya dengan menggunakan jasa penulis artikel SEO. Nah..blogger bisa membuat jasa penulisan artikel SEO. Jika seorang blogger maupun menulis dengan cepat tentu menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan penghasilan dari jasa penulisan artikel.

Bayangkan saja untuk sebuah artikel dengan panjang 600 kata paling murah dihargai Rp.15.000.Jika blogger mampu menulis 10 artikel perhari tentunya penghasilannya juga cukup menjanjikan. Kualitas artikel menjadi daya tarik bagi konsumen jika artikelnya orisinil, mudah dipahami, terstruktur, sesuai SEO akan banyak dicari blogger.

Semoga saja dengan adanya artikel seputar penghasilan blogger ini akan semakin banyak bermunculan blogger-blogger kreatif yang ikut berkontribusi dalam mengurangi angka pengangguran di negeri kita tercinta.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar