--> Skip to main content

3 Rahasia Sukses Mengelola Blog untuk Pemula

Sukses Blog

INFOPOJOK.WEB.IDNggak nyangka Euy... Sudah Dapat $2000 dari Blog! Jika $1 = Rp.14.100 berarti saya sudah mendapatkan Rp.14.100 x 2000 = Rp.28.200.000 !! Buat blogger pemula seperti saya termasuk Amazing. Itu baru dari Google Adsense belum dari cara lain seperti Jasa Review. Hal ini bisa membuktikan ternyata mengelola blog atau ngeblog bisa menghasilkan uang.

Uniknya lagi saya belajar mengelola blog secara otodidak dari internet tanpa harus ikut Workshop atau beli Ebook Premium. Saya memulainya benar-benar dari Nol. Tapi saya bisa membuktikan kalau saya bisa mempelajarinya tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Sengaja saya membuat postingan ini semata-mata untuk berbagi terutama bagi mereka yang belum ngeblog atau baru ngeblog dan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan rezeki kepada saya melalui Blog. Dibandingkan dengan blogger lain mungkin pencapaian ini masih seujung kuku karena banyak blogger sukses berpenghasilan fantastis. Jadi nggak pantas kalau saya menyombongkan diri.

Hingga saat inipun saya masih tetap belajar bagaimana caranya supaya menjadi blogger yang sukses. Bagi kalian yang masih pemula tak perlu berkecil hati yakinlah kalau kalian juga bisa sukses asalkan mau berusaha dengan tekun dan diiringi Doa.

Baca juga :
Blog Tanpa Adsense Tetap Menghasilkan Uang
7 Tahun Ngeblog Dapat Apa? Ini Jawabannya
3 Kunci Sukses Menjadi Seorang Influencer Jasa Backlink

Diartikel ini saya ingin berbagi tips rahasia sukses mengelola blog yang tentunya berdasarkan pengalaman pribadi. Mungkin tips dari saya berbeda dengan bloger lain namun setidaknya bisa menjadi rujukan bagi kalian. Jika kalian ingin sukses mengelola Blog setidaknya ada 3 langkah yang harus kalian lakukan :

1.Rajin Posting

Tak bisa dipungkiri konten dari sebuah blog menjadi kunci sukses, jika bermanfaat tentunya akan banyak yang mencarinya dan begitu juga sebaliknya. Namun tentunya bukan artikel asal-asalan misalnya kurang fokus idenya, bertele-tele, susah dipahami atau artikel hasil dari menjiplak (Copy Paste) artikel orang lain.

Artikel yang kalian buat harus berkualitas atau unik tapi perlu kalian catat, unik bukan berarti menulis topik yang belum ditulis orang lain namun lebih pada sudut pandang kalian, topik boleh sama tapi cara penyajian artikelnya yang berbeda. Yakinlah jika kalian sering menulis maka akan muncul ciri khas dari tulisan kalian yang menjadi pembeda dari blogger lain.

Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas butuh vitamin yaitu dengan cara banyak membaca buku, browsing internet, menonton TV atau streaming YouTube.

Setelah kalian mampu menulis artikel unik belumlah cukup jika tidak dibarengi dengan konsistensi, semakin banyak artikel yang bisa anda publish maka akan semakin baik. Saya sarankan untuk mempublikasikan artikel tiap hari minimal 1 artikel. Dengan cara ini maka blog kalian akan mudah terdeteksi mesin pencari seperti Google karena frekuensi update artikel menjadi salah satu faktor peringkat sebuah blog.

Bagaimana dengan Tehnik SEO? Silahkan kalian pelajari namun terlebih dulu harus menguasai bagaimana menulis artikel yang baik. SEO hanyalah sebuah alat yang memudahkan sebuah artikel tampil dihalaman awal Google. Ibarat mengendarai Motor meski motornya bagus, keluaran terbaru tapi kalau Rider nya kurang lihai sama saja bohong.

2.Perhatikan Tampilan Blog

Diera Mobile sekarang ini tampilan blog ikut mempengaruhi kesuksesan sebuah blog. Tak perlu tampilan yang aneh-aneh atau banyak pernak-pernik disana-sini biar kelihatan cantik tapi pakailah tampilan blog yang cepat diaksesnya terutama untuk versi mobile (HP) kemudian tampilannya responsive atau bisa menyesuaikan ukuran layar.

Kabar baiknya kalian bisa dengan mudah mendapatkan tampilan blog seperti itu karena bisa membeli template blog/Themes premium yang harganya mulai Rp.100.000. Mungkin bagi kalian harganya mahal namun menurut saya sebanding dengan keuntungannya dan berlaku lifetime serta unlimited blog. Jadi jika nantinya template blog tersebut perlu perubahan biasanya desainernya akan mengupdatenya dan itu gratis jadi tak perlu beli lagi.

Jika saat ini dananya belum tersedia tak ada salahnya menggunakan template gratisan dan manfaatkan fitur yang ada agar tampilannya fast loading dan responsive tapi tetap menarik dilihat (Eye Catching). Saya sendiri memilih template premium Kompiflexible buatan Adhy Suryadi yang sudah mengalami beberapa kali perubahan hingga Versi 8.3.

3.Backlink Berkualitas

Tak bisa dipungkiri backlink berkualitas ikut menentukan kesuksesan sebuah blog walaupun ada yang bilang Backlink tak perlu dicari akan datang sendiri. Memang benar namun apakah blog kalian benar-benar artikelnya kualitasnya diatas rata-rata (Blog otoritas) sehingga menjadi rujukan dari situs lain? Jika blog kalian biasa-biasa saja mau tak mau harus mencarinya.

Sah-sah saja mencari backlink berkualitas asalkan tidak melanggar aturan misalnya dengan cara/melalui guest post (Postingan Tamu), Komentar, Link profil, Situs berbagi video, Situs Berbagi dokumen, Web.2.0 dan lain-lain.

Perlu kalian ketahui peringkat sebuah blog bisa dinilai dari skor DA (Domain Authority) /PA ( Page Authority) yang dimulai dari angka 1-100. Semakin tinggi nilai DA nya akan akan semakin bagus terutama jika kalian ingin menghasilkan uang dari Jasa Review.

Sebagai perbandingan blog saya yang sudah berusia 4 tahun nilai DA nya 18, ada juga yang baru berumur 6 bulan DA nya baru diangka 9. Ada fakta yang menarik berdasarkan pengalaman saya ternyata blog yang umurnya sudah tua artikelnya akan lebih cepat terindeks Google dibandingkan dengan blog yang masih baru.

Kok Cuma 3 Langkah saja Ya? Saya pikir dengan konsisten melakukan ketiga langkah diatas blog kalian akan semakin mudah jalannya untuk meraih kesuksesan dan meskipun cuma 3 langkah namun bukan berarti mudah, butuh kerja keras dan komitmen yang kuat.

Semoga Artikel 3 Rahasia Sukses Mengelola Blog untk pemula ditas Bermanfaat! Ingin menambahkan? Silahkan!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar