--> Skip to main content

5 Manfaat Channel Youtube untuk Bisnis, Rugi kalau Tidak Paham

Manfaat youtube

5 Manfaat Channel Youtube untuk Bisnis, Rugi kalau Tidak Paham - Ditengah pandemi yang belum juga berakhir, masih banyak masyarakat yang tekena dampak meski sedikit demi sedikit sudah mulai terbiasa.

Masyarakat pun mulai melakukan berbagai cara agar tetap bisa bertahan hidup salah satunya menjadi seorang kreator konten youtube dengan membuat sebuah channel. 

Tak sedikit yang tadinya penghasilannya biasa saja namun setelah memilik channel youtube tiba-tiba pendapatannya langsung naik pesat contohnya channel Teknisi Ndeso (1,39 juta subs) Marta An (985 ribu subs), Siboen Chanel (1,33 juta subs)

Tak bisa dibantah lagi, dengan membangun sebuah channel Youtube akan memberikan penghasilan yang layak sehingga sangat bermanfaat untuk bisnis. Apalagi membuat channel di youtube itu gratis, rasanya sayang kalau tidak mencobanya.

Sampai disini Mungkin Anda jadi tertarik untuk membuat channel kemudian bertanya-tanya, apa saja manfaat channel youtube terutama dari sisi bisnis? Simak terus sampai tuntas artikel ini.

5 Manfaat Channel Youtube untuk Bisnis

Berikut ini manfaat channel youtube yang perlu ketahui dan mungkin saja tidak hanya terbatas hanya itu saja namun dengan memahami 5 manfaat saja bisa menjadi bekal untuk menekuni bisnis.

1. Publisher Google Adsense

Mayoritas admin channel youtube menginginkan channelnya bisa menghasilkan uang dari Google Adsense. Sudah tak terhitung youtuber sukses berpenghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan meskipun bukan publik figur.

Mengingat mudahnya membuat channel bahkan gratis akan mendorong munculnya para kreator konten baru. Meskipun tidak mudah untuk menghasilkan uang dari Adsense. Persyaratannya cukup berat karena channel harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang selama setahun.

Meskipun channel sudah diterima menjadi publihser bukan berarti bisa dengan mudah mendapatkan dolar. Penghasilan youtube sangat bergantung pada jumlah penontonnya, semakin banyak penontonnya penghasilannya akan semakin besar.

Tapi kalau penontonnya sehari cuma seribuan hasilnya juga kecil, setidaknya butuh penonton sejutaan per hari baru hasilnya menjanjikan.

Disinilah yang menjadi kekurangan dari Adsense, meskipun sudah mengunggah banyak video tapi kalau nggak ada yang menonton atau sedikit akan terasa sia-sia.

Baca juga: Membuat Channel Youtube dari Nol sampai Menghasilkan 


2. Influencer

Banyak view belum tentu banyak subscriber begitu juga sebaliknya. Sebuah channel idealnya banyak view banyak subscriber. Bagaimana kalau banyak subscriber tapi viewnya biasa biasa saja?

Konten kreator bisa menjadi influencer. Sebuah channel bisa menghasilkan uang melalui endorse dari brand tertentu. Brand akan mencari channel yang subscribernya banyak misalnya 100 ribu atau 1 juta.

Mendapatkan subscriber akan terasa lebih mudah dari pada mencari penonton. Asalkan videonya bisa menyelesaikan masalah biasanya penonton tak segan-segan untuk subscribe.

Penting bagi konten kreator untuk menjalin hubungan baik dengan subscriber misalnya like atau membalas komentar. Menyapa penggemar melalui postingan atau live streaming.

3. Affiliate

Sebuah channel bisa dimanfaatkan untuk bisnis affiliasi contohnya affiliate shopee. Terbukti dengan video youtube bisa mendatangkan konversi dan ini sudah saya buktikan. Kebanyakan pembeli datang dari url yang saya sisipkan ke video youtube.

Video yang potensial untuk menyebarkan link salah satunya video dengan Buying keyword contohnya keyword degan tambahan kata harga, review, rekomendasi, murah, terbaik, promo, diskon dan masih banyak lagi.

Penghasilan dari Affiliate ini cukup menjanjikan apalagi untuk produk digital yang komisinya besar. Namun untuk mendapatkan penghasilan yang layak butuh konsistensi dalam menyebarkan link affiliate dan disarankan memiliki kolam sendiri.

4. Online Shop

Sebuah channel cocok sekali untuk mempromosikan produk-produk online shop. Ini sudah saya buktikan sendiri. Awalnya saya pernah membuat video review cetakan martabak mini anti lengket. Video ini ternyata banyak yang menonton dan tak jarang yang bertanya belinya dimana.

Akhirnya saya memutuskan untuk merintis online shop dropshipper. Saya tidak menyangka ternyata saya bisa menjual cetakan martabak mini meski hanya sebagai drophshipper.

Potensi penghasilan dari online shop ini bisa mengalahkan penghasilan dari adsense jika memang produknya benar-benar dibutuhkan. 

5. Branding

Kepercayaan sangat penting dibisnis internet. Jika Anda sudah mendapatkan kerperayaan maka akan mudah menjual jasa atau produk.

Saya menyarankan untuk membuat niche channel atau channel yang membahas satu topik dan sesuaikan dengan bakat dan minat misalnya channel Den JC fokus pada pembuatan konten video. Tidak perlu diragukan lagi kemampuan dari Den JC ini sehingga menjadi rujukan youtuber pemula dalam pembuatan konten.

Alhasil, saat Den JC membuka kelas youtube, konten kreator sudah percaya akan kemampuannya.

Niche channel tidak harus berupa tutorial, kalau niatnya memang untuk jualan produk fisik bisa memilih niche review.

Penutup

5 Manfaat channel youtube untuk bisnis diatas cukup membantu Anda untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Yuk Bikin channel sekarang juga!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar