--> Skip to main content

Resep Martabak Mini Paling Irit cuma 5 Bahan

resep martabak mini

INFOPOJOK.WEB.ID - Harga kebutuhan pokok semakin naik, bagi pelaku usaha UMKM tentunya menjadi sebuah masalah. Harga mau dinaikkan takut pelanggan kabur, kalau tidak maka keuntungan akan semakin menipis.

Pebisnis martabak mini ikut terkena imbasnya, harga terigu dan telur ayam naik. Sebagai gambaran, 4 tahun yang lalu harga terigu cuma Rp.7000 sekarang sudah menembus Rp.11.000 per kg. Belum lagi telur yang masih dikisaran harga Rp.27.000 per kg.

Akibatnya tak sedikit yang akhirnya menaikkan harga, dari yang tadinya Rp.1000 menjadi Rp.2000 atau dari yang tadinya Rp.2000 menjadi Rp.2500. Tak sedikit pula yang masih bertahan dengan harga lama tapi ukurannya dikecilkan atau bahannya dikurangi.

Nah buat Anda yang ingin tetap bertahan dengan harga lama, saya sarankan untuk menggunakan resep martabak yang hemat tapi tetap layak jual.

Baca juga: Resep Martabak mini premium untuk jualan

Resep martabak manis mini 5 bahan

Berikut adalah resep martabak mini yang bisa Anda coba dan sudah teruji untuk jualan. Pelanggan masih setia membeli martabak mininya.

Bahan:

1 kg terigu protein sedang ( Kandungan 11 gram per 100 gram)

10 sendok makan gula pasir (Pilih yang kuning)

1 Sachet vanili W

1300 ml air

1 sdt penuh soda kue


Cara membuat:

1. Masukkan air, gula pasir, vanili ke baskom, Aduk rata

2. Masukkan terigu lalu mixer sampai lembut dengan kecepatan nomor 1 selama kurang lebih 5 menit.

3. Diamkan adonan selama 2 jam

4. Masukkan soda kue kedalam adonan, beri sedikit air diatasnya lalu aduk rata.

5. Adonan siap digunakan.

Catatan: Untuk menambah efek gurih bisa tambahkan 1 sdt garam


Porsi:

Cetakan diameter 8 cm = 70 biji

Cetakan 10-12 cm = 30 biji

Cetakan 16-18 cm = 10 biji

Resep martabak manis mini ini tanpa menggunakan pengembang telur, ragi, bakerin atau Whysman oil. Karena hanya mengandalkan soda kue maka adonan martabaknya harus lembut ngadonnya sampai oleng kalau pakai alat manual.

Kalau ingin martabaknya tidak keras silahkan diamkan yang lama 3- 4 jam atau bisa juga dimasukkan kedalam kulkas sebelum di cetak atau disimpan di termos es yang diisi es batu. Adonan disuhu ruang bisa bertahan kurleb 10 jam.

Semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar