--> Skip to main content

Membuat Channel Youtube Dari Nol Sampai Menghasilkan

 

Membuat Channel Youtube

Ada kabar gembira di akhir bulan Juli 2021 lalu dimana satu channel baru saya berhasil lolos review monetisasi atau dengan kata lain sudah bisa menghasilkan uang dari video youtube. Dengan lolosnya channel ini berarti saat ini saya sudah memiliki 3 channel youtube yang statusnya sudah monetisasi.

Berbeda dari 2 channel sebelumnya yang tidak terkonsep dengan baik saat membuatnya, di channel ketiga ini saya betul-betul merencanakan dengan matang. Hasilnya benar-benar diluar dugaan karena ternyata lebih cepat dari perkiraan. Saya memasang target setahun tapi Alhamdulillah saya hanya butuh 1,5 bulan dihitung dari video pertama yang saya upload kechannel tersebut.

Tak Puas dengan pencapaian ini, saya pun mencoba peruntungan dichannel ke-4 yang baru saya buat dengan konsep yang sama, hanya saja untuk channel ini saya buat santai karena saya tidak mau 3 channel yang sudah pasti menghasilkan uang tapi terlantar gara-gara ngurus channel baru ini. Saya akan upload sesempatnya dan saya akan melihat hasilnya.

Hal ini berdasarkan pengalaman youtuber lain yang hanya butuh 3 bulan sampai tembus 4000 jam hanya dengan 5 video. Saya akan mencoba membangun channel dengan konsep tersebut, sedikit video tapi bisa tembus syarat monetisasi. Urusan nantinya bisa berhasil lagi atau tidak itu urusan belakangan karena saya sudah memiliki 3 channel youtube yang sudah monetisasi.

Buat kamu yang ingin membuat channel youtube dari nol sampai menghasilkan, berikut langkah-langkahnya berdasarkan pengalaman saya.

1.Buatlah sebuah channel dengan tema khusus.

Membuat Channel Youtube

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya membuat channel youtube terlebih dahulu karena disanalah nantinya video-video kamu unggah. Membuat channel di youtube itu sangat mudah cukup dengan bermodalkan Gmail dan jika kamu memiliki smartphone android berarti kamu sudah memilikinya tinggal membuatnya saja.

Perangkat yang digunakan bisa menggunakan smartphone atau bisa juga komputer. Hal penting dalam membuat channel adalah membuat nama yang mewakili channel kamu. Walaupun sebenarnya kamu bebas menentukan nama channel namun menurut saya lebih optimal jika menggunakan nama yang sesuai dengan tema video yang nantinya kamu unggah.

Dichannel ini nantinya kamu boleh saja mengunggah video dengan topik yang berbeda-beda namun lebih menguntungkan jika kamu membuat channel yang isinya setopik. Maksudnya jika kamu membuat channel khusus untuk kuliner maka videonya isinya kuliner semua.

Contoh kamu akan membuat channel dengan nama Hoby Mancing Ikan maka nantinya isinya tentang mancing ikan semua.

Dengan channel yang setopik akan lebih mudah menggaet subscriber dan jam tayang dibandingkan kalau videonya campur aduk.

Hal ini sudah saya buktikan sendiri ketika saya membuat nama channel yang tidak mewakili isi channel atau mengunakan nama pribadi kemudian videonya juga campur aduk topiknya, butuh waktu setahun untuk bisa menembus syarat monetisasi.

Tapi ketka saya membuat channel setopik dengan nama channel yang mewakili isi video, saya hanya butuh waktu 1, 5 bulan dari video pertama diuplod untuk meraih 1000 subscriber 4000 jam tayang. 

Baca juga : Meraih Passive income dari Blog dan Youtube 

2.Buat Video Shorts

Youtube baru saja meluncurkan fitur video shorts yang memungkinkan pononton menonton video pendek tanpa harus terganggu iklan yang tayang. Video shosrts ini cukup digemari penonton youtube karena tampilan dismartphone yang vertikal dan sepenuh layar sehingga enak ditonton seperti Aplikasi Tiktok yang lebih dulu populer. 

Dengan video shorts penonton bisa mendapatkan informasi dengan cepat karena durasi videonya dibawab 1 menit tidak seperti di video reguler yang durasinya panjang-panjang.

Video shorts ini bisa kamu manfaatkan untuk promosi channel kamu sehingga lebih cepat mendapatkan subscriber.

3.Buat Video Tutorial

Video jenis tutorial cukup ampuh mendatangkan jam tayang, bahkan hanya dengan 1 video saja kamu bisa mendapatkan 1000 subsriber dan 4000 jam tayang asalkan video kamu direkomendasikan oleh youtube dipencariannya.

Nah disinilah perlu kejelian kamu dalam memilih kata kunci yang akan digunakan untuk video tutorilnya. Idealnya kata kunci tersebut memang banyak dicari oleh penonton youtube. Saya sarankan untuk menggunakan tools SEO untuk riset kata kunci atau kalau nggak ada bisa mengamati video-video yang tampil dihalaman pertama youtube dengan kata kunci target, apakah banyak pengunjungnya atau tidak.

Supaya hasilnya maksimal usahkan membuat video tutorial dengan durasai lebih dari 10 menit dan rekaman HP bukan hasil tangkapan layar atau cuma gambar yang disertai teks saja atau slide show.

Buat video tutorial orisinil bukan hasil reupload agar tidak terjadi masalah saat peninjauan channel. Hal ini juga berlaku untuk video shorts.


4.Optimasi Video

Langkah ini juga cukup penting karena berpengaruh kepada jumlah penonton. Perlu kamu ketahui mesin youtube memiliki algoritma tersendiri seperti halnya pada search Google. Dengan optimasi video diharapkan video kamu mendapatkan rekomendasi dari youtube jadi misalnya video kamu tentang mancing ikan nantinya jika ada pengunjung yang mencari video tentang mancing, video kamu bisa muncul atau bisa juga saat pegunjung membuka youtube, channel kamu muncul sehingga berpontensi ditonton pengunjung.

Beberapa langkah optimasi video yang bisa kamu lakukan:

1.Pemilihan judul video, usahakan yang mengandung click bait atau membuat penasaran

2.Mengisi deskripsi video selengkap mungkin dengan menambahkan kata kunci dan ditambah tagar sesuai dengan kata kunci.

3.Isi Tags video sebanyak mungkin dan pilih Tags sesuai kata kunci dan turunannya

4.Buat Thumbnail video semenarik mungkin dengan ukuran 720 x 1280 px. Beri nama file thumbnail dengan kata kunci target.

Ada sebuah tools gratis yang cukup membantu optimasi ini yaitu Keyword everywhere yang bisa di install di Google Chrome dan Mozilla.

Setelah video kamu diunggah ke Youtube, tonton videonya lalu pada video insights lihat skor optimasi videonya. Kalau skor optimasinya nya 100/100 berarti bagus tapi kalau masih kurang bisa diperbaiki. 



5.Daftarkan ke Adsense Youtube

Setelah jumlah subscribe mencapai 1000 dan jam tayangnya 4000 jam maka langkah selanjutnya mendaftarkan channel ke Google Adsense atau Youtube Partner program (YPP) melalui dashboard creator Youtube untuk direview.

Jika video kamu orisinil dan tidak pernah melanggar hak cipta paling cepat sehari sudah diketahui hasilnya. 2 channel saya di Acc dalam sehari.

Begitu channel kamu di Acc maka mulai detik itu penghasilan dari iklan akan masuk keakun adsense kamu dan jika sudah terkumpul Rp.1.300.000 maka penghasilan tersebut akan ditransfer kerekening kamu setiap tanggal 22.

Perlu kamu catat saat kamu mengajukan channel maka kamu akan disuruh membuat akun adsense untuk menautkan channel namun jika sudah punya tidak perlu lagi. Gunakan data-data yang benar karena nantinya kamu akan dikirimi PIN melalui Pos Indonesia. Tanpa mendapatkan PIN maka adsense kamu tidak terverifikasi sehingga pembayaran akan tertahan.

Penutup

Membuat Channel Youtube dari Nol sampai menghasilkan butuh waktu, kreativitas dan kerja keras. Jika nantinya channel kamu sepi jangan putus asa. Terus bekarya menghasilkan video orisinil yang menarik sehingga mendatangkan banyak penonton. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar